Hai, Journeyers!

Cara Membuat Artikel SEO – Saat awal aku memilih untuk terjun di dunia blog, yang ada dalam pikiranku, aku hanya perlu menulis saja. Mengisi konten di blog sesuka hatiku, selama itu menginspirasi dan bermanfaat untuk orang lain.

Lalu lebih dari 6 bulan ngeblog, aku merasa tulisan ku tidak begitu mendatangkan visitor. Bahkan aku pernah merasa insekyur karena mengira tulisanku tidak begitu bermanfaat bagi orang lain.

Memang awal tujuan memiliki blog untuk meninggalkan jejak tulisan perjalanan yang pernah aku lalui. Namun, semakin aku menyelami dunia blog, ternyata banyak ketentuan dan yang perlu kita perhatikan. Agar tulisan kita tak hanya nangkring di blog saja tanpa adanya viewer. Lalu, apakah saya hanya menulis untuk diri saya saja? Padahal tujuannya ingin dapat memberikan informasi juga bagi pembaca.




Hingga akhirnya, aku mengetahui, bahwa banyak hal dan kaedah agar tulisan kita bisa mendapatkan viewer dan blog kita pun bisa memiliki visitor.

Pada tanggal 10 – 16 Agustus 2022, aku masuk dalam kelas Optimasi Artikel yang mana mentornya adalah rekan aku di sahabat hosting. Yaitu Malica Ahmad. Terkait kaedah cara membuat artikel SEO Friendly, aku kagumi beliau, karna tak sekali beliau menang lomba blog SEO.

Dalam kelas yang beliau pandu, aku mendapatkan ilmu kembali terkait kaedah artikel SEO Friendly. Yuks, simak untuk cara membuat artikel SEO Friendly, Journeyers!

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik yang digunakan para blogger ataupun content writer untuk mendapatkan ranking di halaman pencarian google.

Aku sebagai blogger, sangat ingin tulisanku bisa berada di halaman pertama google. Kenapa? Karena biasanya, banyak orang saat mencari informasi di google, yang menjadi daya tarik mereka adalah artikel yang muncul di halaman pertama. Jika belum mendapatkan jawaban di halaman pertama, akan mencari di halaman selanjutnya.

Dan bagi aku, sangat apresiasi ke diri sendiri, jika tulisanku bisa berada di halaman pertama google.

Dari penjelasan tersebut, tentunya, Journeyers bisa menyimpulkan, pentingnya kita memahami cara membuat artikel SEO. Agar artikel kita bisa muncul dan di rekomendasikan oleh google sebagai artikel yang sesuai dengan keyword yang dibutuhkan pembaca.

Cara Membuat Artikel SEO dengan Menerapkan 2 Jenis SEO

Dalam proses penulisan artikel SEO Friendly, kamu perlu mengetahui 2 jenis SEO yang harus kamu terapkan pada artikel.

1. SEO on page

SEO on page merupakan salah satu optimasi artikel agar tulisanmu lebih mudah dipahami melalui keyword yang digunakan. Hal ini akan memudahkan viewer menemukan tulisan yang sesuai dengan kata kunci.

Adapun bagian yang harus diperhatikan dalam SEO on page adalah sebagai berikut:

  • meta description

Pada meta description, kanu perlu menginput kembali kata kunci artikel mu. Ringkas dan padat. Biasanya lebih kurang 20 kata. Tidak perlu terlalu panjang.

  • URL title

Pada url, kamu juga harus mencantumkan kata kuncimu. Karena ini akan mempermudah google membaca keberadaan artikelmu.

  • Penempatan kata kunci

Penempatan kata kunci juga akan mempengaruhi tulisan kita mudah ditemukan pada halaman google. Dan kamu perlu memerhatikan penempatan dan banyak kata kunci terdapat dalam tulisanmu.

 cara membuat artikel seo checker

  • alt text untuk gambar

Kenapa pada gambar juga perlu dicantumkan kata kunci? Karena terkada ada pembaca yang mencari informasi berdasarkan gambar yang mereka temukan. Maka kamu perlu mencantumkan kata kunci pada alt text gambar yang digunakan dalam artikel yang kamu tulis.

  • tag title

Hal yang sama berlaku juga pada tag title, kamu harus mencantumkan kata kunci pada bagian ini, agar mempermudah pencarian berdasarkan tag.

  • internal link

Google biasanya akan lebih menyukai tulisan yang saling berhubungan. Dan google akan mudah merekomendasikan tulisan kita. Jadi internal link ini, kamu perlu menautkan tulisan yang ada di blog kamu pada artikel yang kamu tulis. Sehingga pembaca juga mudah mendapatkan tulisan serupa di blogmu.

  • site speed

Site Speed juga mempengaruhi tulisan kita bisa nangkring di halaman pertama google. Kecepatan website yang lama, akan menimbulkan bounce rate yang tinggi. Ini akan memperburuk optimasi blog kita.

cara membuat artikel seo checker

2. SEO off page

Jika SEO on page, lebih mengoptimasi tulisan pada bagian dalam artikel. Maka SEO off page berfokus pada promosi artikel kita tersebut dari luar tulisan. SEO Off page dapat dilakukan dengan menanam backlink, melakukan link building, mempromosikan artikel kita pada media sosial.

Namun perlu kamu perhatikan dan hati-hati dalam menggunakan backlink, karena dikhawatirkan artikelmu terdeteksi sebagai spam. Jadi, kamu perlu memastikan backlink yang kamu gunakan merupakan link hidup dan tidak terdeteksi sebagai spam.

Media sosial pun kini makin banyak yang bisa kita gunakan sebagai media promosi blog kita. Seperti, Instagram, Facebook, twitter, Linked id, WA, dan lainnya.


Baca juga:

Tips Ngeblog Bagi Pemula Yang Dapat Kamu Terapkan!!!

4 Alasan Menjadi Travel Blogger Itu Menyenangkan


Optimasi artikel dengan riset Keyword

Terkadang, kita sulit dalam menentukan apakah keyword yang kita gunakan dalam artikel merupakan keyword yang banyak dicari orang. Atau memiliki persaingan yang sedikit, atau banyak. Bahkan kita juga perlu memperhatikan apakah keyword yang kita gunakan dapat menghasilkan cuan dari google adsense.

Ada beberapa tools yang dapat digunakan dalam riset keyword:

  1. Google trends
  2. Google search
  3. Ubber suggest
  4. Google search console
  5. Keywordtools.io
  6. Ahrefs
  7. MOZ

Dari tujuh tool yang bisa digunakan, aku biasanya menggunakan Ubersuggest, Keywordtools.io dan Google search console. Hal ini tergantung kenyamanan Journeyers untuk menggunakan tool yang mana.

Tulisan kita akan mudah nangkring di halaman pertama google, selain telah menerapkan SEO Friendly, yang sangat penting adalah tulisan kita itu memang sesuai dan lengkap seperti yang dibutuhkan oleh pembaca.

cara membuat artikel seo friendly

Dengan menikuti kelas optimasi artikel bersama Mba Malica Ahmad yang diselenggarakan oleh Joeragan Artikel ini, membuatku makin menambah wawasan terkait cara membuat artikel SEO friendly. Karena banyak tips-tips yang belum aku ketahui selama ini. Salah satunya membaca backlink yang baik digunakan jika kamu mengambilnya dari ubbersuggest, lalu tools yang digunakan dalam riset keyword.




Itulah ilmu cara membuat artikel SEO yang aku dapatkan dari kelas yang diadakan oleh Joeragan Artikel. Ada kalimat yang sering ku ingat, “semakin kamu mempelajari suatu bidang, semakin banyak kamu mengetahui betapa kurangnya ilmu yang dimiliki”. Karena, semakin kita belajar, semakin banyak kita mengetahui kurangnya kita.

Sekian dan semoga bermanfaat…

 

15 comments
  1. Banyak sudah layanan situs yang bisa kita gunakan buat nyari tahu tentang keyword apa saja yahg cocok dengan ide artikel yang ingin kita garap ya. Situs yang kumanfaatkan baru dia dari yang Mbak ova sebutkan.

  2. Daku tadinya mau baca konsen tentang artikel SEO tapi kedistrak melihat IKLANNYA, soalnya jadi kurang nyaman bacanya HEHE, maaf ✌️
    Intinya sebagai blogger memang perlu ya SEO diterapkan.

  3. Setuju sekali, ternyata menulis di blog tidak hanya menulis saja, banyak sekali strategi yang harus digunakan supaya artikel kita banyak dibaca orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like