Hai, Journeyers!

Mari kita kembali membahas destinasi wisata yang ada di Bandung bagian Selatan. Yaitu Situ Cileunca Bandung.

Bandung sendiri memiliki banyak spot wisata alam yang masih asri dan menjadi destinasi favorit untuk healing. Keindahan alam dan ketenangan serta keasrian ini, menjadi daya tarik tersendiri.




Kali ini kita bahas salah satu destinasi yang menjadi favorit di Bandung ini sangat cocok untuk kamu yang suka menikmati wisata air. Karena di lokasi ini banyak tersedia pilihan paket wisata berkaitan dengan air.

Bagi kamu yang ingin ke Situ Cileunca, yuks, simak infonya, Journeyers!

Lokasi Wisata

situ cileunca rafting
Foto: instagram.com/_kopites_man

Danau wisata ini berada di Desa Wanasari, Pangalengan, Bandung Selatan. Danau ini memiliki kedalaman hingga 17 m dan luasnya mencapai 1.400 hektar.

Jaraknya sekitar 5 km dari Kota Bandung dan ditempuh dengan kendaraan sekitar 2 jam. Untuk ke lokasi ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi juga.

Kesejukan alam yang dijanjikan oleh Situ Cileunca ini pun jadi daya tarik tersendiri.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan

Harga tiket masuk lokasi wisata ini bervariasi, Journeyers! Untuk orang dewasa dikenakan sebesar Rp. 5.000,-. Dan untuk anak-anak dikenakan biaya Rp. 2.500,-.

Harga ini tentunya sangat terjangkau bagi masyarakat yang ingin berwisata disini. Oh iya, perlu kamu ketahui, biaya parkir di lokasi ini, untuk mobil dan bus sebesar Rp. 4.000,-, sedangkan motor sebesar Rp.2.000,-.

Bagaimana? Liburan ini bisa menerapkan dengan hemat budjet, bukan?

Transportasi Menuju Situ Cileunca

situ cileunca glamping
Foto: instagram.com/_kopites_man

Dari informasi yang aku dapatkan, jika dari Exit Tol Soroja via Banjaran-Cimaung-Pangalengan akan dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.

Untuk akses jalan pun kamu bisa pilih, jika kamu mengendarai mobil dapat lewat Kampung Cibuluh, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan.

Sedangkan untuk pengguna motor bisa melalui akses Jembatan Cinta Pangalengan.

Untuk pengendara mobil, disarankan menyeberang menggunakan perahu dari Datar Orok Situ Cileunca.


Baca juga:

Sunrise Point Cukul Pangalengan, Yuks, Simak Infonya!

Menyusuri Keunikan Kampung Naga Tasikmalaya


Jam Operasional

Destinasi wisata ini bisa kamu nikmati dari hari senin hingga minggu di pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Namun bagi yang ingin kemping di lokasi ini akan diizinkan menginap semalam hingga pagi. Karena lokasi ini terdapat area camping, lho.

Aktivitas di Situ Cileunca Bandung

Nah, bagi kamu pecinta wisata air, disini banyak tersedia fasilitas wisata yang bisa kamu nikmati. Dan lokasi ini pun menyediakan beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan. Diantaranya sebagai berikut:

1. Rafting atau Arung Jeram

situ cileunca penginapan
Foto: instagram.com/palayangancom

Rafting Situ Cileunca sangat direkomendasikan tidak hanya untuk yang sudah terbiasa namun juga untuk pemula pun bisa menikmatinya.

Karena, kondisi sungainya tenang, tidak begitu curam dan tidak begitu menantang.

Untuk harga paketannya pun bervariasi, dari Rp.150.000,- hingga Rp.575.000,-. Untuk pastinya kamu bisa cek harga paket rafting di website atau paket yang tersedia di lokasi tersebut.

Rafting di Situ Cilunca ini tergolong tingkat 4, memiliki panjang hingga 5km dan akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam.

Jadi, akan seruuu banget, nih, Journeyers! Gimana? Penasaran, bukan?

2. Camping Ground

situ cileunca bandung
Foto: instagram.com/tripmurah_id

Fasilitas berikutnya yang bisa kamu nikmati adalah nge-camp ditepi danau. Menikmati kesejukan alam sembari menikmati keindahan danau.

Untuk peralatan camping pun bisa kamu bawa sendiri atau sewa di lokasi wisata.

Dalam cuaca yang bagus, kamu bisa menikmati keindahan langit malam di lokasi ini.

Selain berkemah, kamu juga bisa menikmati kesejukan alam di Situ Cileunca dengan memancing ikan di tepi danau. Wah, menyenangkan sekaliii!

3. Perahu Motor

Aktivitas berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengelilingi danau ini dengan menggunakan perahu motor.

Untuk menikmati fasilitas perahu motor, kamu dikenakan biaya Rp.7.500,-/orang. Dan dari informasi yang di dapatkan, biasanya banyak peminat untuk naik perahu motor. Jadi, kamu harus bersabar dalam mengantri.




4. Jembatan Cinta

Jembatan yang melintasi danau ini, merupakan jembatan penghubung antara 2 desa. Asal penamaan jembatan ini tak ada cerita khusus,  namun dikarenakan setiap sore jembatan ini banyak dikunjungi oleh pasangan-pasangan yang sedang berkencan.

Tapi, tak sedikit yang mengatakan bahwa pasangan tersebut berasal dari 2 desa yang terhubung. Sebab itulah jembatan ini disebut jembatan cinta.

5. Villa atau Penginapan

Disekitar danau ini, kamu juga bisa menginap di villa yang tersedia. Dan harganya pun terbilang terjangkau karena sekitaran Rp.100.000,-an dengan fasilitas yang bisa kamu nikmati.

Jadi, bagi yang ingin menginap tapi tidak mau camping, bisa memilih untuk menginap di villa sekitar lokasi wisata ini.

Itulah informasi terkait lokasi wisata Situ Cileunca Bandung. Bagaimana, Journeyers? Apakah kamu tertarik? Yuks, cusss!

 

7 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like