Hai, Journeyers!

Tak terasa kita sudah berada di bulan penghujung pergantian tahun ini. Pasti banyak rencana yang akan dihabiskan untuk hiburan akhir tahun. Aku merasa tahun ini berlalu begitu cepat, disaat pengecekan sisa cuti, ternyata masih ada 5 hari lagi yang bisa digunakan. Sayang banget kan kalau tidak digunakan. Jadi aku memutuskan untuk mencari rekomendasi tempat wisata untuk hiburan akhir tahun aku, Journeyers!

Biasanya liburan akhir tahun membutuhkan budjet yang lumayan tinggi. Namun, setelah aku mencari tahu, kamu masih bisa menghabiskan masa cutimu di pertengahan bulan depan. Kenapa demikian? Karena untuk pertengahan bulan Desember, kisaran tanggal 10-18 Desember 2022 harga transportasi pesawat masih terbilang normal.




Dengan kemajuan teknologi dan penggunaan Paket Internet Cepat dari IndiHome yang merupakan bagian dari Telkom Group. Jadi, aku akan merangkum beberapa rekomendasi tempat wisata akhir tahun yang wajib kamu kunjungi, ini, Journeyers!

Tempat wisata ini  juga ada yang merupakan wishlist travelling akhir tahun. Yuks, kepoin!

1. Banyuwangi, Jawa Timur

travelling akhir tahun
Foto: doc.pribadi

Rekomendasi tempat wisata yang masuk ke wishlist travelling akhir tahun aku adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Aku sangat merekomendasikan Banyuwangi sebagai salah satu wisata alam terbaik yang pernah aku kunjungi. Untuk ke Banyuwangi sendiri, aku melakukan backpacker-an bersama salah satu temanku. Dan kami bisa menghematkan pengeluaran selama di Banyuwangi.

Untuk ke Banyuwangi dari Jakarta, kita bisa menggunakan pesawat atau kereta api. Jika kamu ingin budjet yang hemat, disarankan bisa menggunakan kereta api saja. Namun tentunya kamu harus memiliki banyak waktu.

Dari Jakarta ke Banyuwangi, kita perlu transit terlebih dahulu di Stasiun Gubeng, Surabaya, lalu akan melanjutkan perjalanan ke stasiun Karangasem, Banyuwangi. Atau kamu juga bisa menggunakan travel bus untuk ke Banyuwangi dari Surabaya.

Kisaran biaya transportasi menggunakan kereta api lebih kurang Rp.800k pulang pergi. Dan selama di Banyuwangi, kamu bisa sewa motor untuk transportasimu di penginapan sekitaran stasiun.

Ada beberapa destinasi yang bisa kamu datangi selama di Banyuwangi, yaitu Kawah Gunung Ijen, Pantai Pulau Merah, Djawatan Forest, Taman Nasional Baluran, dan destinasi lainnya.

Jika kamu ingin menggunakan jasa trip, ada beberapa jasa trip yang dapat kamu gunakan, dan biayanya biasanya tergantung dimana titik pertemuan kalian. Serta fasilitas dan destinasi yang dituju.

2. Nusa Penida, Bali

travelling akhir tahun 2022
Foto: expedia.co.id

Liburan ke Bali merupakan salah satu destinasi impian aku yang hingga saat ini belum terealisasikan. Karena selalu saja ada penghalang untuk aku liburan di Bali. Apakah akhir tahun ini aku bisa menikmati liburan di Bali?

Wah, ini masih menjadi pertanyaan sendiri. Liburan boleh, tapi tetap sesuai budjet ya. Sebelum memutuskan kamu mau liburan, tentunya pastikan apakah budjetnya sudah sesuai dengan yang kamu miliki. Nah, kira-kira berapa sih budjet ke Bali? Ini rangkuman secara garis besar dari aku yaaa, bisa lebih atau lebih hemat.

Kisaran tiket pesawat pulang- pergi dari Jakarta ke Bali sebesar lebih kurang Rp. 1.5jt – 1.6jt untuk penerbangan pertengahan bulan depan. Lalu jika kamu mau menggunakan jasa trip di Bali, semisal tujuanmu ke Nusa Penida saja atau beberapa destinasi di Bali?

Dari yang aku dapatkan, ada jasa trip yang menyediakan beberapa destinasi di Bali dan ke Nusa Penida hanya one day trip, selebihnya ke destinasi lain yang ada di Bali. Jasa trip ini menakarkan harganya sebesar Rp. 1,9jt hingga 3,2jt untuk trip selama 3 hari 2 malam. Ini tidak termasuk tiket pesawat, hanya kendaraan penjemputan dari bandara Ngurah Rai ke Hotel, Hotel, harga tiket masuk destinasi yang termasuk dalam trip dan biaya one day trip ke Nusa Penida. Harga bervariasi tergantung dengan hotel yang kita pilih.

Nah, itu masih garis besarnya saja, belum budjet untuk oleh-oleh dan lainnya. Jadi bisa diperkirakan akan memakan budjet total kisaran Rp. 4jt-5jt.

Namun, kamu juga bisa melakukan backpacker tanpa menggunakan jasa trip, justru ini akan lebih hemat dan memilih destinasi yang kita inginkan sendiri. Hanya saja, jika kamu ingin backpacker-an, tentunya kamu harus mencari tahu secara detail lagi. Karena sangat mudah untuk mendapatkan informasi saat ini menggunakan Paket Internet Cepat dari IndiHome.


Baca juga:

Pendakian Gunung Bongkok Purwakarta, Worth It Gak Sih?

Ide Bisnis Baru Dari Youtube Dengan Fast Internet Provider Indonesia

Ngefangirl Untuk Healing Dengan Internetnya Indonesia Tanpa Batas!


3. Karimunjawa

rekomendasi travelling akhir tahun
Foto: dolanyok.com

Beberapa waktu lalu, temanku tiba-tiba menghubungi aku. Dia mengajakku untuk liburan akhir tahun. Mengingat sisa cutiku memang masih banyak. Begitu banyak rencana yang ingin dilakukan. Lalu dia menceletuk untuk ke Karimunjawa.

Dia sangat menyukai pantai, wajar ajakannya kali ini kembali ke Pantai. Karimun Jawa merupakan salah satu destinasi favorit yang aku idamkan juga.

Aku pun mencari tahu untuk budjet liburan di Karimunjawa. Karimunjawa merupakan kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Jika dari Jakarta, kita bisa menggunakan KAI menuju stasiun di Yogyakarta. Dari Stasiun di Yogyakarta, ambil travel menuju Jepara. Beberapa jasa trip ada yang menyediakan travel dari stasiun Yogyakarta menuju Jepara. Nah, di Jepara nanti kita akan menuju Pelabuhan Kartini. Kita bisa memilih untuk menggunakan kapal ferri atau speedboat. Tentunya ada perbedaan harga dari keduanya.

Budjet tiket KAI dari Jakarta ke Yogyakarta kisaran Rp. 500k jika kamu tidak mendapatkan kereta yang harganya Rp. 74k. Hihii. Lalu jika menggunakan jasa trip, kisaran harganya ada Rp. 900k hingga 1,5jt. Ini tergantung berdasarkan fasilitas yang disediakan. Jika ditotalkan, budjet yang dibutuhkan sebesar Rp. 2jt-3jt.

Untuk kamu yang sangat menyukai pantai, sangat direkomendasikan ke Karimunjawa. Bagaimana, Journeyers?

4.  Bukittinggi, Sumatera Barat

wishlist traveling akhir tahun ini apa
Foto: doc.pribadi

Kenapa salah satu destinasi rekomendasi tempat wisata untuk hiburan akhir tahun salah satunya Bukittinggi, Sumatera Barat? Karena, kota yang dijuluki Kota Wisata ini memiliki banyak keindahan yang dapat kita nikmati juga.

Di Bukittinggi, kita bisa melihat langsung Jam Gadang, yang sebagai ikonik kota Bukittinggi. Lalu, ke wisata sejarah di Lobang Jepang serta menikmati keindahan alam Ngarai Sianok.

Tak hanya itu, jika kamu dari Bandara Internasional Minangkabau, menuju ke Bukittinggi, kamu juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Lembah Anai yang berada di tepi jalan.

Kira-kira berapa sih budjet ke Bukittinggi? Mari kita berselancar kembali di google menggunakan Paket Internet Cepat yang akan memudahkanmu mendapatkan informasi.




Untuk penerbangan dari Jakarta ke Padang, untuk tiket pesawat lebih kurang Rp. 2,8-3jt pulang pergi. Lalu, dari Bandara ke Bukittinggi, biasanya menggunakan travel bus, lebih kurang Rp. 85k. Nah, sedangkan di Bukittinggi sendiri, kamu bisa menyewa penginapan disekitaran Jam Gadang.

Ada juga beberapa jasa trip ke Sumatera Barat, yang menyediakan penginapan, hingga destinasi favorit yang ada di Sumbar. Kisaran menggunakan jasa trip ini Rp. 1,1jt hingga 2jt.

Jadi, jika mau ke Sumatera Barat dari Jakarta, akan membutuhkan Budjet lebih kurang Rp. 5jt-6jt.

Bagaimana, Journeyers? Apakah kamu sudah menentukan liburanmu dari rekomendasi tempat wisata diatas? Itulah wishlist travelling akhir tahun yang aku rangkum.

Kita sangat mudah mendapatkan informasi rekomendasi tempat wisata lainnya dengan menggunakan jaringan internet. IndiHome salah satu provider penyedia layanan internet dengan Paket Internet Cepat sangat membantu dalam mencari informasi apapun.

Semoga kamu dapat menikmati akhir tahunmu dengan berbagai aktivitas hiburan akhir tahun yang kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like