Terapi Self Healing Paling Ampuh yang Aku Lalui!

Hi, Journeyers!

Happy Birthday ARMY-BTS 2021! Hari ini ulang tahun ke-8 mereka, fandom BTS tepat pada tanggal 9 Juli. Aku belum bisa mengatakan diriku salah satu ARMY. Kenapa? Karena menjadi sosok ARMY itu sangat luar biasa dan aku merasa belum pantas. Tapi, aku sangat mencintai mereka.

Tulisan ini aku buat bukan hasil kebucinan aku terhadap BTS. Namun, di ARMY DAY ini, aku ingin berbagi sedikit cerita, kenapa mengenal mereka merupakan terapi self healing paling ampuh.

Okay, kali ini, aku ingin menuliskan satu fandom dari segala fandom yang aku sukai semenjak aku mengenal dunia perkpop-an, kenapa akhirnya aku bisa menulis tentang mereka. Yaps, BTS!

Sejak aku mengenal dunia perkpop-an, aku menyukai semua lagu kpop. Aku menikmati semua lagu-lagu mereka. Termasuk BTS.

Mulai mengenal mereka dari lagu yang berjudul I Need You dan DOPE. Waktu itu aku belum begitu mengenal mereka satu persatu. Hanya menikmati musiknya saja.




Namun yang mencuri perhatianku adalah Kim Nam Joon, leader BTS. Entah mantra apa yang dia miliki, aku langsung terpikat saat pertama melihat MV tersebut. Hingga akhirnya aku mencari tahu tentang Namjoon dan makin menyukainya.

Waktu berlalu, aku masih menyukai BTS dengan biasku adalah Namjoon. Aku sendiri lebih banyak menghabiskan waktuku di drama korea dibandingkan kpop. Dan akhirnya mengenal V aka Kim Tae hyung dalam drama Hwarang. Kala itu teman kampusku menggilai V. Yah, bagiku masih Namjoon yang aku sukai.

Lalu bagaimana aku bisa mencintai mereka? Alasan apa yang membuatku memutuskan, yap mereka yang aku sukai?

Mencintai secara perlahan

terapi self healing adalah

Aku tipikal orang yang amat sulit menyukai orang lain. Tak hanya itu, aku sulit dipengaruhi untuk menyukai sesuatu. Tipikal yang punya prinsip dan sulit untuk ikut-ikutan kebanyakan orang.

Dari dulu fokusku hanya terhadap RM aka Kim Namjoon, sang leader. Tak pernah sekalipun melirik member lain. Namun kala itu, aku belum menyukainya dengan terlalu.

Padahal, aku memiliki seorang teman yang amat teramat ARMY. Yah, dia ARMY sejati. Yang mengikuti kegiatan Bangtan secara online setiap saat.

Dan aku masih tak terpengaruh untuk mengikuti kegiatan BTS. Memang sulit untuk jatuh hati.

Namun, awal tahun 2021, tahun yang berat bagiku. Begitu banyak kejadian, masalah, pergejolakan batin yang membuatku hampir menangis setiap malam. Tak hanya itu, aku makin sulit percaya kepada orang lain. Bahkan seakan setiap omongan orang adalah suatu kebohongan bagiku.

Whats wrong with me? Sering bertanya-tanya dengan sendirinya. Apakah aku mulai gila? Oh, no! Depresi? Bisa jadi.

Begitu banyak tuntutan untuk menjadi sempurna. Menjadi terbaik. Atau bahkan menjadi yang paling dicintai?

I donno. Na mollaseo!

Finally, aku mulai mengikuti konten BTS. Terkadang sekedar menonton video-video variety show mereka. Karena sering muncul di berandaku. Secara perlahan aku mencintai mereka satu persatu. Dan begitu mengenal mereka semua berubah. Hatiku makin tenang. Entah, berasa ada perbedaan.




Ah, sekarang tak hanya lagi Kim Nam Joon yang aku sukai, i love all member. Butuh proses bagiku untuk bisa menghafal wajah dan nama anggota lain. Mianhe, Namjoon-shi, kamu tak lagi menjadi satu-satunya. Heheh.


Baca juga:

Pecah Rekor! Ini 7 Fakta Menarik Lagu Butter Dari BTS!

Yuk, Nikmati Merch BTS di Imnida Cafe, ARMY Wajib Kesini!


Terapi Self-healing Paling Ampuh

Kamu gila, Va! Halu tahu mencintai mereka! Ini lontaran beberapa temanku yang non kpopers, disaat postinganku selalu tentang mereka.

Mungkin mereka yang bukan kpoper, akan risih akan postinganku. Tapi, disaat aku posting tentang mereka ada suatu ketenangan dan kebahagiaan sendiri.

Dan, kenapa aku bisa menyukai mereka? Kenapa aku mengatakan terapi self-healing paling ampuh?

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk self-healing mereka. Cara yang pernah aku lakukan adalah traveling. Namun, semenjak pandemi, tak banyak waktu yang bisa aku gunakan untuk traveling.

Tentunya, aku ingin mencoba cara lain, ada dengan membaca buku self improvement, komik, menulis dan menonton kdrama.

Dan pada akhirnya, BTS mampu memberikan self healing yang aku butuhkan. Tidak karena visual mereka yang keren dan ganteng. Big No! Wae? Karena semua idol Korea ganteng cuy!! Wkwk.

Terkadang, ada mereka yang dihadirkan hanya untuk memberi kebahagiaan untukmu – unknown

Coba kamu dengar lagu-lagu mereka, dan cari tahu artinya. Kamu akan menemukan jawabannya disana. Atau coba ikuti mereka di beberapa show, tak sedikit ucapan-ucapan yang mereka lontarkan adalah mengajak untuk mencintai diri sendiri.

Yah, mereka amat peduli akan soal mental health. Itu sebabnya, lirik lagu mereka tak sedikit membahas mental health, mengajak untuk love your self! Bahkan mereka mengkompanyekan ini pada sidang PBB, dan mereka terpilih menjadi duta UNICEF.

Kata-kata yang memotivasi, menenangkan, dan mampu membuat jantungku berasa berdetak saat melihat mereka.

Bahkan, lagu-lagu mereka yang memiliki makna mencintai diri sendiri. Utamakan dirimu sendiri, bukan untuk egois, tapi kita berhak memilih bahagia.

Itulah yang mereka ajarkan.

Bagaimana cara terapi self healing yang kamu gunakan, Journeyers?

ARMY’s Birthday

Hai, ARMY, selamat ulangtahun ya! Selamat, kalian sukses bersama Bangtan hingga di titik ini. Kalian luar biasa. Oh ya, tugas kalian makin berat, My. Karena semakin tinggi suatu pohon, makin kencang teparan angin. Pastikan pohonmu untuk tetap berdiri kokoh ya!

Sekilas tentang ARMY, fandom BTS. Mungkin Journeyers mengartikan ARMY adalah tentara. Yaps, bak tentara yang melindungi idolnya, menjaga dengan baik idolnya.

Tapi, tahukah kamu? ARMY itu ada kepanjangannya lho! Yaitu, Adorable Representative M.C for Youth. Arti kata dari kepanjangan ARMY dalam banget ya.

Hubungan antara ARMY dan BTS pun sangat kuat. Itulah sebabnya, BTS selalu menghadiahkan ARMY dengan berbagai prestasi yang mereka raih.




Akhir Kata

Aku sangat berterima kasih untuk teman-teman yang membaca ini sampai akhir. Terima kasih untuk menghargai duniaku. Tenang, aku tidak menetap dalam kebucinan aku di BTS world.

Tapi, bisakah kamu lihat untuk perubahan secara psikis? Kini aku berusaha tak lagi gampang untuk marah, aku tak lagi bentar-bentar overthinking, atau curigaan.

Bahkan aku lebih menikmati hidupku. Aku lebih ceria, hatiku lebih tenang dan nyaman. Seperti tak ada beban, padahal mah ya, beban makin besar cuyy, tapi aku bisa menempatkan mereka (baca: BTS) sebagai tempat aku memulihkan moodku, menghilangkan penatku.

Jadi, jangan lagi menyalahkan aku jika mencintai mereka ya! Tenang, aku takkan bisa lari dari dunia nyataku kok. Karena dengan adanya mereka, aku lebih menyadari kenyataan hidup sebenarnya.

Happy Birthday ARMY-BTS !!!

1 comments
11 likes
Prev post: 4 Alasan Menjadi Travel Blogger Itu MenyenangkanNext post: Love Yourself! Cara Mengatasi Insecure Yang Perlu Kamu Terapkan

Comments

  • Sayang bangtan

    9 Juli 2021 at 3:06 PM
    Reply

    Ada banyak cara untuk "healing", ngefangirl bukan satu hal yg salah. Put it the right way. Me as an army, lbh belajar byk kalo dunia […] Read MoreAda banyak cara untuk "healing", ngefangirl bukan satu hal yg salah. Put it the right way. Me as an army, lbh belajar byk kalo dunia ini luas d luar perkiraan mu, lbh kejam d luar dugaanmu. Like, gak cuma hidupmu yg susah, semua org jg punya masalah dlm hidup. Dalam arti ngefangirl lbh membantuku byk bersyukur akan hidup. Dr td ketik hapus mulu, wkwk. Soalnya takut bablas kek cerpen wkwk. Intinya, ngefangirl gpp, tau batasan, tau halu dan realita. Mau orang d sekeliling lo gak ngedukung hobi lo, itu bukan urusan lo, do what u wanna do, lo gk bakal rugi diemin org2 toxic yg cuma ngomenin hidup lo. Read Less

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *