Hi, Journeyers!

Ayo, siapa nih yang ingin mencoba solo traveling? Pernahkah kamu berkeinginan untuk bepergian sendiri? Atau mungkin saat kamu ingin berliburan, namun tak menemukan teman yang bisa berangkat bersama kamu. Sedih gak sih, saat kamu memiliki waktu libur tapi temanmu tidak.

Terkadang sulit sekali untuk menyatukan jadwal, apalagi jika teman kita bekerja dengan jadwal shifting.

Hal ini menyebabkan aku kepikiran untuk mencoba solo traveling. Ada beberapa tips solo traveling yang bisa kamu coba dan kamu persiapkan, Journeyers!

Tips-tips ini aku rangkum dari beberapa saran teman. Btw, ini akan menjadi pengalaman pertama aku untuk solo traveling, lho. Heheh.




Jadi, aku harus mempersiapkan dan mempertimbangkan hal-hal yang dibutuhkan dan mengurangi resiko saat berliburan. Hihi

Seorang sahabat pernah mengatakan, “tak ada salahnya untuk mencoba solo traveling, Cobalah setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Yuks, simak tips solo traveling dan apa saja yang perlu disiapkan, Journeyers!

1. Persiapan untuk fisik dan mental

Kenapa ini menjadi salah satu hal yang penting untuk kita persiapkan? Karena, saat kamu melakukan perjalanan usahakan dalam kondisi sehat dan baik. Persiapkan kesehatan kamu agar liburan kamu tetap menyenangkan.

Aku sendiri pernah berpikir, jika aku traveling tanpa teman, jika aku kenapa-napa, siapa yang akan nolongin, ya?

Namun setelah aku renungi, untuk apa kita mengkhawatirkan sesuatu yang tak ingin terjadi. Dan persiapkan juga obat-obatan sekiranya akan kamu butuhkan saat diperjalanan ya.

Mental juga perlu dipersiapakn, karena kita tak pernah mengetahui apa yang aka terjadi selama di perjalanan kita. Kita butuh mental yang kuat dan berani. Kalau pesan Bapakku mengatakan, “Jika ditempat baru, jangan perlihatkan bingungmu, tanya boleh tapi jangan terlihat bingung. Dibawa santai, bingungnya jangan berhari-hari”. Hehe

2. Itinerary yang detail dan lengkap

Wah, ini tak kalah pentingnya juga, Journeyers! Karena kita harus tahu kemana, estimasi waktu, estimasi dana yang dibutuhkan. Bagaimana kita mengetahui detail dan data yang lengkap? Caranya dengan sering-sering membaca jurnal perjalanan mereka yang pernah ke lokasi destinasi yang kamu inginkan.

Terlebih untuk kita yang ingin melakukan solo traveling. Kita harus memiliki itinerary yang jelas agar kamu tidak tersesat atau mendapatkan kendala yang tak terduga.


Baca juga:

4 Alasan Menjadi Travel Blogger Itu Menyenangkan

Manfaat dan Alasan Kamu Harus Traveling di Masa Muda!


3. Persiapkan dana lebih dari estimasi awal

Ini sangat penting, Journeyers! Kamu wajib menyediakan dana yang lebih dari estimasi budjet yang dibutuhkan. Untuk sebagai dana tak terduga. Meskipun kita menggunakan panduan yang sudha kita riset, belum tentu semuanya akan sesuai saat kita terapkan. Apalagi kita melakukan perjalanan seorang diri. Maka perlu diperhatikan juga kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

4. Light Packing

tips-on-solo-traveling

Karena ini perjalanan sendiri, maka usahakan untuk kita membawa barang yang seperlunya dan di packing seminimal mungkin agar kita tidak kesulitan membawa barangnya. Lebih nyaman jika dengan backpacker-an. Kita tak perlu banyak bawa barang yang banyak.

Kamu perlu membawa pakaian seadanya, obat-obatan, skincare jika memang dibutuhkan, dan lainnya semua dimuatkan dalam satu tas, agar kamu tidak kerepotan saat pindah-pindah destinasi.




Oh, iya, ada yang bisa kamu lakukan juga adalah ketika kamu kerepotan untuk bawa keperluanmu saat solo traveling, kamu bisa gunakan jasa pengiriman barang. Yaps, jadi bawaanmu bisa di minimalisir dengan cara ini.

5. Simpan dokumen dan uang terpisah

Nah, ini sangat diingatkan sama teman-temanku, diusahakan untuk tidak meletakan barang dokumen penting dan uang di satu tempat. Letakkan barang tersebut di tempat yang terpisah. Uang pun bisa di bagi-bagi lokasi penyimpanannya.

Untuk menghindari kemungkinan yang terjadi selama perjalanan. Dan pastikan penyimpanannya di tempat yang tidak rawan orang lain bisa mengambilnya atau tercecer.

6. Bawa buku catatan

Jadi, kamu perlu menyediakan catatan kecil yang bisa kamu bawa kemana-mana. Catat nomor-nomor penting, patokan-patokan jalan yang kamu lewati, dan lainnya yang kamu rasakan penting untuk kamu catat.

Tidak memungkinkan saat kamu traveling, baterai hp-mu mungkin habis d jalan atau terjadi hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan. Jadi kamu bisa memanfaatkan buku catatan ini.

7.  Sediakan full baterai Power Bank

tips dan trik solo traveling

Pesan dari temanku, ini juga jangan sampai ketinggalan, karena kita tak bisa memprediksi apakah lokasi destinasi tujuan yang di kunjungi ada tempat pengisi daya atau tidak. Atau kamu tidak perlu memakan waktu untuk mengisi daya handphone-mu. Pasti akan sangat menyebalkan saat traveling tapi baterai handphone kita habis, bukan?




Itulah beberapa tips solo traveling yang aku rangkum dari saran teman-temanku. Dan perlu kamu memperhatikan beberapa hal yang jangan kamu lakukan saat solo traveling. Menurut kamu, bagaimana, Journeyers? Apakah ada tips lain? Yuk, berbagi pengalaman.

 

17 comments
  1. belum punya nyali saya kalau solo traveling sendirian ..tapi pengen gitu wkwkw takut aja bawaannya ..btw tips nya boleh juga nih saya contek hehehe siapa tau kan nanti ada keberanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like