Tips Ngeblog Bagi Pemula – Di modern saat ini, begitu banyak tempat bagi kamu untuk mengekspresikan diri. Seperti Instagram, TikTok, Youtube atau bisa juga ngeblog. Dari media sosial tersebut,  kamu tinggal pilih, media mana yang membuatmu nyaman untuk berekspresi. 

Bagi aku sendiri, aku tipikal orang yang pemalu untuk tampil didepan layar. Seperti selfi pun aku malu, apalagi harus berekspresi dalam bentuk video. Aku merasa mati kutu. Hehe. Ada yang sama? Jika mengikuti jaman, tentu kita tetap harus mencari tempat yang membuat kita nyaman. Dan menulis membuatku nyaman. Kalau kamu bagaimana?




Ada beberapa orang yang berpikiran ngeblog itu sulit dan susah. Apa yang kamu rasakan saat ini, pernah aku rasakan juga, kok. Aku pun juga salah seorang yang menganggap ngeblog itu sulit, dulunya. Setelah aku mencoba untuk pertama kali menulis di blog. Wah, daebak, entah kenapa muncul rasa bahagia dan menyenangkan. Dan keinginan untuk lebih banyak mempelajari dunia blog pun semakin tinggi.

Jadi, jika kamu memiliki keinginan belajar ngeblog, bisa banget. Karena semuanya tentu berawal dari yang tidak tahu menjadi tahu, yang sulit menjadi mudah.

Nah, berikut tips ngeblog bagi pemula yang bisa kamu terapkan. Simak, yuk!!!

  1. Tentukan tujuan kamu ngeblog

Latar belakang seseorang memutuskan ngeblog ini beragam sekali lho. Aku sendiri bertemu dengan beberapa blogger yang menceritakan awal mula mereka memutuskan untuk ngeblog. Penting sekali bagi kamu untuk menentukan tujuan kamu ngeblog. Karena, ini akan menjadi motivasi dan semangat mu untuk terus menulis.

Aku sendiri, awal mula menulis dan memiliki blog dikarenakan hobiku yang traveling ke berbagai tempat wisata alam ataupun wisata lainnya. Sekian banyak tempat yang aku kunjungi, hanya tersisa sebuah potrait yang untuk dikenang.

Lalu, seorang sahabat menyarankan aku untuk memulai ngeblog, “Va, coba setiap kamu traveling, kamu tuliskan di blog”. Awalnya aku tak mengindahkan langsung saran dia. Karena aku masih menganggap ngeblog itu susah dan aku merasa tidak yakin.

Namun, pada akhirnya, saat aku tengah perjalanan menuju Dieng, tetiba aku mempertimbangkan saran temanku tersebut, ada benarnya juga. Dan aku berpikir, tidak ada salahnya, jika kenangan itu tak hanya tersimpan pada memori pikiran kita atau sebuah portrait.

Tentunya ini akan menjadi kenangan tertulis dan bisa bermanfaat untuk pembaca jika ingin ke lokasi destinasi yang sama.

  1. Tentukan topik dan nama blog

Topik ini menjadi hal yang penting dalam tips ngeblog bagi pemula. Untuk topik blog, pilihlah topik yang menyenangkan bagi kamu. Atau topik yang memang kamu kuasai dan sukai. Jika kamu suka bertraveling seperti aku. Maka kamu bisa mengambil topik traveling. Kamu bisa menulis seputaran perjalananmu menuju suatu destinasi, tips perjalanan, dan lainnya.




Jika kamu suka dengan bunga, kamu juga bisa mengambil topik bahasan tentang bunga. Seperti tentang cara penanaman, perawatan, makna bunga tersebut atau juga manfaatnya.

Jangan memilih topik untuk bidang yang menurutmu, kamu akan kesulitan dalam menulis. Hal ini dapat menyebabkan kamu malas ngeblog, sulit mendapatkan ide dan tidak memiliki semangat nulis.

tips-menulis-blog-untuk-pemula

Setelah kamu memutuskan topik apa yang ingin kamu tulis di blog, maka tentukan nama blog kamu. Untuk nama, pilihlah nama yang sesuai dengan topik serta mudah untuk diingat oleh orang lain. Nama blog ini sangat penting juga dalam proses ngeblog. Karena nama merupakan branding kita.

Sebagai contoh, aku memilih nama ovajourney.com karena topik yang ingin aku angkat adalah perjalananku. Aku tidak mematokan untuk sebagai perjalanan wisata saja, namun juga perjalanan hidup yang aku lalui. Apa yang aku alami atau aku lewati.

Untuk inspirasi dalam pembuatan nama blog, kamu bisa memilih dari topik, tujuan blog, harapan ngeblog, atau menggunakan nama sendiri. Aku memiliki blog lain, yang nama aku sendiri yaitu ovaforlendy.my.id. Meskipun masih baby, aku akan coba menumbuhkan blog tersebut.

Jangan salah pilih nama, karena nama merupakan branding untuk blog kita. Orang dapat memahami isi bahasan suatu blog dari sebuah nama. Pilihlah nama yang unik dan mudah diingat ya.

  1. Pertimbangkan untuk menggunakan web berbayar atau gratisan

Ada banyak blogger memulai ngeblog menggunakan blog gratisan. Karena tak sedikit dari kita mempertimbangkan jika langsung terjun untuk menggunakan Top Level Domain (TLD). Saran aku, jika memang kamu ingin memfokuskan untuk ngeblog, pilihlah domain TLD. Domain TLD bisa membuat blog kita terlihat lebih profesional dan dapat kemudahan lainnya.

Tapi semisalnya kamu masih setengah-setengah untuk memulai ngeblog, kamu boleh latihan terlebih dahulu melalui blog gratisan.

Jika kamu memutuskan menggunakan TLD, kamu bisa order di penyedia layanan hosting yang berkualitas. Dan kamu juga harus memahami pentingnya web hosting bagi pemula. Karena ini akan sangat berpengaruh dengan kelangsungan kebutuhan blog kamu.

Saat ini, di Sahabat Hosting sedang ada promo untuk hosting dan domain. Manfaatkan promo ini bagi kamu yang baru ingin memulai ngblog. Hihi

  1. Pilih template atau theme blog yang tepat

Dalam pemilihan template atau theme blog, pilihlah tema yang menarik dan sederhana. Atau template yang sesuai dengan karakter kamu.

Tapi bagiku, template itu penting untuk sebagai cover blog kita. Tampilan blog yang rumit, membuat orang malas untuk membacanya dan orang sulit untuk mengajak kita bekerja sama.

Kamu bisa memilih theme gratis maupun berbayar. Dan juga pilihlah theme yang merupakan SEO Friendly. Karena ini akan memudahkan dalam mengoptimalkan SEO nantinya.

  1. Mulai konsisten menulis konten berkualitas

tips-membuat-blog-untuk-pemula

Tips ngeblog bagi pemula berikutnya adalah konsisten. Jika kamu sudah memiliki blog, maka untuk selanjutnya kamu mulailah belajar konsisten untuk menulis konten. Konten yang berkualitas akan mendatangkan viewer organik.

Konten berkualitas, konten yang memiliki manfaat dan tujuan yang jelas, informasi yang tepat dibutuhkan orang lain. Aku menyarankan jika ingin menulis tulisan yang sedang viral, pastikan tulisan kamu tersebut apakah akan bermanfaat bagi orang lain atau tidak.

Postinglah yang penting, jangan yang penting posting ya, Journeyers. Hihi

  1. Jangan malu untuk promosikan blog kamu

Jika ingin blog kamu banyak dikenal orang lain, maka usahakan setiap kamu update tulisan kamu di blog, kamu promosikan kepada teman-teman kamu. Bisa bagikan di media sosial atau juga mengikuti kegiatan komunitas blog.

Biasanya, dalam komunitas blog ada kegiatan seperti blogwalking. Kegiatan ini berupa saling mengunjungi blog yang ada di komunitas tersebut. Ini akan sangat membantu kamu, selain mempromosikan blog, kamu akan mendapatkan jaringan pertemanan sesame blogger, dan mendatangkan trafik visitor untuk blog kamu sendiri.

  1. Rajin untuk menambah wawasan terkait blog

Ingin menjadi blogger yang profesional, kamu tidak boleh merasa cepat puas. Karena dalam dunia blog, begitu banyak yang perlu kamu pelajari dan pahami. Bukan hanya sekedar sudah memposting tulisan di blog saja.

Kamu perlu memahami apa itu SEO Friendly, Google Search Console, Google Analytic, Google Adsense, dan banyak lagi. Nanti kamu juga akan menemukan istilah DA/PA, rank web. Semua hal tersebut bisa kamu pahami secara perlahan.

Belajarlah dari blogger senior atau saat ini, banyak tempat kamu untuk belajar dan menambah wawasan terkait blog. Salah satunya adalah komunitas ISB (Indonesian Social Blogpeneur). Aku pun turut mengikuti kegiatan di komunitas ini untuk menambah wawasanku.

Kamu juga bisa mencari informasi komunitas blog melalui media social. Di Facebook juga banyak terdapat grup-grup blogger.

Semakin kamu banyak belajar, maka semakin membuatmu sadar bahwa kamu masih banyak kurangnya. Jadi, yuk, semangat terus belajar ya!

  1. Praktikan ilmu yang telah kamu dapatkan

tips-mulai-ngblog-bagi-pemula

Perlu kamu pahami, segala sesuatu dimulai dengan proses. Tak Ada yang instan. Jika kamu ingin menjadi blogger profesional, maka mulai lah dengan mempraktekkan ilmu yang telah kamu pelajari.




Ilmu tanpa praktek, hasilnya nihil, Teman. Kamu tak perlu mengkhawatirkan hasilnya bagus atau tidak. Namun, cobalah untuk menikmati prosesnya terlebih dahulu ya! 

Karena, selama ada niat, pasti ada jalan. Selama ada usaha, tentu akan selalu ada hasil yang didapatkan.

Itulah tips ngeblog bagi pemula yang bisa kamu terapkan. Mari kita berproses bersama, dan semoga bermanfaat.

 

17 comments
  1. Aku sering banget menerima pertanyaan terkait ngeblog apalagi bagi yang ingin belajar. dan aku setuju dengan yang di ulas sih, konten adalah raja. nice sharing mba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like