Hai, Journeyers!

Tahukah Journeyers, informasi dari Kominfo menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara keenam yang penggunaan internet tertinggi di dunia. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia memang tak lepas dari penggunaan internet.

Aku sendiri mengakui, bahwa aku sangat ketergantungan dengan internet, entah itu untuk kerja, bisnis ataupun hiburan. Bahkan pernah sekali, aku kehilangan jaringan internet selama setengah hari, ini menghambat kerja dan bisnisku.




Mungkin tak hanya aku yang merasakan bahwa internet kini menjadi suatu yang sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, salah satu solusi agar tetap bisa internet-an tanpa gangguan dengan menggunakan Fast Internet Provider Indihome dari Telkom Group.

Dari Hiburan Menjadi Ide Bisnis

Ketika flashback ke tahun 2020, dimana saat itu terjadinya pandemi dan tak sedikit dari kita mengalami kesulitan. Baik itu PHK, bisnis offline yang tak berjalan lancar, dan kala itu aku salah satu orang yang tidak memiliki pekerjaan selama 3 bulan.

Namun selama 3 bulan tersebut, tak hanya berusaha mencari pekerjaan secara online, aku banyak mencari hiburan melalui youtube. Yap, tujuan awalnya aku hanya mau cari hiburan yang bisa menenangkan pikiran.

Waktu itu aku sangat tertarik dengan editing video undangan pernikahan. Selagi aku mencari pekerjaan tetap, aku mulai menonton video-video undangan pernikahan dan cara mengeditnya.

Namun makin kesini, video pernikahan tak terlalu banyak digunakan. Justru ada yang lebih menarik. Semakin berkembangnya literasi digital masa kini, makin tinggi tingkat kreatif masyarakat Indonesia. Yaitu munculnya undangan website pernikahan, yang lebih simple dan bisa menghemat budget.

Tentunya aku tidak akan menyiakan kesempatan ini, karena ku perhatikan beberapa teman yang menikah, memilih menggunakan website sebagai undangan pernikahan mereka.

Dan ada beberapa akun youtube yang menjadi inspirasiku dalam mempelajari cara pembuatan website undangan pernikahan. Hingga akhirnya, aku bersama teman-temanku memutuskan untuk memulai bisnis website undangan pernikahan bernama Mantenstory.id.

Ide Bisnis Baru Dari Youtube Dengan Fast Internet Provider Indonesia

literasi digital Fast internet provider

Internet jika kita manfaatkan dengan baik akan memberikan dampak yang positif bagi kita. Dan youtube pun demikian, jika kamu mencari ide untuk bisnis kamu sangat bisa di youtube. Dengan akses internet yang sangat mudah, kita bisa banyak dapatkan informasi melalui youtube.

Tahukah kamu? Ternyata Indonesia masuk negara nomor 3 tertinggi yang banyak menggunakan youtube, nomor satu ada India lalu nomor dua Amerika Serikat. Hal ini berdasarkan informasi yang tercantum di dataindonesia.id, dari laporan We Are Social banyaknya penggunaan Youtube di dunia hingga Januari 2022.

Bahkan saat ini kebanyakan kita menggunakan ruang digital untuk beraktivitas, berbisnis, komunikasi dengan orang lain. Sehingga ini mempermudah kita untuk mengembangkan bisnis kita. Coba perhatikan beberapa poin literasi digital masa kini berikut yang bisa kamu manfaatkan.

Ide bisnis kuliner

Seperti yang kita ketahui, youtube menjadi salah satu media yang menjadi ladang ide dari pebisnis. Bagi kamu yang suka memasak atau berkaitan kuliner. Kamu akan sangat tertarik pada konten youtube yang berkaitan dengan kuliner.

Saat ini banyak sekali konten kuliner di youtube, baik itu review makanan ataupun memberikan resep makanan. Tak hanya itu, bahkan kamu bisa memanfaatkan youtube sebagai media promosi bisnis kamu. Ini akan menjadi ide bisnis yang dapat kamu terapkan.


Baca juga:

Ngefangirl Untuk Healing Dengan Internetnya Indonesia Tanpa Batas!

Order Album BTS di Weverse Shop, Worth it, Gak Sih?


Ide bisnis pengolahan barang bekas

Barang bekas tak selalu merupakan barang yang dianggap tak lagi dapat digunakan sama sekali. Kenapa? Karena barang bekas bisa kamu gunakan membuat sesuatu yang baru dan menjadi ide bisnis.

Tak sedikit konten di youtube yang membahas terkait pengolahan barang bekas, karena dengan modal yang minim kamu bisa meraup keuntungan besar. Atau kamu membuat konten bagaimana cara pengolahan barang bekas, keuntungan bisnis ini dan lainnya.

Perkembangan literasi digital masa kini, memaksa kita untuk meningkatkan kreativitas juga. Agar kamu tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi.

Ide bisnis wisata

Kamu suka traveling? Atau suka menikmati destinasi wisata baru. Kamu bisa memanfaatkan youtube sebagai pengenalan wisata yang kamu datangi. Seperti yang biasa dilakukan oleh travel vlogger. Mereka memanfaatkan youtube sebagai media jejak digital wisata mereka, memberikan informasi terkait lokasi wisata dan persiapan jika kamu ingin mendatangi lokasi yang sama.

Tak hanya itu, banyak agen wisata beralih ke Youtube sebagai media promosi juga.

Ide bisnis video undangan/ webiste undangan

Ini salah satu yang aku lakukan saat ini, karena tak sedikit di youtube yang membahas atau memberikan contoh video undangan, website undangan dan semakin banyak digunakan oleh para calon pengantin.

Sebagaimana pun banyak ide bisnis yang kita tonton di youtube, itu semua kembali kepada kita lagi, sebagaimana kita bisa kreatif dalam mengolah ide-ide tersebut.

Memanfaatkan Literasi Digital Masa Kini Bersama Indihome

Untuk aku yang memiliki bisnis pembuatan website undangan pernikahan. Aku sangat membutuhkan internet yang stabil dan memiliki kecepatan yang tinggi. Sebab itu, jika hanya memanfaatkan kuota data seluler, aku mewaspadai jika sewaktu-waktu terjadi lagi kehilangan jaringan seperti beberapa minggu lalu.

Dan aku mengetahui salah satu provider yang menyediakan layanan internet yang sudah meluas hampir di berbagai tempat di Indonesia adalah Indihome. Indihome merupakan salah satu bagian dari Telkom group yang juga merupakan Fast Internet Provider di Indonesia.



Semakin mudah berselancar internet maka akan semakin mudah juga bagiku untuk mendapatkan ide-ide baru yang dapat aku kembangkan pada bisnisku. Memanfaatkan literasi digital masa kini untuk bisnis kita. Tak hanya memberikan layanan internet yang stabil dan berkecepatan tinggi, Indihome juga memberikan penawaran menarik dari segi harga.

Karena mereka memberikan harga terjangkau bagi penggunanya sehingga kita tetap bisa internet-an dengan harga yang lebih hemat. Yakin tidak tertarik? Apalagi untuk bagi kita yang pekerja dibidang digital akan selalu membutuhkan internet.

Itulah ide bisnis baru dari Youtube yang aku kembangkan saat ini dengan memanfaatkan dampak positif internet, Journeyers! Kalau kamu bagaimana memanfaatkan internet?

Semoga pembahasan ini dapat memberikan ide-ide juga bagi kamu yang ingin memulai bisnis ya! Semoga bermanfaat.

15 comments
  1. Saya termasuk orang yg senang KLO liat desain undangan online…bentuknya menarik, dan ada backsound nusiknya pula. Dan sejarang malah lebih canggih ya mba, nyediain norek pengantin sebagai ganti amplop. SDH seperti di negeri luar sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like