Hi, Journeyers!

Kamu sudah menyaksikan lagu terbaru BTS yang berjudul Permission to Dance? Lagunya enak banget kan, ya? BTS memang tak diragukan lagi, lagu-lagu mereka memiliki warna tersendiri. Bahkan lagu ini pun sudah berada di puncak no 1 Billboard charts.

Bayangin, berasa pindah tangan aja, yang sebelumnya ditempati oleh lagu BTS Butter, tergeser oleh lagu sendiri. Hihi. Unik banget ya Bangtan, persaingan terjadi dengan lagu sendiri.




Btw, kamu sudah tahu belum fakta menarik lagu Permission to dance BTS ini? Karena penuh kejutan dan bikin ARMY makin bangga sama BTS. Yuk, simak, Journeyers!

1. Lagu yang dirilis sebagai kado ultah ARMY

fakta menarik lagu permission to dance bts
Foto: instagram.com/hybelabels.ent_

Aku mau bahas ini terlebih dahulu, Journeyers, sebegitunya Bangtan sayang dengan ARMY, perilisan lagu Permission to dance bertepatan tanggal ultah ARMY ke 8 yaitu pada tanggal 9 Juli 2021. Lagu yang penuh makna dan semangat ini bikin ARMY begitu terharu.

Terasa sekali bagaimana dihargai sebagai fans. Seperti yang kita ketahui, hubungan erat dan kekeluargaan ARMY dengan BTS begitu erat.

2. Rap Line menjadi Vocal

fakta lagu permission to dance
Foto: instagram.com/hybelabels.ent_

Ini bener-bener bikin ARMY meleyot, Journeyers! Kenapa tidak, RM, J-hope dan Suga yang merupakan Rap-line, pada lagu ini mereka justru menjadi vocal-line. Aku berpikir, BTS memang multitalenta untuk setiap membernya. Dan mereka mampu menguasai setiap bidang. Saluttttt banget pokoknya. Makin sayang, Bangtan.

Mereka menampilkan dengan sangat baik bahkan membuat setiap orang menikmati bagian vocal mereka.

3. Ed Sheeran turut dalam pembuatan lagu

Siapa nih yang menyukai lagu-lagu Ed Sheeran? Nah, kamu yang penggemar Ed Sheeran, bisa nikmati lagu Permission to dance BTS juga. Karena Ed Sheeran turut dalam pembuatan lagu ini, bersama 3 rekan lainnya yaitu Jenna Andrews, Jhonny MacDaid dan Steve Mac.

Proyek Ed Sheeran bersama BTS bukanlah untuk pertama kali. Namun sebelumnya mereka pernah memiliki kerja sama untuk lagu Make it right. 

Kebayang gak tuh, wajar pecah banget lagunya. Penulis lagunya pun penyanyi yang selalu sukses dengan lagu-lagunya.

4. Menggunakan bahasa isyarat korea dan Internasional untuk koreografi

Fakta menarik lagu BTS
Foto: instagram.com/hybelabels.ent_

ARMY kembali dibikin bangga sama idolnya ini. Bisa-bisanya BTS menggunakan koreografi bahasa isyarat internasional untuk lagunya kali ini. Bahasa isyarat ini memiliki makna “damai”, “menyenangkan” dan “menari”. Sehingga penderita tuna rungu pun mendapatkan makna dari lagu ini juga.

Melalui lagu ini, BTS menginginkan lagu mereka dapat dinikmati oleh setiap orang. Dan makna lagunya pun tersampaikan.

5. Kim Seok Jin mendapatkan pujian dari Pengarah Musik James Osorio

Foto: instagram.com/hybelabels.ent_

Kim Seok Jin pun memberikan kejutan pada penampilannya di lagu Permissio to Dance. Dia menggunakan teknik vokal belting. Hal ini terletak pada lirik “When you look yourself right in the eye, eye, eye“. Jin menggunakan nada tinggi yang tepat, terutama pada nada B4.

Belting merupakan teknik khusus menyanyi yang digambarkan suara dada tinggi. Yang memiliki resiko merusak suara jika dilakukan tidak benar. Seok Jin menampilkan sisi terbaiknya dalam bervokal.


Baca juga:

Pecah Rekor! Ini 7 Fakta Menarik Lagu Butter Dari BTS!

Terapi Self Healing Paling Ampuh yang Aku Lalui!


6. Kata tersembunyi dibalik judul lagu

Penuh dengan teori dan teka-teki dari setiap lagu BTS. Jadi, dari judul lagu Permission to Dance ini, ternyata terdapat kata tersirat dibalik lagu. Jika semua huruf pada judul disusun ulang, maka huruf-huruf tersebut membentuk kata Stories on Pandemi.

Lagu ini dibuat oleh Bangtan memang bertujuan untuk menyemangati pendengarnya dalam menghadapi pandemi saat ini. Dan lagu ini juga memiliki harapan tersirat bahwa di tahun 2022 pandemi akan segera berakhir. Pada bagian lagu juga terdapat momen dimana semua orang dalam lagu melepaskan masker mereka.

7. Proses pembuatan MV tanpa Green Screen

“Apa itu green screen?“, ini lah pertanyaan yang tepat bagi BTS. Karena, disaat kemajuan teknologi, banyak penyanyi ataupun film yang menggunakan teknik green screen. Untuk MV, BTS jarang menggunakan teknik ini. Begitu juga dengan lagu Permission to Dance.

MV yang dibuat dengan gambaran suasana Amerika ini, di set sedgemikian rupa sehingga menampilkan tampak nyata. Art director, MU:E yang bertanggungjawab dalam proyek bersama BTS melontarkan hal tersebut. Semua melakukan secara totalitas. Wajar hasilnya pun sangat menakjubkan, Journeyers!

8. Menampilkan Sosok-sosok yang menjadi sorotan publik

Foto: youtube.com/hybelabels

Fakta menarik lagu permission to dance berikutnya adalah sosok-sosok yang terdapat dalam MV lagu ini. Yang pertama adalah sosok wanita pelayan restoran pada pembukaan lagu ini. Dia adalah seorang aktris, model dan pembawa acara radio bernama Leah Kim Thompson. Tak sedikit orang mencari tahu sosok aktris blasteran Korea-Amerika tersebut.




Berikutnya adalah sosok pelajar yang tampil pada MV lagu ini. Ternyata sosok pelajar laki-laki adalah trainee Hybe Labels. Dia bernama Leo, yang merupakan bagian dari Trainer A. Dan Leo telah menjadi traineer di Hybe Labe sejak 2020. Sedangkan untuk 2 pelajar perempuan masih belum diketahui identitasnya.

Dan kamu tahu, kah? Bahwa sosok anak kecil yang terdapat dalam MV Bangtan merupakan putra direktur LUMPENS, Yong Seok Choi. LUMPENS diketahui banyak mengarahkan MV populer BTS. Adek kecil yang berbaju dinasaourus ini merupakan penggemar BTS. ARMY sejak dini, Journeyers. Heheh.

Dalam video pun dimeriahkan oleh berbagai profesi, usia dan ras sebagai bentuk menghargai perbedaan.

Pada bagian akhir video, terdapat bagian menari bersama. Banyak info tersebar adanya CEO Park Ji dan Papa Bear, sebutan untuk Ketua Bang Si Hyuk, juga terlihat menari pada bagian akhir video. Namun hal ini belum ada konfirmasi resmi dari Hybe Labels.

9. Live pertama di acara A Butterful Getaway with BTS yang sangat memukau

Foto: instagram.com/hybelabels.ent_

Untuk penampilan lagu terbaru mereka, BTS mengadakan acara A Butterful Getaway with BTS. Ini menjadi penampilan comeback lagu mereka. Pada acara A Butterful Getaway with BTS, BTS menampilkan 2 lagu lainnya, yaitu Butter dan Spring Day.

10. Permission to Dance Challenge

Youtube menampilkan fitur baru yaitu Youtube short yang berkolaborasi juga dengan BTS, Journeyers! Untuk kolaborasi ini, BTS mengadakan Permission to Dance Challenge. Yang akan diadakan hingga tanggal 14 Agustus 2021 nanti. Menarik, bukan?

Koreografi untuk challenge ini pun sangat mudah dihafal dan diingat. Sehingga tak harus sebagai professional dancer, namun yang amatir pun dapat turut serta dalam Challenge ini. Challenge ini dapat diikuti oleh semua kalangan, usia dan juga bagi penderita disabilitas. Daebak, bukan? Yuk, ikutan Journeyers!

Itulah 10 fakta menarik lagu Permission to dance yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu mengetahui fakta yang lainnya? Yuk, sharing melalui kolom komentar, Journeyers!!!

 

29 comments
  1. Aku tau lagu-lagu bts ini dari anakku termasuk lagi barunya ini yang memang bikin badan mau nge-dance. Hahaha… Lagu bts lain juga asik buat gerak-gerak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *