Hai, Journeyers!

Order album BTS di Weverse – Kali ini aku ingin berbagi pengalaman pertamaku order album BTS di aplikasi Weverse. Untuk sekedar informasi, aplikasi Weverse dulunya adalah aplikasi yang di peruntukan komunikasi ARMY dan BTS. Media sosial yang digunakan untuk BTS mengupdate kegiatan ataupun perasaan mereka, dan tempat ARMY mencurahkan perasaannya untuk BTS.

Namun, beberapa bulan lalu, Weverse mengembangkan jaringan, jadi aplikasi ini tidak lagi hanya untuk BTS dan ARMY. Tapi sudah menjadi tempat komunikasi para fans dengan idolnya, dengan bergabungnya berbagai grup idol lainnya dalam aplikasi ini.




Nah, termasuk untuk membeli merchandise atau album, jika ingin order langsung ke agensi tanpa melalui olshop atau jastip, kamu bisa membeli di weverse.

Bagi Journeyers, yang pernah membaca tulisanku sebelum-belumnya, pasti tahu, aku salah satu fans yang tidak memiliki album mereka sama sekali. Pertama kali aku membeli merchandise BTS adalah D’ICON PC 101 BTS. Dan album Proof akan menjadi album BTS pertama yang aku miliki, Journeyers!

Pertimbangan Memilih Beli Langsung di Weverse Shop

Ada beberapa pertimbangan di awal kenapa aku dan teman-teman memilih membeli di weverse shop. Apa saja pertimbangan aku order album BTS di Weverse? Yuks, simak!

1. Pengiriman langsung ke kita, jadi akan lebih cepat albumnya datang. Jika melalui olshop, tentunya akan memakan waktu sampai di olshop lalu harus packing lagi sebelum dikirim ke customer (Kita).

2. Harga lebih murah, karena kami membeli untuk 6 orang, dari total pembelian jika dibagi rata, harganya lebih hemat dibandingkan beli di olshop (Okay, disini kami melewatkan sesuatu, nanti akan aku bahas dibawah ya)

3. Pembeliannya bisa menggunakan CC dengan cicilan 0%. Kebetulan salah satu temanku menggunakan CC Bank Permata yang bisa cicilan 0% dengan tenor 3 bulan. Jadi, kita gak terlalu berat untuk mengeluarkan uang sekaligus, ygy. Hihih

Proses Pengiriman Album dan Hal Tak Terduga Lainnya

order album bts di weverse apa
Standart Edition

Pre-order album Proof dimulai tanggal 5 Mei – 10 Juni 2022. Album Proof ini terdiri dari 2 versi, yaitu Standart Edition dan Compact Edition. Untuk pembeliannya kita bisa memilih salah satunya, atau keduanya sekaligus.

Untuk dari segi harga, Standart Edition jauh lebih mahal, karena isinya lebih lengkap dan banyak. Sedangkan Compact Edition harganya lebih terjangkau, isinya tidak selengkap album Standart Edition.

Saat itu, aku dan temanku memilih standart edition, karena menurutku album ini lebih lengkap, ada keinginan membeli kedua versi, namun cukup mengocek saku, melebihi budjetku. No!


Baca juga:

Ngefangirl Untuk Healing Dengan Internetnya Indonesia Tanpa Batas!

Art Exhibition Jakarta “REMEDY” : 9th Anniversary BTS


Dan kami akhirnya order album BTS di minggu pertama pre-order. Tidak ada kendala, semuanya lancar dengan menggunakan CC temenku, hehe.

Masa pre-order berakhir, mulailah masa shipping dari weverse. Proses ini cukup lama dari dugaan kami, dan pihak weverse pun mengalami keterlambatan untuk pengiriman.

Karena dari informasi yang aku ketahui, album proof memecahkan rekor dengan penjualan hingga lebih dari 2.6 juta keping dalam 24 jam pertama. Daebakkk sekali, kan?

Ok, para ARMY memaklumi apabila terjadi keterlambatan pengiriman. Hingga akhirnya muncul notifikasi pada weverse, bahwa album kami sudah mulai dikirimkan ke Indonesia menggunakan ekspedisi FEDEX.

Menurutku, ekspedisi yang dipilih weverse kali ini, memang memiliki kecepatan pengiriman yang bagus namun sayangnya harganya cukup mahal. Skip hingga sampai disini wkwk.

Pada tanggal 25 Juni 2022, notifikasi pengiriman album proof kami sudah sampai di Bandara Soetta, dan mulai pemeriksaan dari bea cukai. Kami pikir akan langsung pengiriman ke alamat yang terdaftar, ternyata harus pemeriksaan terlebih dahulu.

Di luar dugaan, pemeriksaan ini cukup lama, awalnya diinformasikan apabila bukan barang berbahaya, pemeriksaan akan dilakukan selama 3 hari kerja. Lalu, kami pun penasaran, karena masih belum dikirimkan setelah 3 hari itu, masih ada pemeriksaan lagi dari bea cukai, ternyata diawal itu pemeriksaan dari ekspedisi sepertinya.

Pemeriksaan di bea cukai selama 5 hari kerja. Hingga akhirnya muncul invoice dari pihak fedex terkait ongkos kirim dan biaya pajak dari bea cukai.

Terjadi lagi suatu hal yang tak terduga, ternyata biaya pajak dari bea cukai cukup tinggi, Journeyers! Dan pengiriman dari Cengkareng ke Kebon Siri juga ternyata tinggi.

Pertimbangan ini yang kami lewatkan saat pertimbangan awal mau order album BTS di Weverse. Ternyata harga di weverse itu termasuk biaya pengiriman dari Korea ke Indonesia (Soetta), belum termasuk biaya pengiriman ke alamat customer.Dan kami melewatkan adanya biaya pajak dari bea cukai.

Cukup mengejutkan. Oh iya, Journeyers yang belanja dari luar negeri harus memerhatikan ini ya, dan pastikan invoicenya sudah benar atau tidak. Karena kami mengalami perbedaan harga dari invoice dengan yang di email.

Jika kami tidak memerhatikan tersebut, kami akan mengalami pembayaran ongkos kirim double pembayaran, Journeyers! Setelah memastikan ke pihak fedex, kami hanya membayar sesuai yang di invoice bukan di body email.

Biaya Ongkir dan Pajak Album

Album akan dikirimkan ke alamat apabila kami telah membayar fee ongkir dan pajak dari bea cukai. Aku tidak mengerti terkait pajak, apakah benar semahal itu? Mungkin bagi Journeyers yang mengerti soal pajak, boleh sharing di kolom komentar ya.

Untuk total harganya kami dikenakan biaya sebesar Rp.1.310.396,-. Dengan rincian biaya pajak sebesar Rp. 959.000,- dan biaya ongkir sebesar Rp. 351.396,-.

Dari informasi yang ku dapatkan, biaya pajak dikenakan tergantung harga barang yang kita beli dan tipe barang yang kita beli. Harga album yang kami beli sebanyak 6 buah sebesar Rp.5.292.000,-. (termasuk biaya ongkir dari Korea ke Indonesia).

Apakah itu worth it, Journeyers? Karena jika dihitung kembali, total harganya yang kami keluarkan sudah setara dengan harga paket standart edition dan compact edition. Huhuhu

Jika memang begitu, mending kami beli versi sepaket ya, hehe.

Tapi memang, pengalaman itu memberikan pelajaran banget, setidaknya, kami dapat mengetahui bagaimana sensasinya order album BTS di weverse langsung.

Bahkan ada ARMY yang membeli 1 album, dikenai pajak lebih kurang sama dengan kami, dan pengirimannya pun ke NTT. Duh, harga pajak lebih gede daripada harga album jadinya.

Album BTS Pertamaku

order album bts di weverse album
Album standart edition

Album ini akhirnya sampai di tangan kami pada tanggal 5 Juli 2022. Cukup lama ya? Karena harus tertahan di bea cukai agak memakan waktu.

Aku sangat bersyukur memiliki album pertama BTS justru album proof. Seperti informasi yang disampaikan oleh agensi mereka, album ini merupakan album antalogi BTS selama 10 tahun perjalanan karir mereka.

Jadi, saat aku memiliki album ini, serasa sudah memiliki semua album BTS.

Bagian dalam album pun, selain CD sebanyak 3 buah yang berisikan lagu populer BTS dari album-album sebelumnya, dan 3 lagu baru serta demo lagu mereka yang bahkan belum pernah di publish.

Meskipun mengocek saku yang melebihi dugaanku, tapi aku merasa bahagia. Akhirnya aku merasakan apa yang dirasakan para ARMY saat deg-degan akan mendapatkan PC Random dalam album.

Aku makin bahagia, karena yang aku dapatkan adalah RM aka Namjoon. Sayangku pulang, heheh.

Dalam album terdapat PC random member, postcard random member, poster proof, album photo proof, dan album antalogi perjalanan karir mereka.

Lalu, worth it, kah order album BTS di Weverse?

order album bts di weverse artis
Foto: weverse shop

Ini tergantung dari masing-masing orang yaa, kalau bagiku, kurang worth it. Karena selain harga yang dicantumkan weverse, ternyata kita tetap harus menyediakan dana tambahan untuk kemungkinan pajak bea cukai dan ongkos kirim.




Jadi, wajar, jika kita beli di olshop harganya cukup mahal, mungkin karena adanya biaya tambahan seperti itu.

Dan kedepannya, jika aku ingin membeli album BTS lagi, atau album solo mereka, aku memilih untuk membeli di olshop saja.

Karena, kita tidak perlu repot-repot untuk konfirmasi pengiriman ke ekspedisi, bea cukai dan lainnya. Cukup melakukan pembayaran ke pihak olshop dan menunggu albumnya dikirimkan ke kita. Memang mungkin akan lama, tapi rasanya lebih tidak merepotkan demikian.

Itulah pengalamanku order album BTS di weverse untuk pertama kali. Kalau kamu apakah sudah pernah mencobanya?

27 comments
  1. Sesuatu juga proses perjalanan pengirimannya ya KAK,.karena dari luar negara kita.
    Yang penting jadi pengalaman berkesan pastinya buat kak Ova sebagai penggemar BTS sejati.

  2. Memang pengiriman dari luar negeri itu terkadang mahal dan tertahan di bea cukainya. Saya juga pengalaman, dan biasanya kurirnya juga agak males-malesan nganternya. Tapi ya demi barang favorit mah, semua lelah dan letih menunggu terbayar begitu produk datang.

  3. Aku bukan kpopers tapi pas tau ada tempat utk beli2 praktis kayak gini pastinya army seneng bgt deh. Aku mungkin infoin nih ke adek2 sepupu yg memang army gitu deh walau mungkin mereka udah tau kali ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like