Keindahan Sunset di Pantai Sasak Pasaman Barat SumBar

Hai, Journeyers!

Dulu waktu aku masih kecil, mendengar kata pantai itu sangatlah, wah. Yap, aku yang besar di Bukittinggi, hanya memiliki gunung dan bukit, tidak memiliki pantai. Heheh. Lalu pertama kali bermain di Pantai saat kelas 6 SD dalam acara perpisahan. Wah, itu sudah menjadi hal yang menyenangkan.

Temanku beranggapan, jika anak gunung (aku, wkwk, yang tumbuh di kaki gunung Marapi) lebih suka bermain di pegunungan. Anggapan ini aku bantah, karena, aku sendiri sangat menyukai bermain di alam, tak hanya di gunung, namun juga di pantai, air terjun dan alam terbuka lainnya.

Keindahan alam Indonesia tak pernah ada habisnya untuk dibahas. Salah satunya adalah hamparan pantai disetiap pulau-pulau di Indonesia ini. Bagi kamu pemburu sunset, pengagum senja, aku rekomendasikan salah satu pantai yang memiliki pesona sunset yang sangat indah. Yaitu Pantai Sasak yang terdapat di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat.

Keindahan Sunset di Pantai Sasak Pasaman Barat

destinasi wisata pantai sasak pasaman barat menikmati keindahan sunset di pantai sasak

Sayang sekali, jika kamu tinggal di Sumatera Barat, namun belum pernah ke Pantai ini. Pantai yang memiliki ombak yang cukup besar dan terhubung langsung dengan Samudera Hindia ini. Terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang indah sekali.

Keindahan sunset di Pantai Sasak ini selalu menjadi daya tarik setiap pengunjungnya. Dan mereka rela menghabiskan waktu senjanya di lokasi ini. Aku akui, keindahan pantai ini tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Karena saat di pantai ini kamu tak hanya menikmati namun juga mengagumi.

Menurutku, sangat beruntung bagi mereka yang bertempat tinggal di dekat pantai Sasak. Karena bisa menikmati keindahan ini setiap harinya. Heheh.

Di sepanjang pantai terdapat tempat wisata yang banyak menjadi daya tarik yaitu kawasan wisata pohon seribu Sasak. Ini menjadi tempat wisata alternatif bagi masyarakat Pasaman Barat. Jadi, kamu tak hanya menikmati keindahan pantai sasak, namun juga bisa menikmati wahana lainnya juga.

Ditepi pantai ini terdapat juga lapangan volly untuk kamu yang suka main volly pantai, atau sewa motor pantai yang bisa kamu sewa dari masyakarat sekitar.

Lokasi dan Akses ke Pantai Sasak

Foto: www.google.com/maps

Untuk menikmati sunset di Pantai Sasak, Pasaman Barat. Kamu harus menempuh jalan sekitar 200 KM dari Kota Padang menuju Simpang Ampek, Pasaman Barat. Kira-kira akan memakan waktu 4-5 jam dari Kota Padang. Dan dari Simpang Ampek akan memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit menuju pantai Sasak. Atau kamu juga bisa menggunakan jasa mobil travel yang bisa membawamu langsung ke lokasi pantai jika berangkat dari kota Padang.

Lokasi pantai ini tepatnya di Nagari Sasak, Kec. Sasak Ranah Pesisir, Kab. Pasaman Barat, Sumatera Barat – 26366.

Untuk akses ke pantai Sasak Pasaman Barat, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga kendaraan umum.

Kuliner Andalan Masyarakat Sasak Pasaman Barat

Journeyers, ternyata Pantai Sasak merupakan salah satu daerah utama penghasil ikan laut bagi Pasaman Barat. Sebab itu, banyak kuliner andalan dari masyarakat Nagari Sasak Pasaman Barat adalah olahan hasil laut. Salah satunya adalah Rendang Lokan.

Jujur, saat aku mencoba masakan rendang yang daging sapi diganti dengan lokan memiliki sensasi tersendiri. Aku memiliki teman yang berasal dari daerah ini. Waktu itu, Ibunya mengirimkan rendang lokan.

Seperti biasanya, bagi kita anak rantau mendapatkan kiriman masakan orang tua itu suatu hal yang sangat menyenangkan. Lalu dia menawarkan kepadaku. Aku tidak menolak, karena aku ingin mencoba dan penasaran bagaimana rasanya.

Dan, ternyata aku nagih untuk menikmati rendang versi lokan ini. Oia, bagi Journeyers yang ragu apa itu lokan? Lokan itu adalah kerang. Jadi pada rendang ini, yang biasanya olahan daging sapi, namun ini diganti dengan kerang.

Untuk resep rendang lokan pun tak jauh berbeda dengan resep rendang biasanya. Bagaimana, Journeyers? Ada yang penasaran untuk rasa rendang lokan ini?

Kuliner andalan warga Pasaman Barat ini sangat banyak, Journeyers! Tak hanya rendang lokan, ada olahan hasil laut lainnya yang tak kalah enaknya dari rendang lokan.

Jadi, saat kamu ke Pasaman Barat Sumatera Barat, jangan sampai terlewatkan keindahan sunset Pantai Sasak. Serta nikmati wisata kuliner andalan Pasaman Barat ya.

 

4 comments
9 likes
Prev post: Pecah Rekor! Ini 7 Fakta Menarik Lagu Butter Dari BTS!Next post: Penasaran akan Keindahan Curug Love? Ini Keseruannya!

Comments

  • Fanny_dcatqueen

    16 Juni 2021 at 11:46 PM
    Reply

    Kita agak kebalik nih mba. Mungkin Krn aku besarnya di daerah pantai, di Aceh Utara, jadinya aku ga terlalu suka, dan lebih suka daerah pegunungan […] Read MoreKita agak kebalik nih mba. Mungkin Krn aku besarnya di daerah pantai, di Aceh Utara, jadinya aku ga terlalu suka, dan lebih suka daerah pegunungan yg sejuk :D. Tapiiiii aku seneng pantai kalo ada view sunset atau sunrise yg cantik :). Itu memang ga akan bosenin diliat. Sunset di atas cakeeeep banget ! Kalo nanti ada kesempatan ke Sumatra barat lagi, bakal aku masukin url mampir ke daerah sini. Biasanya cuma ke Bukittinggi Ama Padang doang. Read Less

    • Ova Forlendy
      to Fanny_dcatqueen

      17 Juni 2021 at 9:27 PM
      Reply

      memang, keindahan sunset dan sunrice di tepi pantai gak ngbosenin Mbak. Aku pun suka menikmati sunrise di gunung. Duh, kangen ndaki gunung lagi. heheh Wah, mba […] Read Morememang, keindahan sunset dan sunrice di tepi pantai gak ngbosenin Mbak. Aku pun suka menikmati sunrise di gunung. Duh, kangen ndaki gunung lagi. heheh Wah, mba sudah pernah ke Bukittinggi? itu kampung aku, heheh Read Less

  • Hastira

    16 Juni 2021 at 2:39 AM
    Reply

    alam sumbar memang indah, jd mau ke sana lagi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *