Hemat Bertraveling? Rute Curug Nangka dari Stasiun Bogor

Hai, Journeyers!

Pembahasan tentang curug menjadi suatu yang menyenangkan. Kenapa tidak? Lokasi yang memberikan kesejukan alam selalu menjadi buruan yang menyegarkan. Salah satunya adalah curug Nangka yang terdapat di Bogor.

Sebagai orang yang memiliki hobi untuk traveling di alam, curug selalu menjadi salah satu tujuan destinasi yang masuk ke traveling list-ku. Mungkin diantara Journeyers juga memiliki hobi yang sama denganku?

Btw, jika curug Nangka menjadi salah satu tempat tujuan destinasi wisatamu. Kamu sangat tepat untuk membaca artikel ini. Karena aku akan membahas rute curug Nangka dari stasiun Bogor. Pastinya kamu tak perlu mengeluarkan budjet tinggi untuk berwisata alam. Karena liburan ke curug Nangka sangat cocok menjadi traveling hemat bagi kamu.

Ke Curug Naik Kereta

rute perjalanan curug nangka

Bagi aku, berwisata kemana pun sebisa mungkin untuk meminimkan budjet. Hal ini dikarenakan aku ingin saving money untuk trip selanjutnya. Hihi. Tapi, ada beberapa orang memilih untuk traveling dengan rela mengeluarkan budjet agar mereka bisa menghematkan waktu dan lebih praktis untuk menikmati liburannya.




Untuk menikmati keindahan alam curug Nangka, kamu bisa menggunakan kereta menuju Bogor. Jika kamu berasal dari luar Bogor, sebagai meeting point yang paling mudah adalah stasiun Bogor. Karena kamu akan dimudahkan akses dari stasiun Bogor ke curug Nangka dari sini.

Jika kamu dari Jakarta, cukup mengocek saku Rp.12.000,- untuk pp menuju Stasiun Bogor.

Menuju Curug Nangka Menggunakan Angkot

Jadi, perjalanan kamu tak hanya sampai stasiun Bogor. Perjalanannya masih berlanjut, karena jarak dari Stasiun Bogor ke Curug Nangka sekitar 14.4 km. Cukup jauh yaa? Iya wajar, karena lokasi Curug Nangka itu merupakan salah satu air terjun yang ada di kaki gunung salah. Termasuk dalam Taman Nasional Halimun Salak. Yang berada di Desa Sukajadi, Tamansari, Bogor.

Saat keluar dari Stasiun Bogor, maka saran dari aku, kamu bisa berjalan ke Mall BTM Bogor yang berjarak sekitar 1.4 km dari stasiun Bogor. Ini hanya memakan waktu sekitar 18-20 menit saja. Kenapa aku menyarankan untuk berjalan? Padahal kamu bisa saja naik angkot menuju Mall BTM. Hal ini dikarenakan jika kamu naik angkot di depan stasiun, angkot akan ngetem terlebih dahulu. Tentunya ini akan memakan waktu, belum lagi macetnya area itu.




Jika sampai di Mall BTM Bogor, kamu akan melihat angkot No. 03 berwarna biru diseberang mall. Dengan sekali naik angkot saja, kamu akan diantar hingga persimpangan sebelum masuk lokasi curug Nangka. Ongkos angkot ke curug Nangka sebesar Rp. 10.000,-.

Berjalan sekitar 18 menit, kita menyebrang dari depan mall untuk naik angkot no.03 berwarna biru. Angkot ini akan membawamu menuju destinasi. Dan kamu cukup sekali naik angkot saja dengan biaya Rp.10.000,-. Dengan memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit, sesuai dengan kondisi jalan apakah macet atau tidak.

Jika kamu ragu akan persimpangan lokasi curug, kamu bisa meminta sopir angkot untuk menurunkanmu di Curug Nangka.


Baca juga:

Penasaran akan Keindahan Curug Love? Ini Keseruannya!

Pesona Curug Leuwi Lieuk, Kembaran Green Canyon Pangandaran

Menapaki kaki di Surga Tersembunyi Bogor, Curug Cikuluwung! Kuy!


Jalan kaki atau naik ojek?

rute angkot ke curug nangka dari stasiun bogor

Setelah kamu turun dari angkot, rute curug nangka selanjutnya bisa berjalan kaki atau naik ojek. Sebenarnya lokasi ini sudah dekat dengan curug Nangka. Mungkin kisaran 1 km lagi. Jika kamu keberatan untuk berjalan, maka kamu bisa memilih naik ojek yang ada di persimpangan tersebut.

Untuk ongkos yang ditawarkan oleh driver ojeknya kisaran 10-15k perorang. Harga ini bisa kamu nego jika kamu memang ingin naik ojek. Sedangkan aku dan temanku saat itu memilih untuk berjalan kaki. Iya, kami tim traveling hemat, hehe. Jadi seminim mungkin untuk pengeluaran dana.

Selain itu, karna kami memang suka jalan, jalan di kaki Gunung Salak pun tak ada ruginya, karena alam yang menyejukan tak membuat kita merasa lelah.

Lokasi Curug Nangka

jalur ke curug nangka bogor

Perjalananmu akan berakhir disaat kamu melihat pagar yang bertuliskan Welcome to Halimun Salak National Park. Karena lokasi tujuanmu sudah dekat. Memang belum langsung bertemu dengan curugnya. Karena masih ada trekking yang harus kamu lalui, heheh.

Untuk harga tiket masuk curug Nangka sebesar Rp. 17.000,-. Dan pembelian tiketnya pada gerbang masuk kedua. Nanti akan ada petugas yang berjaga di pos tiketnya.




Masih berjalan menuju kedalam, dengan dilindungi oleh pohon-pohon pinus. Memberikan kesejukan. Yakin deh, kamu gak akan merasa kelelahan. Tak lama kamu akan menemukan plang curug Nangka. Kamu tinggal telusuri dan trekking menyusuri sungai yang mana akan kamu temukan hempasan air terjun dari ketinggian, itulah curug Nangka.

Btw, setelah membaca rute curug Nangka dari stasiun Bogor ini, kamu jangan merasa lokasinya sangat jauh dengan rute yang ribet. Karena jika kamu mencobanya sendiri, ini akan memiliki sensasi perjalanan yang menyenangkan dan sangat hemat.

Lalu, bagaimana? Apakah curug Nangka akan tetap menjadi destinasi wisatamu, Journeyers?

0 comments
5 likes
Prev post: Penasaran akan Keindahan Curug Love? Ini Keseruannya!Next post: Persiapanku Menelusuri Budaya dan Wisata Toraja Utara!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *