Hai, Journeyers!

Pada tanggal 10 Maret 2022 kemarin, aku mengunjungi sebuah pameran digital Magister Raffaello, seorang seniman Italia. Awalnya aku tidak tahu ada pameran ini. Karena di hari yang sama, aku pergi ke Ciputra Artpreneur untuk mengikuti konser online BTS Permission to Dance on Stage – Seoul.

Aku khawatir akan mengantri panjang di lokasi tersebut, maka aku dan teman-temanku datang lebih awal di jam 10 pagi. Ternyata, saat kami datang belum begitu banyak ARMY yang hadir. Dan itu pun lebih banyak mereka yang akan tes antigen di lokasi. Aku dan teman-temanku memilih untuk antigen pribadi, jadi kami tidak perlu untuk tes antigen di lokasi.




Dikarenakan waktu konser di pukul 4 sore, dan registrasi ulang dibuka pukul 2 siang. Disamping kami menunggu registrasi dibuka, terdapat sebuah pameran. Dan kami diinformasikan oleh petugas keamanan disana, jika bosan menunggu, kami bisa untuk melihat pameran tersebut.

Aku dan temanku pun mendekati meja registrasi pameran ini. Ternyata pamerannya GRATIS, Journeyers! Aku bertanya-tanya ke panitia pameran tersebut, untuk mencari tahu rasa penasaranku. Sekilas dari penjelasannya membuatku makin penasaran. Akhirnya kami memutuskan untuk masuk dalam pameran ini.

Pameran Digital Memadukan Seni dan Multimedia

Pameran seni mahakarya Magister Raffaello
Foto: doc.pribadi

Pada saat dimeja registrasi, kamu harus mendaftar terlebih dahulu, pendaftarannya secara online klik disini, jadi kamu mengisi data dan menentukan waktu kunjungannya. Durasi dalam pameran hanya 1 jam. Karena saat itu sudah pukul 11 siang, maka kami ambil durasi pukul 11 siang hingga 12 siang.

Setelah mengisi data, kamu akan diberikan sebuah handphone dan headphone yang mana gunanya untuk mendengar penjelasan-penjelasan setiap lukisan yang disajikan dalam bentuk video pada pameran ini. Itu sebabnya dinamakan pameran digital Magister Raffaello ini disebut sebagai pameran yang memadukan seni dan multimedia. Dan kita akan diinformasikan aturan-aturan yang diperbolehkan dalam pameran.

Dalam pameran ini, terbagi beberapa area, yang mana setiap area memiliki penjelasan masing-masing yang bisa kamu dengar dari audio handphone yang diberikan oleh petugas panitia pameran. Untuk audio sendiri, kamu bisa memilih 5 bahasa yaitu Italia, Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis dan Indonesia. Setelah itu klik tombol Play pada audio.

Siapa itu Magister Raffaello?

pemeran seni Magister raffaello
Foto: doc.pribadi

Magister Raffaello adalah seorang seniman Italia yang merupakan pelukis sekaligus arsitek zaman Renaissance dari Italia. Memiliki nama lengkan Raffaello Sanzio da Urbino, dia adalah seorang seniman dengan bakat luar biasa dan merupakan salah satu tokoh ternama pada era Renaissance yang senantiasa menjunjung tinggi keindahan dan kedamaian. Karyanya pun tetap diabadikan hingga saat ini. Dan pameran digital Magister Raffaello ini pun diadakan untuk merayakan 500 tahun karya pelukis ini. Luar biasa, bukan?

Karya seni yang dia lukiskan menjadi tonggak penting dalam era Renaissance. Kita dapat melihat perjalanan hidup Magister Raffaello dan masyarakat Italia melalui karya-karyanya. Dan dalam setiap karyanya terdapat makna ideologis dari Raffaello itu sendiri.


Baca juga:

Modal Nekad! Ke Anyer Naik Transportasi Umum!!!

BTS Pop-Up Store Hadir di Jakarta, ARMY Wajib Kesini!


Ada 6 Tema Pameran Magister Raffaello

Pada pameran ini ada aturan khusus yang harus kamu hargai, Journeyers! Jadi, pameran digital ini dibagi menjadi 6 tema, yang mana masing-masing tema akan memiliki penjelasan dan tampilan video hasil karya seni Magister Raffaello yang berbeda-beda. Untuk kamu yang ingin mengambil foto/video pada pameran ini hanya diperbolehkan hingga tema 4.

6 tema yang dibagi menjadi 6 area pada pameran ini, yaitu:

1. Area 00: Seorang Seniman Unik | Pemuda Nan Menakjubkan

Pameran Seni Digital Magister Raffaello
Foto: doc.pribadi

Pada area 00, kita dapat menyaksikan lukisan potret dari sang Maestro ini dan dijelaskan tentang siapa itu Magister Raffaello. Serta diceritakan kronologi singkat perjalanan hidup sang Master yang dirangkum dalam bentuk visual.

2. Area 01: Mendiami Ruang

pameran digital magister raffaello
Foto: doc.pribadi

Pada bagian kedua ini, kita dapat menyaksikan lukisan yang bertajuk La Citta Ideale (Kota Ideal) yang terkenal pada masa sang Magister namun tak dikenal pelukisnya. Pada mahakarya ini mempresentasikan suasana budaya dan seni saat Magister Raffaello masih muda. Yang mana saat itu dunia seni budaya dikuasi oleh bangsawan Montefeltro dari Urbino.  Dan terdapat penjelasan terkait karyanya yang bersaing dengan gurunya sendiri juga.

3. Area 02: Menemukan Kembali Keseimbangan

Foto: doc.pribadi

Pada area ini, kamu akan mendapatkan informasi sebuah lukisan yang menceritakan revolusi yang dibuat oleh Raffaello. Karya ini pun akan meninggalkan sebuah semboyan yang tak terhapuskan dakam sejarah penggambaran simbol dan religius.

4. Area 03: Spiritualitas Ningrat

Pameran karya 500 tahun Magister Raffaello
Foto: doc.pribadi

Dan selanjutnya kita akan memasuki area 03, yang mana akan menampilkan koleksi indah dari Raffaello, karya yang bersifat baik awam maupun keagamaan.

5. Area 04: Ruangan-Ruangan Istana Apostolik

Karya-karya yang ditampilkan pada area 04 terdapat lukisan potret diri dari 2 orang Paus, yang mana saat itu Raffaello pernah mendapatkan tugas untuk pembuatan karya Vatikan oleh 2 orang Paus. Dan karya ini berhasil membawa kesenian Italia ke titik puncak sepanjang sejarah seni.

6. Area 05: Utopia dan Kekuasaan

Pada area terakhir ini, kita disajikan karya yang menceritakan akhir dari perjalanan hidup yang begitu cepat, baik peristiwa manis dan pahit, dengan intensitas yang jarang ditemukan. Lukisan ini dibawa oleh murid-murid sang Magister menjelang akhir hayatnya. Karya ini diletakan dibagian akhir pada pameran yang mengenang 500 tahun kematian Magister Raffaello dari Urbino.




Lokasi Pameran Magister Raffaello

Waktu sejam rasanya berlalu begitu cepat jika kamu menikmati pameran ini. Karena karya sang Maestro begitu menakjubkan dengan audio yang menjelaskan setiap karya-karya tersebut membuat kita seolah sedang diceritakan secara langsung.

Bagi, Journeyers yang ingin ke Pameran Digital Magister Raffaello ini atau kamu penasaran betapa menakjubkan karya lukisan ini. Kamu bisa langsung ke lantai 11 Ciputra Artpreneur Galery. Kamu bisa juga tanyakan pada petugas yang terdapat di depan lift untuk mengetahui lokasi pameran ini. Nanti kamu akan diarahkan langsung.

Pameran ini berlangsung dari tanggal 25 Februari-31 Maret 2022. Jadi, kamu masih bisa menyaksikan pameran megah ini. Untuk info lebih lanjut kamu bisa kunjungi akun Instagram @artpreneur , Journeyers!

 

11 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like