Hai, Journeyers!

Mungkin bagi teman-temanku yang sering membaca isi blog-ku belakangan sering membahas tentang BTS. Hehe. Iya bener, tak sedikit mereka bilang, ngbucin mulu deh. wkwk. Tapi, ngbucin ternyata bukan tentang hal yang selalu memberi dampak negatif kok. Contohnya aku bisa mendapatkan berbagai inspirasi menulis dari mereka.

Jujurly, ngbucin sambil produktif gak papa ya. Haha, aku bukan tipikal yang selalu membeli merchandise BTS, album pun aku tak punya. Karena sejauh ini aku masih menikmatinya secara online. Oh iya, aku punya beberapa Photo card mereka, ada hasil ngwar dari tokopedia, ada juga dari temen terdekatku sebagai kado ultah.

Salah satu achievement yang ingin ku capai adalah bisa nonton konser offline mereka sih. Ini pun masih dalam pertimbangan, hehe. Jikalau diadakan di Asia Tenggara, apalagi Indonesia.

Nah, kalau terkait lagu, kamu tipikal orang yang menyukai lagu dikarenakan musiknya atau dikarenakan makna lagu tersebut? Kalau aku terkadang menyukai sebuah lagu dikarenakan musiknya yang menyenangkan atau lebih sering dikarenakan makna-makna lagunya.

Sebagai ARMY pun, aku menyukai lagu-lagu BTS dikarenakan makna lagunya. Lagu yang memiliki makna dalam dan musik yang menyenangkan, itu adalah perpaduan yang sempurna bagiku.




Dalam proses self healing-ku, aku sering mendengarkan lagu-lagu BTS dan tak luput aku mencari tahu arti dan makna lagunya.

Dan ini ada beberapa lagu BTS untuk self healing kamu yang sering aku dengar disaat aku merasa tak baik-baik saja, Journeyers!

1. Epiphany

Lagu pertama yang sangat cocok untuk kamu jadikan self healing adalah lagu solo Seokjin yang berjudul Epiphany. Jika kamu mendengar pertama kali lagu ini terkesan lagu yang memiliki makna galau. Namun setelah aku mendengarkan dan mencari tahu makna lagunya, ternyata lagu ini lebih bermakna mencintai diri sendiri.

Dalam liriknya, Seokjin mengatakan meskipun kita tak sempurna, tapi kita sangat indah. Dalam lagu ini Seokjin juga menyerukan untuk kita lebih berani mengekspresikan diri kita sendiri, tetap maju berjalan untuk melawan rasa takut dan untuk apa menyembunyikan diri kita yang berharga. Lagu ini mengajarkan untuk lebih percaya diri juga.

lagu-bts-yang-cocok-untuk-self-healing
Foto: instagram.com/bts.bighitofficial

Tentunya, di dunia ini, yang paling kita cintai adalah diri kita sendiri terlebih dahulu. Lagu yang memiliki melodi yang sangat menenangkan.

Jika aku merasa insekyur, tidak percaya diri, aku mendengar lagu ini, kembali membangkitkan semangatku. Seketika aku akan berkata, “Iya, Seokjin, I should love my self, i’m the one I should love“.

2. Answer: Love Myself

Lagu yang terdapat dalam album Love yourself ini sangat berkesan bagiku. Yaps, BTS bahkan membuat album yang bernama Love yourself yang memiliki makna untuk kita bisa mencintai diri kita sendiri. Sama dengan lagu solo Seokjin sebelumnya, dan lagu ini masuk love yourself: answer. Fyi, album BTS ini ada 3 part yaitu love yourself: Her, love yourself: tears dan love yourself: answer.

Dalam lagu inni tertulis keresahan hati saat menghadapi diri sendiri dengan berbagai tanggapan orang lain. Serta menyatakan bahwa mencintai diri sendiri lebih sulit daripada mencintai orang lain.

Jadi, sebelum kita mencintai diri kita, lebih baik untuk jujur dan coba telaah kembali apakah kita menerapkan standar yang ketat untuk diri kita sendiri? Sebab itu kita perlu memaafkan diri kita terlebih dahulu agar kita mampu memahami diri kita.

lagu-bts-yang-cocok-untuk-healing
Foto: instagram.com/btsbighitofficial

Jika aku memaknai secara keseluruhan dari sudut pandang BTS, lagu inni seperti keresahan diri mereka, lalu menyadari bahwa mereka seharusnya menjadi apa adanya mereka. Mereka menyadari bahwa mereka adalah pusat perhatian para ARMY. Dan menganggap bahwa ARMY lah menjadi alasan mereka bahwa mereka harus mencintai diri mereka sendiri. Bagaimana pun mereka dimasa lalu, masa kini ataupun masa depan adalah tetap mereka.

Dan jika aku memaknai lagu ini sebagai ARMY, aku justru menganggap BTS sebagai alasan untuk mencintai diriku sendiri.

Itulah BTS, mereka sering membuat lagu yang memiliki makna untuk mengingatkan diri mereka sendiri dan juga ARMY.


Baca Juga:

Terapi Self Healing Paling Ampuh yang Aku Lalui!

Kisahku di Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021

Love Yourself! Cara Mengatasi Insecure Yang Perlu Kamu Terapkan


3. So What

Lagu BTS untuk self healing berikutnya berjudul So What. Lagu ini lebih memiliki makna dalam mengatasi kekhawatiran untuk kesehatan mental kita. Dalam lagunya terdapat kata-kata untuk tidak memperdulikan tanggapan terhadap diri kita. Kekhawatiran itu hanyalah bagian dari imajinasi kita. Maka daripada khawatir, lebih baik ceria dalam hidup.

Dan lebih menyerukan untuk tidak khawatir, lupakan kekhawatiran, dan menegaskan tidak perlu tahu urusan orang. Seperti yang dikatakan pada lirik RM, “ileona jeoleona salam sinse, da andamyeon museun jaeminya”  yang artinya apa yang menyenangkan jika Anda tahu segalanya. Bener banget gak sih, yang dikatakan Namjoon? hehe

Jadi, kekhawatiran itu tak memiliki jawaban, jangan sampai kita terjatuh dalam lubangnya.

4. 21st Century Girls

Kamu yang wanita karir, sepertinya cocok mendengarkan lagu ini, menurutku ya. Kenapa? Lagu ini benar-benar memberikan motivasi banget  dikarenakan dalam lirik Bangtan penuh pujian untuk seorang wanita yang di era 20an ini dan mengatakan untuk tidak memperdulikan omongan orang, jangan merendahkan diri kita dan mengikuti standar orang lain. Karena kita cantik dengan apa adanya kita.

Lagu ini menggambarkan keresahan wanita di era 20an, dan BTS memberikan pandangan yang lain agar kita tetap puas dengan apa adanya kita. Dan kita layak untuk dicintai dan setiap orang pasti akan mencintai kita juga, Jadi, tak perlu dikhawatirkan hal itu.

5. Magic Shop

Mendengar lagu BTS serasa mereka ngobrol sama kita. Setuju gak sih? Mereka seperti tahu setiap keresahan hati kita. Mungkin karena mereka sudah melewati itu semua dengan perjuangan mereka yang benar-benar dari agensi kecil, penuh kekhawatiran untuk bisa masuk industri Korea. Namun, dengan mereka bisa mengatasi kekhawatiran dan kecemasan tersebut, mereka mampu menciptakan lagu yang bisa menyentuh hati pendengarnya.




Seperti lagu Magic Shop ini, disaat kamu lagi insekyur, penuh kekhawatiran, jika mendengarkannya serasa BTS sedang menghibur kita. Dalam lagu ini mereka menuliskan kisah mereka, bagaimana mereka dulu menghadapi kekhawatiran yang serasa mencekik mereka, memaksa diri menjadi terbaik dan untuk percaya akan kemenangan, padahal mereka sendiri tidak akan pernah tahu apakah akan menang atau tidak. Dengan semua yang telah mereka lalui, mereka pun ingin mendengarkan cerita dan kisah yang dialami ARMY.

Lagu ini terdapat lirik yang menyatakan bahwa keberadaan mereka yang pernah ada di tepi jurang kini mampu bertahan dan berdiri tegak dihadapan ARMY.

Magic shop sendiri menggambarkan suasana hati kita, jika disaat kita merasa benci ke diri sendiri, sedang tak baik-baik saja. Sebenarnya kita bisa mengatasinya dengan menciptakan suasana yang buat kita tenang dan damai.

Pada bagian akhir lirik lagu ini seperti BTS seakan mengatakan bahwa ARMY telah membuat menemukan jati diri mereka, mengenal mereka dan membuat mereka mengetahui sisi terbaik mereka. Saatnya mereka untuk menunjukan dan membangkitkan sisi terbaik dari ARMY. Percayalah hidup kita ada didalam diri kita.

Aduuuhhh, gimana gak kesemsem sama mereka, lagu mereka seakan sedang berbicara dengan kita. Nasehat dan memotivasi banget.

6. Idol

Lagu BTS untuk self healing berikutnya adalah IDOL. Lagu yang mereka ciptakan ini untuk para hatter yang selalu saja membicarakan mereka yang tidak baik. Mengomentari apa yang mereka lakukan. Jadi, pada lagu ini mereka menegaskan bahwa kalian bisa memanggil mereka idol, artis atau sebutan lainnya. Mereka tidak peduli.

Karena mereka mengetahui siapa diri mereka, apa yang mereka suka dan apa yang harus mereka lakukan. Jadi, berhentilah untuk mengurusi mereka. Pada lagu ini, lirik “you can’t stop me loving my self” secara berulang-ulang.

Jadi, kita bisa juga menggunakan lagu ini sebagai penyemangat kita, untuk tidak memperdulikan orang lain. Cukup melakukan apa yang ingin kita lakukan, apa yang kita sukai, karena yang paling mengenal diri kita adalah kita sendiri.

7. Mikrokosmos

Mikrokosmos merupakan salah satu BTS yang menjadi lagu penyemangatku disaat aku tidak baik-baik saja. Lagu BTS untuk self healing ini memiliki makna bahwa kita memiliki cahaya yang berasal dari diri kita sendiri.

Seperti cahaya gelap di malam hari, hanya bintang yang menyinari gelapnya malam. Maka kita diibaratkan sebagai cahaya bintang. Kita mampu bersinar dengan diri kita sendiri. Memotivasi kita untuk yakin bahwa cahaya pada diri kita pasti akan bersinar.

Shine, dream, smile, BTS mengajak kita untuk bisa bersinar bersama mereka. Tidak dipungkiri sih, banyak ARMY yang bersinar semenjak mengenal mereka. Seperti halnya menemukan yang mereka suka, mereka inginkan dan jati diri mereka sendiri.

8. Dis-ease

Lagu terakhir yang aku bahas kali ini adalah Dis-ease. Dari judulnya saja sudahseperti tergambarkan isi lagu tersebut. Namun sakit yang dibahas dalam lagu ini lebih membahas ketidaknyaman dan kekhawatiran. Dalam pembahasan mental health ini menjadi topik yang disorot lebih banyak. Karena pemicunya sangat banyak dan kondisi tersebut tampak seperti wajar dialami.

Dalam lagu ini juga dikatakan bahwa liburan adalah salah satu untuk mengembalikan kesehatan mental kita. Mereka juga mencantumkan bahwa setiap orang memiliki ketidaksempurnaan seolah menjadi reminder buat kita. Dan kondisi mental seperti ini mereka ingatkan juga untuk segera mengatasi.

Dari liriknya, ternyata BTS paham betul apa yang banyak dirasakan orang juga. Aku sendiri juga menyadari terkadang sulit berpikir sederhana, raga makin besar namun belum juga dewasa. Hahah.

Ayo, mari kita atasi!!! Ujar Bangtan.

Tujuan mereka yang mendukung program terkait mental health ini didukung juga oleh UNICEF. Oleh sebab itu, BTS dipercaya untuk berpidato di sidang PBB terkait kesehatan mental selama 3 kali, yaitu di tahun 2018, 2020, dan 2021. Dan kampaye Love Yourself yang mereka adakan bersama UNICEF pun berhasil.

Foto: instagram.com/bts_love_yourself

Masih banyak lagi lagu BTS yang cocok sebagai lagu self healing. Kalau dijabarkan semua lagu yang terdapat di 3 album love yourself (Her, Tear dan Answer) sangat cocok untuk self healing. Namun di album lain pun juga banyak mereka menciptakan lagu terkait mencintai diri sendiri.




Sungguh menyenangkan bisa mengetahui makna lagu yang mereka ciptakan, sehingga pesan yang mereka ingin sampaikan pun dapat kita tangkap. Karena mereka ataupun kita tak beda, pernah merasakan kekhawatiran, tidak baik-baik saja. Mereka bukanlah sempurna, namun mampu menonjolkan sisi terbaik mereka dengan caranya sendiri.

Tentunya kita pun juga bisa. Mari kita mengenal diri kita terlebih dahulu agar kita lebih bisa mengenal potensi terbaik dari diri kita, ARMY!

21 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like