Gak Suka Solo Traveling? Kuy, Ketahui 5 Komunitas Traveler

Hi, Journeyers!

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menikmati perjalanannya. Ada yang menyukai solo traveling, ada juga yang suka group traveling.

Aku sendiri lebih suka group traveling. Kenapa? Karena, menikmati perjalanan bersama-sama lebih indah daripada sendirian, asikkk!

Bukan itu saja alasannya, Guys. Aku suka group traveling karena banyak alasan yang aku pertimbangkan. Dan pastinya kita tidak bisa melakukan segala sesuatu dengan sendiri. Tentunya kita masih membutuhkan bantuan orang lain.

Bukan aku tak mandiri, tapi setidaknya aku akan traveling minimal ada satu teman yang aku kenal bersamaku. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi selama perjalanan dan beberapa perjalanan yang aku jalani pun tak semuanya yang berjalan mulus, selalu saja ada kendala atau hal yang tak terduga yang terjadi, seperti misalnya teman yang tiba-tiba sakit atau lainnya.

Oleh sebab itu, aku selalu memilih untuk traveling bersama teman-teman. Nah, jika tak ada teman-teman yang bisa gabung, tak perlu khawatir, Journeyers! Aku pun kepoin beberapa grup atau komunitas traveler atau backpacker yang bisa kita ikuti. Di grup ini, kita bisa berbagi informasi juga, Guys!

  • Backpacker Indonesia

komunitas traveler bandung

Backpacker Indonesia merupakan sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain. Dan juga merupakan salah satu komunitas traveling terfavorit yang lahir dari forum online.

Komunitas Backpacker Indonesia ini didirikan sejak September 2009 dan kini sudah tergabung sekitar 60 ribuan anggota dari berbagai pelosok nusantara. Untuk tergabung di grup ini, kita bisa kunjungi website resminya langsung di backpackerindonesia.com.

Disini kita bisa berbagi informasi mengenai destinasi, penginapan, akses destinasi dan lainnya serta juga bisa mencari teman barengan.

  • Backpacker Jakarta (BPJ)

komunitas traveler surabaya

Backpacker Jakarta merupakan komunitas yang terbentuk dari perkumpulan para Traveler yang tidak hanya di Jakarta saja, namun pesertanya ada dari Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Komunitas ini sudah berdiri sejak 5 April 2013. Backpacker Jakarta pun memberlakukan sistem Sharecost alias patungan dalam setiap aktivitas travelingnya.

Jadi, setiap traveler akan menanggung secara bersamaan dalam melakukan traveling. Semua perjalanan akan di diskusikan dan itenerary pun akan diinfokan secara detail. Dana masuk dan pengeluaran akan diinfokan di grup BPJ. Destinasi yang mereka kunjungi tidak hanya di Jabodetabek saja, Guys!

Namun ke seluruh Indonesia, yang mana jadwalnya tidak akan bersamaan dengan destinasi yang lain. Biasanya ada 3 destinasi yang akan mereka kunjungi dalam 1 minggu. Kamu bisa memilih yang mana ingin kamu ikuti. Menyenangkan bukan, Journeyers?

Untuk info selanjutnya mengenai Backpacker Jakarta (BPJ) kamu bisa kunjungi situs resminya di backpackerjakarta.com.


Baca juga:

Inilah 4 Alasan Kenapa Memilih Menjadi Travel Blogger Itu Menyenangkan, Journeyers!





  • Backapacker Nusantara (BPNJ)

Backpacker Nusantara ini bertujuan untuk wadah saling tukar informasi destinasi wisata di seluruh Nusantara Indonesia dan wadah pengenalan budaya Nusantara. Dan saat ini sudah memiliki sekitar 80 ribu anggota.

Di komunitas ini, kamu akan diinfokan destinasi-destinasi yang sedang hangat dikunjungi, dan juga kamu bisa cari teman barengan. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa gabung di grup resmi mereka di Facebook mereka dengan nama yang sama “Backpacker Nusantara”, grupnya bersifat publik.

Jadi kamu juga bisa mengetahui info-infonya terlebih dahulu. Atau di Instagram juga ada dengan nama yang sama. Enak kan, Journeyers? Kamu gak akan kurang informasi dan cari teman barengan.

  • Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI)

komunitas muslim traveler

Untuk teman-teman yang punya hobi untuk mendaki gunung. Tidak hanya untuk yang hobi, tapi juga untuk bagi pemula pun diperbolehkan untuk bergabung di komunitas ini.

Nah, KPGI itu merupakan sebuah wadah bagi para penggiat alam dan pendaki-pendaki gunung di Indonesia untuk melakukan segala hal kegiatan yang berbau alam, petualangan, pendakian hingga kelestarian lingkungan bersama-sama.

Kini tak hanya untuk melakukan kegiatan pendakian, namun juga diadakan baksos seperti kegiatan program-program kelestarian lingkungan dan pendidikan. Untuk bergabung, kamu bisa kunjungi Facebook mereka, Komunitas Pendaki Gunung Indonesia.




  • Komunitas Liburan Murah

Komunitas yang sudah didirikan sejak tahun 2009 dan berprinsip melakukan perjalanan dengan biaya sehemat mungkin. Dan ternyata didirikan oleh seorang Travel Blogger bernama Andy Kristono yang berdomisili di Surabaya. Dan sekarang sudah memiliki anggota lebih dari 100ribu anggota di grup Facebook mereka, Guys!

Anggotanya pun terdiri dari seluruh pelosok Indonesia. Kereeennn ya. Jika kamu mau ikut bergabung, kamu bisa kunjungi grup Facebook Komunitas Liburan Hemat.

Disini aku hanya mengulik beberapa komunitas saja, ya, Guys. Sebenarnya masih banyak lagi komunitas yang ada untuk para traveler dan backpacker untuk saat ini.




Bagaimana? Apakah kamu masih khawatir tidak akan ada teman barengan, Journeyers? Bagi kamu yang gak suka solo traveling, aku rekomendasi untuk bergabung dengan komunitas-komunitas traveler dan backpacker. Dijamin kamu gak akan rugi untuk tergabung dalam sebuah komunitas.

Hmm, kalo kamu suka solo traveling atau grup traveling?

Selamat menikmati bulan terakhir di tahun 2019, Journeyers!!!

 

~Big hug~

Ova Forlendy

 

 

 

 

15 comments
24 likes
Prev post: Menapaki kaki di Surga Tersembunyi Bogor, Curug Cikuluwung! Kuy!Next post: 4 Alasan Menjadi Travel Blogger Itu Menyenangkan

Related posts

Comments

  • Elin

    December 7, 2019 at 4:47 AM
    Reply

    Baru tahu kalau ada komunitas traveling juga. 😍 Jadi makin seru pasti liburannya ya. Thanks informasinya, Mbak.

    • Ova Forlendy
      to Elin

      December 7, 2019 at 1:31 PM
      Reply

      Iya, Mbak. Semoga bermanfaat ya, Mbak.

  • Asfi Diyah

    December 7, 2019 at 4:20 AM
    Reply

    Wuuuih jadi tau kemana harus nyari info dan teman seperjuangan. Siyaap deh kaka. Makasih info komunitasnya. Jadi makin semangat jalan2 nya karna ada temannya.

    • Ova Forlendy
      to Asfi Diyah

      December 7, 2019 at 1:32 PM
      Reply

      Iya Mbak. Gak perlu pusing² lagi. Masak mau traveling tetep bikin galau karna minim info dan gak ada temen barengan. ✌

  • Nia Kurniawati

    December 4, 2019 at 1:51 PM
    Reply

    Wow ... baru tahu euy ada komunitas seperti ini, seru! Seru kayaknya kalo bisa pergi bareng2 gitu.

    • Ova Forlendy
      to Nia Kurniawati

      December 4, 2019 at 2:41 PM
      Reply

      Seruuuu banget Mbak, bisa dapet kenalan baru, yang nantinya juga bisa brbagi info atau traveling bareng lagi.

  • Winarsih Ramdhani

    December 3, 2019 at 2:23 AM
    Reply

    Wow, keren ulasannya. Saya baru tahu jika ada komunitas traveller setelah baca tulisan ini. Saya penyuka travelling soalnya, seringnya sama group sih, pertimbangannya spy bisa saling […] Read MoreWow, keren ulasannya. Saya baru tahu jika ada komunitas traveller setelah baca tulisan ini. Saya penyuka travelling soalnya, seringnya sama group sih, pertimbangannya spy bisa saling bantu untuk ambil foto 😂 Read Less

    • Ova Forlendy
      to Winarsih Ramdhani

      December 4, 2019 at 2:40 PM
      Reply

      Benerrr juga Mbak. Enaknya kalo pergi ada rombongan, bisa diandalkan untuk sbg fotografer dadakan. Hihi

  • Niniiing

    December 2, 2019 at 2:57 AM
    Reply

    Kalo aku pengennya traveling bedua suami. Tapii suami tipe yg traveling anak harus ikut. Hihi..

    • Ova Forlendy
      to Niniiing

      December 2, 2019 at 3:57 PM
      Reply

      Hihi, aku juga pengen nantinya kalo traveling bareng suami, Mbak. Heheh Semoga aja dipersatukan ama suami yang suka traveling juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *