4 Alasan Menjadi Travel Blogger Itu Menyenangkan

Hi, Journeyers!

Banyak sekali alasan yang melatarbelakangi seseorang menjadi hobi menulis. Bahkan tak sedikit, hobi menulisnya pun menjadi sebuah karya yang luar biasa. Dan banyak juga traveler menjadi blogger di era digital saat ini. Aku sendiri juga memiliki alasan kenapa aku menjadi suka menulis kisah perjalananku.

Latar belakang menulis

Sebenarnya menulis merupakan salah satu hobiku di masa lalu, masa masih duduk di bangku SMP. Menghabiskan kertas dengan tulisan cerpen-cerpen khayalan masa remaja. Heheh. Dan cerpen-cerpen tersebut masih aku simpan hingga saat ini.

Dulu, pertama kali aku menulis dikarenakan hobiku membaca novel, komik dan juga cerpen-cerpen. Aku pun berpikir ingin memiliki karya seperti itu juga. Tulisan-tulisan yang aku buat pun bersumber dari kisah teman-temanku dan kisahku sendiri. Menulis sembari mengenang, begitulah kira-kira. Yah, aku menuangkan harapan dan keinginan ku dalam sebuah tulisan di masa lalu.



Aku lebih suka menuliskan segalanya pada secarik kertas bekas yang masih kosong. Lalu, aku satukan dalam sebuah buku tulis. Aku masih sangat ingat, Mama dan Bapakku memarahi aku, karena membuang-buang buku tulis yang mereka belikan untuk sekolah, sedangkan aku malah menggunakannya hanya untuk diisi dengan cerpen-cerpenku.

Jadi, aku selalu menggunakan buku yang lebih saat kedua orangtuaku membelikannya untuk kebutuhan sekolah. Masuk masa-masa SMA, aku mulai disibukkan dengan persaingan belajar. Aku tidak lagi pernah menulis cerpen. Lama aku tak pernah menulis hingga akhirnya aku memulai kembali menulis di web pribadiku ini.

Aku memiliki hobi lain selain menulis, yaitu traveling. Teringat celetukkan seorang sahabat mengatakan, “Kamu kan hobi traveling, nah mending kamu tulis semua perjalananmu di blog”.

Aku pikir, memang tak ada salahnya perjalanan yang aku nikmati, bisa aku tuangkan dalam kata-kata pada sebuah web pribadi. Agar setiap perjalanan yang aku nikmati tak hanya sebagai memori yang tersimpan dalam kenangan saja.

Namun juga bisa memberikan informasi dan hiburan kepada teman-teman pembaca, mana tau nanti ada yang ingin mengunjungi tempat yang sama juga. Setidaknya, dengan membaca tulisan aku, teman-teman memiliki gambaran akan destinasi tersebut.

Nah, berikut beberapa alasan menjadi travel blogger itu menyenangkan, menurut aku menulis sebagai traveler, Journeyers!

  • Mengabadikan Ingatan

Kenapa demikian? Kenapa mengabadikan ingatan salah satu alasanku dalam menulis perjalanan wisataku? Alasannya sederhana, karena aku ingin perjalanan yang pernah aku lakukan tak hanya membekas dalam ingatan aku atau hanya dalam sebuah potrait foto.

Alasan menjadi travel blogger

Apalagi, lumrahnya manusia terkadang bersifat lupa. Kita memiliki keterbatasan untuk mengingat sesuatu secara detail. Jadi, aku bisa mengingat kembali perjalanan yang pernah aku lakukan secara akurat dari sebuah tulisan perjalananku.

Dan aku memiliki keinginan suatu saat aku akan memperlihatkan jejak perjalananku tak hanya sekedar foto kepada anak atau cucuku nantinya. Dengan mengatakan, “Ini kisah masa muda Mamamu, Nak.” Hihi.





Baca juga:

Menapaki kaki di Surga Tersembunyi Bogor, Curug Cikuluwung!


  • Bahagianya Untuk Berbagi

Berbagi bukan berarti untuk memamerkan perjalananmu, ya, Jouneyers. Tapi, berbagi untuk informasi yang aku dapatkan dan lakukan selama perjalananku. Seperti how to get there, what can we do there, dan what’s interesting there.

Banyak hal yang bisa kamu bagikan informasi perjalananmu, bahkan juga bisa untuk berbagi sejarah dan pengetahuan tentang lokasi yang kamu kunjungi, Journeyers!

Jadi, dengan aku menulis perjalananku bisa jadi referensi bagi calon traveler lainnya juga.

  • Menghasilkan Uang Dari Hobi

Journeyers, ada pepatah mengatakan “pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar”. Kamu tidak akan pernah tahu, jika sewaktu-waktu hobi yang kamu tekuni malah menghasilkan uang.

Bagiku, ini merupakan sebuah bonus. Bisa menikmati hasil dari perjalanan dalam bentuk berupa materi seperti uang. Jadi, tak hanya menyehatkan pikiran dan fisik saja, namun juga menyehatkan kondisi keuangan kita, Journeyers! Hihi.  

Ada seorang temanku bertanya, “Seorang blogger dapet uangnya dari mana sih? Ada yang ngegaji gak sih?”.

Dulu aku juga memiliki demikian, setelah aku terjun langsung di dunia blogging, aku pun mulai mengetahui banyak hal. Termasuk menghasilkan uang dari blogging. Yaitu bisa dari iklan, sponsor serta apabila jurnal perjalanan kita dijadikan sebuah buku.

  • Memperluas Jaringan Pertemanan

Tak hanya komunitas traveler saja yang dapat memperluas jaringan pertemananmu, Journeyers. Namun, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas blogger. Dari komunitas blogger kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai wawasan dan pengetahuan dari suatu destinasi.

Bagian travel blogger

Begitupun aku. Menulis atau sebagai Travel Blogger, memperkenalkan aku dengan blogger-blogger lainnya yang ada di seluruh Indonesia. Ada yang pernah bertemu langsung dan bertraveling bareng, dan ada juga yang masih belum memiliki kesempatan bertemu langsung, hanya bertemu di dunia maya saja.




Itulah beberapa alasanku memulai menulis di web pribadiku ini, Journeyers! Dan juga menjadi alasan beberapa orang menjadi travel blogger. Tak ada salahnya mengkombinasikan beberapa hobimu. Menjadi traveler sembari menjadi blogger. Menulis sembari mengenang. Hal tersebut membuatku memiliki kepuasan tersendiri.

Kamu bagaimana? Tertarik untuk menulis juga kah? Tulislah apa yang kamu sukai. Hal ini yang mendasari aku memilih untuk memiliki travel blog. Dan alasan menjadi travel blogger.

Mungkin ada diantara Journeyers yang ingin memiliki blog? Kamu bisa hubungi aku disini. Tak perlu khawatir akan memulainya. Kalau tidak dicoba, kapan lagi?

Alasan kenapa kamu harus menjadi travel blogger

Btw, jika kamu membutuhkan domain dan hosting, aku punya rekomendasi juga nih. Kamu bisa kunjungi sahabathosting.com, yang saat ini sedang ada promo diskon 20% setiap pembelian hosting. Wah, cocok sekali untuk kamu yang ingin memulai ngblog, jadi tak perlu modal yang besar.

Yuk, memulai untuk menulis, Journeyers!

 

~Big hug~

Ova Forlendy

 

2 comments
16 likes
Prev post: Persiapanku Menelusuri Budaya dan Wisata Toraja Utara!Next post: Terapi Self Healing Paling Ampuh yang Aku Lalui!

Related posts

Comments

  • Dzawin nuha

    19 Desember 2019 at 4:41 AM
    Reply

    Enak ya mbk jadi blogger traveler. Jadi banyak tahu tempat,budaya,kuliner dan dapat uang hehehe Suka duka selama jd blogger traveler apa aja mbk?

    • Ova Forlendy
      to Dzawin nuha

      26 Januari 2020 at 2:47 PM
      Reply

      Iya, Mbak. Heheh Suka duka, kesulitan dan lainnya hilang dengan keindahan yang kita nikmati dari perjalanan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *