Hai, Journeyers!

Menjadi Blogger merupakan profesi yang tidak mudah dan segampang yang dipikirkan oleh orang lain.

Kita tidak akan pernah tahu seberapa kesulitan suatu profesi jika kita tidak terjun langsung dibidang tersebut.

Berprofesi menjadi blogger akan menuntut diri kita sendiri untuk selalu bisa beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Ada beberapa hal yang perlu kita terapkan dalam berproses menjadi Blogger. Apa saja kah? Yuks, simak!

Berproses menjadi blogger pemula

1. Niat

Segala sesuatu yang kita lakukan itu diawali dengan niat. Karena, jika kita memang tak berniat ingin menjadi seorang blogger. Kita akan malas-malasan dan tak ada keinginan untuk berkembang di bidang ini.

Sejak awal terjun di bidang Blogger, aku sudah niatkan aku ingin mempelajari lebih jauh bidang ini. Dan aku ingin memiliki kemampuan yang bisa aku kuasai agar menunjang sebagai blogger.

Sebab itu, mari kita rapikan dan mantapkan terlebih dahulu niat kita sebelum memulai sesuatu.




2. Jangan berhenti menulis blog

Setelah kamu memiliki blog, terkadang ada saja yang akan membuatmu ingin menyerah menulis blog. Seperti, tak ada yang membaca tulisanku, tidak ada pengunjung di blog ku.

Itu semua gak apa-apa. Segala sesuatu itu butuh proses, dan semua proses tak selalu mudah.

Tekadkan saja pada diri sendiri, bahwa aku akan tetap menulis blog. Meskipun diawal mungkin belum bisa konsisten, tapi setidaknya blog kita tetap terisi.

3. Pelajari apapun berkaitan dengan blog

Kembali pada poin kedua, kamu boleh konsistem menulis, tapi perlu kamu perhatikan kaedah-kaedah yang dapat menunjang tulisan kita dan menghasilkan pengunjung.

Seperti, kamu perlu mempelajari SEO, kaedah penulisan yang baik, tulisan yang bermanfaat, daftarkan akun blog kamu pada google analitik dan google search console, pelajari cara menganalisa keyword.

Jika kamu sudah penerapkan hal-hal tersebut, secara perlahan, blog kamu akan mendatangkan pengunjung dengan sendirinya.


Baca juga:

Hey, Menjadi Blogger Itu Menyenangkan! Tanggapan Terhadap Profesi Blogger!

Tips Ngeblog Bagi Pemula Yang Dapat Kamu Terapkan!!


4. Gabung dengan komunitas atau grup blogger

Memang, diawal akan sangat canggung jika bergabung dengan komunitas/grup blogger. Terlebih isinya banyak blogger yang sudah senior.

Namun, disini kita akan memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak. Kita juga bisa diskusi dengan blogger senior. Biasanya, mereka pun memiliki trik dan tips tersendiri yang bisa kita gunakan juga.

Tak hanya itu, dengan kita bergabung di komunitas/grup blogger, kita akan lebih memiliki pertemanan yang lebih luas sesama blogger.

Bahkan, biasanya mereka pun mengadakan kegiatan yang bisa meningkatkan pengetahuan kita terkait blog. Lalu ada walking blog , fasilitas yang diadakan untuk saling berkunjung blog. Kegiatan ini bisa menarik pengunjung blog kita. Dan banyak lagi.

5. Bagikan tulisan di media sosial

Hal ini tetap aku lakukan hingga saat ini. Aku tidak memikirkan jika ada yang mengklik link yang aku bagikan atau ada yang membaca tulisanku.

Tapi, ini cukup efektif dalam membranding diri kita sebagai blogger.  Sehingga teman media sosial kita mengetahui kita adalah seorang blogger.

Dan cara ini sangat efektif juga untuk meningkatkan pengunjung jika tulisan yang kita tulis sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan.

6. Konsisten

Yaps, segala sesuatu jika ingin membuahkan hasil yang baik tentunya dibutuhkan konsisten. Hal ini cukup sulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Tapi, kembali pada poin satu, yaitu niat.

Jika kita berniat, maka hal ini akan mudah untuk dilakukan. Bahkan jika sulit, perlu dipaksa agar bisa konsisten mengupdate tulisan.

Dalam komunitas yang aku ikuti, memfasilitaskan kegiatan ODOP atau One Day One Post. Ini sangat mempengaruhi untuk konsistensi kita dalam mengupdate tulisan.




Meskipun banyak kesibukan yang aku lakukan diluar profesi sebagai blogger, aku berusaha tetap mengikuti kegiatan ini.

Karena aku sangat mengetahui kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita.

Itulah hal penting yang perlu kita terapkan dalam berproses menjadi blogger. Semoga kita bisa menjadi blogger yang profesional yak. Semangat berproses!!!

6 comments
  1. menjadi blogger benar-benar mengajarkan aku banyak hal, dari konsekuensi sampai melawan rasa putus asa untuk belajar. walaupun bukan blogger full timer aku merasa menulis blog seperti coping mecanism buat aku. Semangat ngeblog, yeayyy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like