Love Yourself! Cara Mengatasi Insecure Yang Perlu Kamu Terapkan

Hai, Journeyers!

Pernah gak sih, kamu mengalami perasaan tidak percaya diri atau merasa tidak puas dengan apa yang telah kamu lakukan? Padahal kamu telah melakukan yang terbaik, namun setelah kamu amati kembali, rasanya yang kamu lakukan itu tak sebaik dengan yang dilakukan orang lain.

Nah, ini merupakan salah satu tindakan yang menyebabkan timbulnya insecure. Aku ataupun kamu, pasti pernah merasakan yang namanya insecure. Hal ini banyak dialami oleh para remaja hingga orang dewasa.

Dan memiliki latar belakang yang beragam sehingga mereka mengalami insecure. Mari kita amati terlebih dahulu latar belakang insecure yang kamu alami. Insecure yang kita alami bisa berupa terhadap fisik, pendidikan, pencapaian dan hal lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi insecure yang kita alami? Simak uraian-uraian berikut terlebih dahulu, yuk!

Apa itu Insecure?

 cara mengatasi agar tidak insecure

Seperti yang diuraikan oleh seorang Psikolog Amerika bernama Abraham Maslow, menjelaskan insecure itu suatu keadaan dimana seseorang yang merasa tidak aman, yang menganggap dunia sebagai sebuah hutan yang mengancam dan kebanyakan manusia berbahaya dan egois.

Sedangkan insecure yang banyak digunakan saat ini menunjukkan suatu kondisi yang merasa tidak percaya diri, khawatir, cemas, merasa gelisah dan malu.

Lalu, Apa Penyebab Insecure?

cara mengatasi insecure berlebihan

Seperti yang kita bahas diawal, beragam hal yang melatarbelakangi seseorang akan merasakan insecure. Dan penyebab ini bisa difaktorkan oleh diri sendiri atau lingkungan sekitar.

Coba kamu perhatikan poin-poin penyebab munculnya insecure berikut ini, apakah pernah kamu alami juga?

  1. Pernah mengalami traumatis yang belum teratasi

Sebagai contoh kamu pernah menjalin hubungan toksik dengan orang lain. Sehingga kamu mengalami perlakuan-perlakuan yang membuatmu merasa tidak percaya diri atau perlakuan yang tak wajar. Dan kamu merasakan tidak aman jika bertemu dengan orang baru. Karena kamu merasa khawatir akan kejadian yang pernah kamu alami, terjadi kembali.




  1. Pernah mengalami penolakan atau kegagalan

Bagi mereka yang memiliki rasa ketidakpercayaan diri tinggi sangat sensitif dengan adanya penolakan. Seperti dalam sebuah kelompok, saat menyampaikan pendapat, namun tidak diterima. Hal ini akan membuatnya insecure bahkan akan ragu untuk berpendapat dikemudian hari.

Bagitu juga jika mengalami kegagalan, rasa menyalahkan diri yang tinggi sehingga menguasai diri sendiri, dapat menyebabkan munculnya rasa insecure ini.

  1. Memiliki jiwa perfeksionis

Jadi, Journeyers, insecure juga dialami oleh mereka yang memiliki jiwa perfeksionis. Karena, perasaan selalu merasa tidak puas selalu menghantui mereka. Merasa apakah yang dia lakukan apakah sudah yang terbaik atau belum. Yang pada akhirnya memunculkan rasa insecure.

It’s about you and yourself

  1. Tidak mendapatkan dukungan dari orang terdekat

Dukungan orang terdekat sangat penting dalam tumbuh dan kembangnya kepercayaan diri seseorang. Karena tak sedikit dari kita yang merasakan insecure disaat orang terdekat kita sendiri tidak mendukung apa yang kita ingin capai.

Sehingga muncul perasaan tidak pantas, tidak memiliki kemampuan di bidang yang ingin kita capai atau meragukan kemampuan sendiri.


Baca juga:

Terapi Self Healing Paling Ampuh yang Aku Lalui!

Love Your Self Dengan Cara Mengatasi Overthinking!


Inilah Cara Mengatasi Insecure

Setelah kamu membaca uraian diatas, apakah ada yang kamu alami juga? Jika kamu mengalami penyebab-penyebab munculnya insecure tersebut, maka perlu kamu terapkan cara mengatasi insecure berikut ini!

  • Love yourself, first!

Hal yang pertama kamu lakukan adalah mencintai dirimu sendiri. Terimalah dirimu apa adanya. Terima kekurangan yang kamu miliki. Kamu tak perlu jadi sempurna. Tak perduli orang lain menilaimu seperti apa, namun dirimulah yang paling pertama untuk kamu cintai.

Saat kamu menghadapi masalah atau merasa sedih, cukup lakukan peluk dirimu sendiri dan ucapkan kata-kata baik. “Aku telah melewati semua, aku mampu menghadapi semua, aku kuat dan aku bisa”

  • Kendalikan pikiran

Apapun yang kamu pikirkan itulah yang akan kamu alami, dan tak selamanya hal tersebut disebabkan oleh orang lain. Namun, hal ini juga dikarenakan oleh diri kita sendiri. Jika kita tak pernah mengizinkan pikiran-pikiran negatif menyelimuti kita, maka pemikiran negatif tidak akan menghampiri.

Seperti yang kita ketahui, apa yang kamu pikirkan itulah yang akan terjadi. Maka mulailah atasi pikiran kamu dengan memikirkan yang baik dan positif saja, ya!




  • Mencoba menilai sesuatu yang terjadi dengan berbagai sisi

Jika kamu mengalami kritikan, atau terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan, maka cobalah menilai dari berbagai sudut pandang. Jangan diambil sisi negatifnya saja. Namun kamu perlu gali hikmah dari kejadian yang kamu alami.

Ubahlah kegagalan sebagai motivasi, bukan sesuatu yang perlu kamu sesali. Karena jika kamu terdiam dengan penyesalan, maka kamu akan lebih tertinggal dari orang sekitarmu. Jadi, ayuk bangkit kembali dengan semangat yang lebih tinggi!

  • Berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain

Kamu boleh membandingkan diri sendiri jika itu mampu memotivasi kamu untuk lebih baik, Namun jika sebaliknya, maka berhentilah mulai sekarang. Hal yang kamu lawan adalah dirimu sendiri. Karena setiap orang memiliki keistimewaan tersendiri, begitu juga dirimu.

  • Berdamai dengan diri sendiri

Yaps, mulailah terima dirimu sendiri, ketahui apa yang menjadi kekurangan atau kelebihan kamu. Jangan paksakan semuanya sama seperti yang diraih orang lain. Itu tidak mungkin.

Tonjolkan kelebihanmu, asah menjadi lebih baik. Dan kekurangan yang kamu miliki, cobalah untuk kamu terima. Karena tak ada manusia yang sempurna, ya 😊

  • Mulai lakukan hal yang kamu sukai

Hal ini juga dapat dilakukan untuk cara mengatasi insecure, karena kamu akan mulai terfokus terhadap apa yang kamu sukai. Tak peduli orang menyukai hal yang sama atau tidak. Namun jika kamu menikmatinya, ini akan memberikan kedamaian untuk dirimu.




Jika kamu suka menulis, maka menulislah. Tak perlu mengikuti apa yang orang lain sukai, ya! Kamu suka menonton drama Korea, atau mendengar musik kpop, tak masalah, selama itu membuatmu bahagia.

Bangkitkan kepercayaan dirimu, lakukan apa yang dapat kamu lakukan dan kamu senangi.

  • Fokuskan diri untuk orang yang mencintaimu

Dedikasikan diri kamu untuk mereka yang mencintaimu, bukan orang yang membencimu. Biarakan orang yang membencimu bermain dengan kebenciannya. Kamu jangan, ya!

 bagaimana cara mengatasi insecure

Buku yang aku rekomendasikan untuk kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insecure yang kamu alami. Kenali tanda-tanda insecure agar kamu mampu segera mengatasinya. Semoga setelah kamu membaca tulisan ini, kamu menjadi lebih percaya diri dan bisa menikmati hidupmu lebih bahagia.

0 comments
2 likes
Prev post: Terapi Self Healing Paling Ampuh yang Aku Lalui!Next post: Tips Ngeblog Bagi Pemula Yang Dapat Kamu Terapkan!!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *