Beberapa tahun lalu, aku memulai karir di Jakarta dengan harapan dapat bekerja di sebuah laboratorium dan meracik ekstrak tanaman agar dapat dimanfaatkan menjadi obat. Tapi harapan itu mulai luntur, di kala aku kesulitan mencari pekerjaan hingga selama 3 bulan aku menganggur di kota ini. Aku tidak menyerah begitu saja, bahkan ada seorang teman mengatakan, “Va, mungkin rezekimu tidak di Jakarta”.

Tapi, aku bukanlah orang yang gampang dipengaruhi ketika aku memiliki keinginan dan harapan. Mungkin cita-citaku dahulu sebagai Laboran. Namun, ada satu hal yang penting yang aku tanamkan dalam diri. Aku tak ingin menyusahkan orang tua lagi.




Hingga, akhirnya aku diterima di suatu perusahaan swasta yang membuatku bertahan selama 9 bulan. Lalu aku mendapatkan pekerjaan baru lagi di perbankan BUMN yang membuatku bertahan selama 2,5 tahun.

Memiliki pengalaman bekerja di bawah tekanan sebuah perusahaan besar tidaklah mudah untuk dihadapi. Bahkan siap-siap kena mental dari atasan-atasan.

Kisahku dahulu tak lagi sama dengan kondisi yang terjadi saat ini. Kini aku bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang media. Di masa pandemi, menjadi seorang karyawan pun tak membuatku tetap tenang. Karena, tak sedikit aku melihat temanku dari kantor lain tiba-tiba  mengalami pemutusan kontrak kerja.

Bahkan dengan kondisi segala kebutuhan harganya naik, namun gaji terkadang belum dapat memenuhi semuanya.

Bisnis apa yang cocok bagi karyawan kantoran

karyawan bekerja di 2 perusahaan

Ada beberapa bisnis di luar kantor yang bisa kamu lakukan sekalipun sebagai karyawan. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini:

1. Bisnis Online

Saat kamu memilih untuk memulai bisnis online, perlu kamu perhatikan apa yang dibutuhkan oleh orang di sekitarmu. Karena, saat kita memulai bisnis, target penjualan kita tak lain adalah orang terdekat terlebih dahulu. Semisal, lingkungan kantor atau pertemananmu sangat memperhatikan perawatan kulit. Maka kamu bisa mengambil peluang untuk memulai bisnis skincare.

Yang sedang aku jalani saat ini adalah bisnis online bersama partner-partnerku, yaitu Sahabat Hosting. Sahabat hosting sendiri merupakan perusahaan hosting provider yang menawarkan registrasi domain, cloud hosting, SSL, pembuatan website, dan beberapa layanan lainnya.

Dengan dilakukan oleh tiga orang pada mulanya, yaitu Uda Endo, Mba Malica dan aku, bisnis ini kini sudah jalan di tahun ketiga. Dan juga memiliki klien yang menyewa jasa hosting dan domainnya hingga lebih 1000 klien. Tak hanya itu, orderan pembuatan website pun turut meningkat.

2. Affiliate Marketing

Program affiliate ini banyak disediakan oleh beberapa aplikasi ataupun bisnis online lainnya. Hanya dengan memberikan kode referalmu pada konsumen atau klien, kamu akan mendapatkan fee.

Program affiliate marketing ini pun juga disediakan oleh perusahaan-perusahaan online, e-commerse, dan lainnya.

Begitu juga Sahabat hosting, kami penyediakan jasa affiliate marketing untuk penjualan hosting. Dan kini sudah tersebar di berbagai daerah Indonesia. Dan kamu perlu mengetahui strategi sukses bisnis affiliate marketing agar kamu meraih banyak penghasilan dari program ini.

3. Blogger

Kenapa blogger dianggap sebagai salah satu bisnis juga? Karena kamu bisa mendapatkan penghasilan dari content placement, jasa pembuatan artikel, endorsement dan jasa backlink. Semua itu akan memberikan penghasilan tambahan untuk kamu diluar penghasilanmu sebagai karyawan kantoran.




Lalu, pentingkah karyawan memiliki bisnis di luar kantor?

Jawabanya PENTING SEKALI. Coba perhatikan beberapa poin berikut ini, yang akan menjadi pertimbanganmu untuk memiliki bisnis.

1. Sebagai sumber penghasilan kedua

Sebagai karyawan yang memiliki bisnis, tentunya akan menambah penghasilan diluar dari gaji kamu bekerja di kantor. Ada kalanya juga, penghasilan dari bisnismu melebihi dari gaji yang kamu dapatkan. Sehingga hal ini dapat memenuhi kebutuhanmu bahkan membeli apa yang kamu inginkan. Menarik sekali, bukan?

2. Tabungan masa depan

Kenapa aku menganggap sebagai tabungan masa depan, karena kita tak pernah tahu apakah kita akan tetap menjadi karyawan selamanya. Mungkin nanti aku memilih sebagai Ibu rumah tangga, yap ibu rumah tangga yang tetap berpenghasilan dari bisnis yang telah di jalani.

Itu menjadi salah satu impianku, menjadi Ibu rumah tangga yang tetap berpenghasilan tanpa harus terikat waktu dan tempat. Sehingga bisa menjadi ibu dan istri sekaligus pebisnis.

3. Memperluas wawasan dan jaringan pertemanan

Seperti yang kita ketahui, bahwa rezeki itu tidak ada batasnya. Tak hanya berbicara soal uang namun dipertemukan oleh orang-orang baik adalah rezeki yang patut kita syukuri. Semakin luas jaringan pertemanan, makin luas juga peluang rezeki yang kita dapatkan.

Dengan berbisnis, akan menambahkan wawasan kita, yang tak hanya berpusat pada pekerjaan monoton dikantor.

4. Mengupgrade kemampuan diri

Saat memiliki rencana bisnis, tentunya kita sudah mengetahui bahwa kita memiliki potensi pada bidang tersebut. Sehingga kita akan berusaha mengupgrade kemampuan dan keahlian yang kita miliki.

Kita harus selalu mengikuti perkembangan keinginan konsumen dan masyarakat umum lainnya. Tidak langsung merasa puas dengan pengetahuan yang dimiliki saat ini. Sehingga yang memiliki bisnis di luar kantor, biasanya memiliki pengetahuan di luar apa yang dia kerjakan di kantor sehari-hari.

Itulah pentingnya karyawan memiliki bisnis di luar kantor, meskipun tak sekali aku dicemooh oleh temanku, “kerja terus, bisnis terus, nanti cepat kaya lo”. Aku menjawab dalam hati, “Amiin Yaa Allah, Qabul Yaa Allah”.

Bagiku, ini kelebihan yang aku miliki, bisa menjalani diri sebagai karyawan kantoran dan menjalani bisnis. Intinya ikhtiar terlebih dahulu, untuk hasilnya, mari kita serahkan kepada Allah SWT. Tidakkah semuanya tak ada yang sia-sia, bukan?

9 comments
  1. yess, aku ngerasain banget penting dan manfaatnya punya penghasilan kedua di luar gaji tetap kantor, jadi bisa nabung dan invest ke hal-hal yang penting buat masa depan. jaman sekarang, kalau pinter nyari celah penghasilan online, hasilnya juga lumayan banget yaa

  2. Kaya pengalaman nih mbak ova, aku pribadi belum banyak mengeyam bidang mana2 hahaha duh tapi masa muda telah berlalu sih skrg fokus jadi ibu dan istri. Tapi alhamdulillah bersyukur masih bisa berkiprah di dunia para blogger.

  3. Memiliki bisnis di luar kantor terlihat menyenangkan, mengingat kita akan dapat penghasilan lebih. Tapi sebagai karyawan kita juga harus bisa fokus menjalankan pekerjaan jangan sampai jadi keteteran karena bagaimanapun menjalankan bisnis juga membutuhkan perhatian penuh.
    kecuali kalo bisnis sambilan yang seru-seruan. oke-oke aja sih. Beda lagi kalo punya bisnis di luar kantor dengan tenaga khusus yang mengelola. sepertinya itu akan lebih baik jadi kita tinggal memantau saja.

  4. Penting banget untuk bisnis di luar kantor, asalkan bisnisnya tidak melanggar kode etik dari perusahaan. contohnya kita bekerja di perbankan, kita mengambil nasabah bank untuk kepentingan bisnis kita. itu namanya tidak etis. sekarang harus mulai merintis usaha sebelum kita sendiri jadi bisnis woman

    1. wah ini pastinya sangat tidak sopan juga. Tapi sejauh ini, aku selalu membedakan urusan kantor dan bisnis. Bahkan no hp untuk kantor dan untuk pribadi serta bisnis semuanya berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like