Hai, Journeyers!

Tahun 2024 menjadi tahun banyak artis internasional yang mengadakan world tour, dan Singapura menjadi salah satu negara di Asia yang menjadi lokasi konser mereka. Begitu pun aku ke Singapura untuk menemani teman yang nonton konser.

Akhir bulan Januari 2024, untuk pertama kalinya aku traveling ke luar negeri yaitu negara Singapura dan Malaysia. Aku mengira akan ke luar negeri pertama kalinya ke Korea atau Mekkah. Karena hanya 2 negara ini menjadi fokusku selama ini.

Persiapan liburan ke Singapura ini terpikirkan kali pertama di saat salah satu temanku mendapatkan tiket konser Coldplay di Singapura di tahun lalu. Karena dia satu-satunya diantara kami yang mendapatkan tiket konser Coldplay.

“Bagaimana kita nganterin Tari sembari liburan?” itulah celetuk kami saat merencanakan untuk ke Singapura. Hingga akhirnya, kami mulai mempersiapkan semua kebutuhan yang penting untuk ke Singapura.

Singapura menjadi salah satu negara yang banyak didatangi oleh wisatawan. Tak terkecuali wisatawan di Indonesia. Selain negara tetangga yang berdampingan dengan Indonesia, Singapura pun menyuguhkan banyak destinasi menarik sehingga banyak orang yang liburan disana.

Bagi kamu yang ingin liburan di Singapura, kamu harus baca tulisan ini sampai akhir ya. Jadi, apa saja persiapan liburan ke Singapura? Simak yuk, Journeyers!

1. Paspor

Hal yang pertama untuk kamu sediakan adalah paspor. Karena semua transaksi yang dilakukan untuk luar negeri kamu membutuhkan paspor. Entah itu untuk pembelian tiket pesawat, tiket penginapan dan lainnya.

Untuk cara pembuatan paspor sendiri saat ini juga sangat mudah dan berlaku selama 10 tahun. Jadi, jika kamu punya keinginan untuk liburan luar negeri, kamu bisa persiapkan dari sekarang.

Oh iya, ke Singapura kita tidak membutuhkan visa, jadi kita tak perlu mempersiapkan visa, ya, Journeyers!

2. Tiket Pesawat

Persiapan kedua untuk liburan ke Singapura adalah membeli tiket pesawat pulang pergi. Saat pembelian tiket pesawat, kita butuh paspor sebagai kartu tanda identitas, sebab itu perlu kamu sediakan paspor terlebih dahulu ya.

Kenapa harus beli pulang pergi? Yang pertama adalah agar kita tidak kewalahan saat liburan untuk memikirkan tiket pulang.

Tapi yang lebih penting adalah ketika di kantor imigrasi, pasti kamu akan ditanyakan dan diminta bukti bahwa kamu sudah beli tiket pulang pergi. Karena hal ini untuk menghindari adalah penyusupan TKI ilegal ke negara tujuan.

Saran aku, belilah tiket pesawat jauh hari jika kamu sudah memiliki tanggal untuk liburan. Hal ini dikarenakan bisa harganya lebih hemat dan tidak memberatkan kamu untuk pengeluaran sekaligus.

Aku sendiri membeli tiket pesawat untuk persiapan liburan ke Singapura sejak 4 bulan sebelum keberangkatan.

3. Tentukan destinasi yang ingin dikunjungi

Pada liburan di Singapura ini, aku menyerahkan ke teman-temanku untuk destinasinya. Karena menurutku semua destinasi sangat worth it untuk dikunjungi.

Setelah kami diskusi panjang, akhirnya kami memutuskan untuk ambil destinasi yang tidak jauh dari National Stadium Singapore lokasi konser Coldplay. Agar memudahkan kami dalam akomodasi transportasi dan tidak banyak memakan waktu untuk kemana saja.

4. Sewa penginapan

Tips persiapan liburan ke singapura
Foto: hotelbencoolen.com

Setelah kita menentukan destinasi lokasi yang ingin kita kunjungi, hal berikutnya adalah mencari penginapan. Kami memastikan untuk lokasi penginapan ini tidak jauh dari stadium konser dan tidak jauh dari lokasi transportasi umum seperti MRT.

Untuk penginapan sendiri, aku dan teman-teman memilih di Hotel Bencoolen Singapore. Lokasinya sangat strategis karena diseberang hotel kami adalah MRT Bencoolen dan tak jauh dari sana tempat pemberhentian bus.

Penginapan ini harus kamu sediakan sebelum kamu berangkat, karena pasti akan ditanyakan juga oleh pihak imigrasi bandara.

5. Pertimbangkan untuk akses internet

Meskipun di negara maju untuk akses internet publik cukup mudah, namun harus kamu ingat, bahwa tidak semua titik terdapat wifi publik. Jadi, kamu harus pertimbangkan untuk internet selama di luar negeri.

Awalnya kami mempertimbangkan untuk menggunakan JavaMifi. Karena modem ini banyak direkomendasikan oleh traveler untuk bepergian keluar negeri. Modem ini pun bisa digunakan 1 modem untuk 5 perangkat yang terhubung dan adanya FUP (Fair Usage Policy) yang artinya batas pemakaian normal.

Setelah kami pertimbangkan, menggunakan JavaMifi cukup merepotkan, adanya FUP dan deposit saat pembelian awal. Kenapa merepotkan? Karena aku dan empat temanku yang lainnya tidak selalu bersamaan.

Seperti temanku yang konser, kami akan berpisah di depan venue konser dan jika menggunakan modem ini tentunya dia akan terpisah tanpa adanya akses internet. Dan ini akan menyulitkan kami untuk komunikasi saat dia selesai konser.

Akhirnya, kami membeli kuota roaming dari kartu yang kami miliki dan bisa sharing juga karena kuotanya banyak. Aku menggunakan kartu 3 dengan paket 100 GB dengan harga 100k berlaku selama 7 hari.

6. Adapter, Tisu Basah dan Tisu Kering

Ketiga hal diatas merupakan persiapan yang perlu kamu sediakan saat akan liburan ke Singapura. Di beberapa negara luar negeri, mereka menggunakan adapter type G (Kaki tiga).

Sedangkan rata-rata kita menggunakan adapter yang bukan type G. Jadi, agar kamu tidak kesulitan untuk mengisi ulang daya HP ataupun powerbank kamu, kamu bisa sediakan adapter ini, minimal 1 buah. Atau jika kamu pergi berombongan, bisa sediakan 2/3.

Lalu kamu perlu sediakan tisu basah dan tisu kering. Yang perlu kamu ketahui, untuk toilet di Singapura rata-rata tidak lagi menggunakan bidet. Jadi, mereka hanya menggunakan tisu.

Tapi untuk kita orang Indonesia tentunya tidak terbiasa dengan kebiasaan ini. Kalau tips dari aku, sediakan saja satu botol air mineral yang diisi air untuk setiap kami kamu ke toilet. Simpan botol tersebut hanya untuk ke toilet. Botol kecil saja agar tidak memakan tempat saat kamu bepergian.

7. Cek Perkiraan Cuaca

Pastikan terlebih dahulu kamu melakukan pengecekan perkiraan cuaca di tanggal yang telah kamu tentukan beberapa hari sebelum kamu berangkat. Agar kamu dapat memperkirakan apa saja yang perlu digunakan selama disana.

Jika saat musim hujan, kamu bisa menyediakan jacket, shoes cover, baju ganti lebih dan lainnya.

8. Alat Pembayaran Transportasi Publik

cara persiapan liburan ke singapura

Saat ini kita sudah dipermudah untuk transportasi selama di Singapura. Karena kita tak harus membeli EZ Link atau kartu transportasi Singapura. Menurutku sangat sayang jika kita membeli kartu hanya untuk liburan selama seminggu disana. Kecuali kita ada kemungkinan akan balik lagi kesana.

Untuk itu, aku memilih menggunakan Kartu debit contactless yang sudah ada logo internet di kartunya. Sejauh ini yang aku ketahui, kartu debit yang bisa digunakan di Singapura ada debit BCA, Jenius, dan Bank Jago.

Pastikan kamu mempersiapkan minimal 2 kartu debit dari bank tersebut, agar jika terjadi kendala, kamu bisa menggunakan kartu cadangan. Kartu kredit contactless pun juga bisa digunakan.

Kartu debit BCA, Jenius dan Jago sangat efektif untuk digunakan selama di Singapura.

9. Isi Form My ICA dan Beacukai ECD

Nah, ini persiapan liburan ke Singapura selanjutnya, Journeyers! Karena kalo kamu gak isi form ini, kamu tidak bisa masuk ke Singapura ataupun kembali ke Indonesia.

My ICA (Immigration & Checkpoints Authority) merupakan formulir elektronik yang disediakan oleh Imigrasi Singapura untuk mendata warga asing yang masuk ke negara mereka. Atau dikenal dengan SG Arrival Card.

Ada beberapa pertanyaan detail yang perlu diisi pada form ini. Dan jadwal pengisiannya 3 hari sebelum keberangkatan atau kita sampai di Singapura.

Kamu bisa download aplikasinya di App Store dan Play Store. Pastikan data yang diinput benar dan sesuai dengan paspor kita.

Sedangkan Beacukai ECD merupakan form yang perlu kita isi saat kita akan kembali ke Indonesia. Ini bisa diisi beberapa saat sebelum penerbangan.

Isi semua data sesuai dengan barang yang kita bawa, semisal kita beli barang elektronik atau brand tertentu juga diisi.

Karena setiap kita melewati imigrasi, baik do Singapura atau Indonesia, masing-masing akan meminta barcode telah mengisi form tersebut.

10. Aplikasi Penting Penunjang Perjalanan

liburan ke singapura habis berapa

Untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan ke Singapura tanpa travel agen atau tour guide, kamu butuh aplikasi-aplikasi berikut.

  • Visit Singapore

Untuk kamu mengetahui lokasi dan informasi wisata yang ada di Singapura dan ada beberapa wisata yang gratis untuk dikunjungi.

  • Citymapper

Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui rute MRT dan bus selama di Singapura. Jujur ini sangat bermanfaat!

Jika kamu sudah bisa baca Citymapper dijamin tidak ada drama nyasar. Hihi

  • Google maps

Pastikan aplikasi ini sudah kamu update ya, agar berfungsi dengan baik. Karena di Singapura lebih banyak jalan kaki. Aplikasi ini juga sangat bermanfaat.

Selama di Singapura, petunjuk jalan sangat jelas dan tertata. Sehingga kita mudah untuk mengikuti arahan google maps ataupun citymapper.

 11. Itinerary perjalanan

Ini perlu kamu buat sebelum kamu berangkat. Kamu buat daftar perjalanan kamu selama kamu di Singapura. Saat di imigrasi ada kemungkinan akan ditanyakan.

Setidaknya secara garis besar terlebih dahulu sehingga kamu memang memiliki tujuan sesampai disana.

12. Menukar Mata Uang

Meskipun debit / kredit card sudah dapat digunakan di Singapura, tapi kamu tetap perlu melakukan penukaran uang rupiah menjadi dollar Singapura.

Karena tak semua tempat yang bisa menggunakan debit. Dan juga tentunya ada perbedaan antara pembayaran cash dengan debit.

Biasanya nilai tukarnya ada sedikit perbedaan meskipun aku tidak mengetahui dengan jelas nominalnya.

Ada teman yang mengatakan sekitar beberapa ratusan rupiah saja.

13. Bawa Tumbler/Botol Minum

Persiapan liburan ke Singapura selanjutnya alaha menyediakan tumbler atau botol minum. Hal ini untuk menghemat pengeluaran kita terkait air minum. Karena di beberapa tempat umum atau wisata di Singapura terdapat kran air bersih yang bisa di minum.

14. Pakaian dan Sepatu Nyaman

Untuk poin ini berkaitan dengan poin ke 7, pakaian yang nyaman dan menyesuaikan cuaca yang sedang terjadi di Singapura.

Sedangkan untuk alas kaki, gunakan sepatu yang nyaman agar tidak mudah capek dan pegal. Karena selama di Singapura kita akan lebih banyak berjalan kaki.

15. Kondisi tubuh fit

Setelah kamu mempersiapkan semua kebutuhan diatas, kamu harus mempersiapkan juga kesehatan fisik kamu.

Karena selama di Singapura kamu akan lebih banyak berjalan, ini akan membuat kamu mudah lelah jika kondisi tubuh tidak fit.

Dan setiap perjalanan akan menyenangkan jika tubuh kita lebih fit. Tentunya kamu tak akan menyia-nyiakan momen kan?

Nah, itulab 15 persiapan liburan ke Singapore yang harus kamu ingat dan jangan sampai terlupakan satu pun ya, Journeyers!

33 comments
  1. Betul banget sih. HArus pakai sepatu nyaman. Karena jalan-jalan di Singapore bakalan menuntut kita jalan kaki terus. Naik turun list buat naik MRT. Tapi aku sukaaa jalan-jalan di Singapore. Oh iya jangan lupa bawa koyo mba. Buat ditempel di kaki pas mau tidur. Hehehe

  2. WaH INFORMASI YANG BERMANFAAT NIH KAK, MALAH GAK ADA PANDANGAN KALAU MESTI BAWA TISU KERING DAN B ASAH YA, DAN AIR MINERAL UNTUK KE TOILET. BISA BISA BINGUNG SENDIRI KALAU NYAMPE SINGAPURA

  3. sangat setuju, aku jg dulu persiapannya itu semua. Liburan itu wajib persiapan mateng semuanya biar pas liburannya ga ribet

  4. Singapore ini juga negara pertama yg aku kunjungi n, dan baru tau skrg WC NY g pake bidet yaa, huhuu, buat org indo penting ini, Makasih lowh infonya, sangat bermanfaat, mudah2an bisa kesana lagi, Aamiinn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like