Alasan Kamu Harus Traveling

Masa muda memang masa dimana kamu menata masa depan. Namun, perlu kamu ketahui, menata masa depan tak selalu hanya untuk belajar. Kamu butuh waktu untuk berlibur atau merefresh dirimu dari rutinitas sehari-hari.

“Va, main mulu? Ngabisin duit mulu? Gede ya, penghasilannya?”

Pertanyaan tersebut sering terlontarkan oleh beberapa temanku. Ketika melihat aku traveling kesana-kemari.

Entah kenapa, tak sedikit orang memandang jika traveling hanya menghabiskan uang dan tak ada faedahnya. Tapi, memang untuk standar prioritas dan kesenangan setiap orang berbeda-beda. Lantas apakah aku memang hobi traveling sejak dahulu? Jawabannya adalah TIDAK.

Sebagai anak rumahan, yang jarang keluar rumah. Yang juga jarang untuk berinteraksi sama orang lain. Bisa dikatakan aku traveling hanya bersama keluarga. Sedangkan dengan teman-temanku jarang.

Ada sedikit penyesalan, terkadang saat reuni sama teman sekolah, atau video call bareng mereka. Saat mengenang mereka traveling kesana- kemari, aku hanya bisa bilang, “Gaes, aku gak ikut lho, saat itu”. Atau, “Yah, aku gak ada ya pas kalian kesana”.

Begitulah aku semasa sekolah, jarang sekali untuk ikut mengumpul bersama teman-teman dan traveling. Dalam pikiranku dahulu hanya belajar, belajar dan belajar. Wkwkwk.

Lantas, sekarang tak ada salahnya jika aku ingin menciptakan kenangan ku sendiri.Aku ingin berpergian ke berbagai banyak wisata alam yang ada di Indonesia. Adanya internet, membuatku melihat bahwa indahnya Indonesia, dan aku ingin menikmatinya langsung. Dan aku pun menemui alasan dan manfaat traveling di masa muda yang sebelumnya tak terpikirkan olehku.

Jangan menunggu kaya untuk melakukan traveling

alasan kamu harus traveling keuar negeri

Mungkin kalimat tersebut sering kamu lihat atau kamu temui. Dan, memang benar adanya. Jika kamu harus menunggu kaya terlebih dahulu untuk melakukan traveling, maka kamu hanya akan menghabiskan waktumu hanya untuk menunggu.

Mengapa demikian? Karena, kamu tak akan pernah tahu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Maka nikmatilah hidupmu yang berharga. Karena, traveling tidak melulu menghabiskan uang.

Banyak cara dan tips untuk bertraveling hemat. Mungkin bisa kamu pilih dari destinasi wisata, transportasi ke lokasi destinasi, tempat tinggal, dan lainnya bisa kamu sesuaikan dengan budjet yang kamu miliki.

Beda lho, gak punya uang untuk traveling, dengan tak punya budjet untuk traveling. 

Masa Muda, masa yang tepat untuk menjalin jaringan

alasan kamu harus traveling bersama sahabat

Alasan kamu harus traveling di masa muda yaitu kamu dapat menjalin dan membentuk jaringan. Yang aku dapatkan selama bertraveling adalah bertemu dengan orang-orang baru. Nah, tak sedikit dari mereka hingga saat ini masih berkomunikasi dan tetap menjalin silaturrahmi.

Kenapa kamu butuh membentuk jaringan? Karena, semakin luas lingkaran pertemananmu, maka akan semakin membuat dirimu kaya. Kaya dalam hal apa? Yaitu kaya akan ilmu, pengetahuan, dan juga kaya akan rezeki yang tak terduga lainnya. Rezeki tak selalu dinilai dengan nominal, namun bertemu dengan orang baik disekitamu, juga merupakan rezeki yang sangat baik.


Baca juga:

Rindu Traveling? Ini Hal Yang Bisa Kamu Lakukan, Journeyers!

Menghadapi Covid-19 (Virus Corona), Kamu Mau Jadi Traveler Bijak Atau Traveler Egois?


Tak hanya menemukan karaktermu, tapi mampu memahami karakter orang sekitarmu

Apa saja alasan kamu harus traveling

Ada pelajaran yang didapatkan saat kita ke alam. Yah, karena aku sangat suka traveling alam, jadi aku banyak menemukan pelajaran yang berharga. Alam takambang jadi guru, aku teringat pepatah Minang yang ini. Alam mampu mengajarkan kita tentang kehidupan.

Saat kamu traveling ke alam, seperti curug, pantai, dan gunung. Kamu mampu mengetahui karakter kamu sebenarnya seperti apa. Karena saat kita traveling, karakter asli kita akan terlihat jelas. Apakah kita egois? Pengertian? Sabar? Ceroboh dan lainnya.

Dan secara tidak langsung, kamu pun akan mengamati karakter teman disekitarmu. Hal itu membuatmu akan lebih memahami orang lain dan menerima akan perbedaan.

Menyadarkanmu akan makna bersyukur

Alasan kamu harus traveling di masa muda berikutnya adalah kamu akan lebih banyak bersyukur. Saat kita menjelajahi suatu tempat, tak slalu mulus dan baik-baik saja. Tak sedikit kejadian-kejadian tak terduga yang akan kamu alami.

Aku pernah melakukan perjalanan yang membuatku nyasar gak tahu jalan. Dan sinyal untuk jaringan google maps pun tidak ada. Khawatir? tentu. Namun, aku bersyukur karena aku masih bisa menemukan jalan pulang.

Atau saat kamu mendaki gunung, kamu akan lebih banyak bersyukur karena perbedaan kondisi yang kita rasakan. Mau makan? Kudu masak seadanya, wkwk. Ingin menikmati keindahan puncak, kamu harus melakukan pendakian yang ekstrim dan butuh usaha. Kamu yang suka mendaki gunung, tentu paham akan sensasi ini. Hihih.

Memiliki pengalaman yang dapat kamu ceritakan

Pengalaman akan memberikanmu pelajaran dan kenangan. Dan perjalanan pun demikian. Kamu dapat berbagi cerita dan pengalaman dari kenangan dari perjalanan tersebut. Mungkin ke keluarga, teman atau orang sekitarmu, bahkan pembaca yang sedang membaca tulisanmu.

“Nak, ini Mama disaat masih muda” mungkin ini akan terlontarkan darimu ke anakmu suatu saat nanti, sembari melihatkan potrait masa mudamu.

Tak hanya itu, kamu pun dapat memperhatikan dan menikmati perbedaan yang terjadi dari masa ke masa. Seperti, “dulu aku pernah kesana, tapi sekarang sudah berbeda, sudah mengalami perubahan”. Seperti halnya orang tuamu, nenekmu, atau saudaramu menceritakan pengalamannya.

Sangat menyenangkan, bukan? Jadi, jangan merasa jika traveling hanya untuk berfoya-foya, terlihat mewah dan gak ada faedahnya. Justru, jika kamu membuka matamu dan pikiranmu secara terbuka, banyak sekali manfaat dan alasan kamu harus traveling di masa muda.

Inilah yang aku dapatkan dari perjalananku. Semoga kamu juga mendapatkan faedah dari perjalananmu. Tak hanya untuk dikenang, namun menjadikannya sebagai pengalaman yang berharga bagimu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like