Hai, Journeyers!

Saat ini, Labuan Bajo menjadi destinasi yang banyak diminati oleh wisatawan. Bahkan Labuan Bajo bisa dikatakan destinasi wisata yang terbilang elit dan mahal. Hal itu tidak mengurangi minat wisatawan untuk menikmati keindahan alam Labuan Bajo.




Labuan Bajo terletak di di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Nusa Tenggara Timur. Destinasi di Labuan Bajo yang sangat ingin aku kunjungi sejak aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar adalah Pulau Komodo dan Danau Kelimutu. Yaps, aku ingat saat pelajaran IPS terkait 7 keajaiban di dunia, kedua destinasi tersebut masuk ke dalamnya. Sebab itu, aku sangat penasaran dengan destinasi Labuan Bajo. Dan kini, semakin banyak destinasi yang ingin aku datangi apabila ke Labuan Bajo.

Berikut rekomendasi destinasi wisata favorit di Labuan bajo yang tidak boleh kamu lewati. Yuks, simak, Journeyers!

1. Pulau Komodo

labuan bajo hotel
Foto: instagram.com/I.say.buffalo

Jika kamu ke Labuan Bajo, sangat disayangkan jika kamu melewati situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO dan salah satu dari tujuh keajaiban dunia alam dari New 7 Wonders of Nature. Pulau yang berisi dan terdapat hewan purba ini, menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ada sekitar 2.000 lebih berkembangnya hewan Komodo di Pulau ini.

Dan dari informasi yang aku baca, saat kamu berkunjung ke Pulau Komodo jangan sesekali membawa daging. Karena hewan purba ini memiliki penciuman yang tajam dan termasuk hewan karnivora. Peringatan ini dilakukan untuk menjaga wisatawan dari serangan Komodo. Jika kamu dalam keadaan haid atau terluka berdarah, maka wajib lapor ke petugas agar kamu bisa dijaga dari serangan hewan ini juga.

2. Danau Kelimutu

labuan bajo terletak di
Foto: instagram.com/hendisyahputra

Danau Kelimutu atau Danau tiga warna ini berada di Gunung Kelimutu dan tepatnya di Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini sudah terkenal sejak lama dengan keunikan warna danau yang berubah-ubah pada waktu tertentu. Ditambah dengan legenda dan mitos yang tersebar terkait danau ini menjadi daya tarik tersendiri.

Hal yang perlu kamu perhatikan jika mengunjungi Danau Kelimutu adalah tetap bersikap sopan dan menghargai kepercayaan yang ada di masyarakat, karena masyarakat sekitar masih mempercayai terkait mitos dan kisah legenda danau ini.

3. Pulau Padar

labuan bajo terletak di provinsi
Foto: instagram.com/Islamicbacpacker

Destinasi Pulau Padar merupakan destinasi wisata yang menjadi favorit dengan keindahan alam yang dimilikinya. Termasuk bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo dan pulau terbesar nomor tiga setelah pulau Komodo dan pulau Ranca. Pulau ini juga diakui dan masuk dalam situs warisan UNESCO. Penting sekali bagi kamu yang ingin ke Pulau ini adalah persiapan sebelum trekking. Untuk jarak tempuhnya sekitar 45 menit, namun kamu diharuskan menggunakan sepatu yang aman dan nyaman, karena trekkingnya tak begitu mulus.


Baca juga:

Jadi Incaran, 5 Rekomendasi Destinasi di Nusa Penida Bali!

Tebet Eco Park, Tempat Nyaman Untuk Liburan di Jakarta!


4. Pulau Kelor

labuan bajo trip
Foto: instagram.com/mistertravel.id

Destinasi favorit selanjutnya adalah Pulau Kelor. Jika Pulau Rinca merupakan destinasi pertama yang di singgahi oleh wisatawan, maka pulau Kelor adalah persinggahan terakhir wisatawan. Dari Labuan Bajo, pulau ini dapat ditempuh dengan speed boat dalam waktu tempuh 40 menit. Bahkan kamu dapat melakukan camping di pulau ini.

Biasanya aktivitas di pulau ini yang menjadi favorit adalah snorkling dan trekking mencapai puncak.




5. Pink Beach Labuan Bajo

labuan bajo pink beach
Foto: instagram.com/Klopbali

Beralih dari wisata kepulauan, selanjutnya destinasi yang bisa kamu kunjungi adalah Pink Beach Labuan Bajo. Berbeda dengan pantai biasanya, pasair pada pantai ini berwarna pink atau merah muda.  Warna pasir yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dan pantai ini termasuk salah satu dari tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda di dunia. Disini kamu bisa diving dan snorkling.

6. Wae Rebo

labuan bajo hotel
Foto: instagram.com/Fiapiapio

Bagi kamu yang suka akan wisata budaya, Wae Rebo bisa menjadi salah satu destinasi wisata kamu. Karena Wae Rebo merupakan sebuaah desa yang masih mempertahankan dan menjaga adat istiadatnya secara turun-temurun. Terletak di tengah pegunungan dengan ketinggian 1.200 mdpl dan termasuk desa tradisional terindah di Indonesia.

Jika kamu ingin bermalam di desa ini, kamu dapat menikmati bermalam di rumah adat Wae Rebo yang terlihat unik. Desa ini sering disebut sebagai desa yang berada diatas awan. Untuk mencapai desa ini, kamu perlu trekking dengan berjalan kaki sekitar 7km atau memakan waktu  3 sampai 4 jam. Jadi, kamu perlu tenaga ekstrak jika ingin ke desa ini. Di desa Wae Rebo pun tidak terdapat jaringan ponsel.

7. Manta Point

Foto: instagram.com/backpacker__

Salah satu destinasi yang menjadi surga bagi para diving adalah Manta Point. Disini kamu bisa diving dengan menikmati pemandangan dalam laut dan berenang bersama ikan Pari raksasa yang besarnya dari sirip ke sirip mencapai 6-8 meter. Di dalam laut ini kamu juga dapat menjumpai koloni ubur-ubur. Pastikan kamu dalam perlengkapan yang baik jika ingin diving di Manta Point.

Itulah destinasi favorit di Labuan Bajo yang bisa kamu kunjungi. Pastikan kamu tetap menjaga kondisi tubuh yang fit saat melakukan traveling ya dan perhatikan persiapan traveling ke Labuan Bajo, Journeyers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like