Yuks, Simak Beberapa Tips Backpacker-an berikut ini, Guys!

Hi, Journeyers!

Kali ini aku ingin berbagi tips backpacker liburan hemat yang biasa aku lakukan. Sebagai jiwa yang memiliki hobi traveling, tentunya harus memikirkan segala sesuatu agar termanage dengan baik.

Bagiku pribadi, sebisa mungkin untuk hemat, karena perjalanan yang ingin aku kunjungi tak hanya satu destinasi saja. Banyak destinasi impian yang ingin ku kunjungi. Beberapa tips ini juga pernah aku selipkan di postingan aku sebelum-belumnya. Jadi, disini aku akan rangkum dan berfokus pada tips backpacker-an hemat bagi pemula atau traveling hemat budjet. Hihi

Sebelumnya, aku ingin menginformasikan sekilas, apaan sih Backpacker? Backpacker itu sendiri diadopsi dari kata Backpack yang artinya tas ransel, Guys! Dan Backpacker adalah orang yang membawa tas ransel. Nah, itu merupakan pengartian dalam kamus.




Sedangkan istilah Backpacker itu sendiri memiliki makna seseorang yang melakukan perjalanan secara mandiri dengan biaya yang murah.

Beberapa temenku, sempat salah kaprah memaknai maksud dari Backpackeran ini, mereka menganggap saking hematnya backpackeran tak membutuhkan penginapan atau beristirahat di tempat umum, makan seadanya, dll. Salah banget, ya! Backpackeran juga gak segitunya juga kaliiii. Wkwkwk

Untuk itu, disini aku ingin kasih tips backpacker murah kepada teman-teman untuk tetap berliburan dengan budjet seminim mungkin. Yuks, disimak!

  • Destinasi yang ingin dikunjungi.

Pastikan destinasi yang akan kamu kunjungi memiliki akses yang jelas dan kamu ketahui atau yang diketahui oleh partner mu. Aku selalu memilih destinasi yang memang sangat aku ingin datangi. Maka, list dulu lokasi destinasi yang ingin kamu kunjungi, agar lebih mempermudah membuat jadwal keberangkatannya.

Nah, aku juga selalu memilih destinasi yang insertnya juga tidak terlalu mahal. Yah, setidaknya sesuai dengan budjet kamu untuk perjalanan ini. Sejauh aku traveling, kalo destinasi alam rata-rata memiliki insert yang tidak mahal, bisa terbilang murah. Dan akses menuju lokasi juga akses yang mudah di jangkau serta tidak memakan biaya yang besar. Bagaimana dengan yang jauh-jauh di luar kota? Nanti aku kasih tipsnya! Ok!

  • Berburu Tiket Murah atau Diskon

Selain menentukan destinasi yang ingin kamu kunjungi, hal yang sangat perlu kamu perhatikan adalah harga tiket akses kesana. Jika kamu sudah dapat jadwal untuk berlibur, hal yang harus kamu cari tahu adalah tiket murah atau diskon. Banyak yang membahas tips traveling ala backpacker namun kita tetap perlu cerdas dalam menanganinya. Wkwkwk.

Kalo aku, biasanya aku memilih jadwal pada saat ada diskon baik tiket kereta ataupun pesawat. Banyak aplikasi saat ini yang bisa kamu kepoin untuk diskon tiket ini. Dari pegipegi.com, tiket.com, traveloka, dll. Mereka sering memberi promo diskon untuk panggunanya.

Jadi, sering-sering deh buka aplikasi ini. Serta cari tahu juga, jika untuk penerbangan, kamu perlu kepoin maskapai-maskapai yang juga sering memberi promo. Oh, ya, kalo bisa, ambil jadwal jangan di waktu weekend atau hari libur nasional, karena biasanya harganya akan naik secara dratis. Sedangkan kita menginginkan bugjet seminim mungkin, heheh.

tips backpacker ke bali

  • Kumpulkan Informasi dan Referensi dari Lokasi Yang Ingin Kamu Kunjungi

Ini sangat penting untuk lokasi yang belum pernah kamu atau temanmu kunjungi. Untuk saat ini, akan sangat mudah untuk mengumpulkan informasi dan referensi untuk lokasi destinasi wisata.

Kamu bisa mengumpulkannya dengan sering-sering membaca blog-blog traveler atau website yang membahas lokasi tersebut. Dan dengan informasi ini kamu dapat menyusun itinerary perjalanan kamu. Serta bisa kamu kunjungi web yang membahas tips liburan ala backpacker. Sehingga perjalanan kamu akan lebih terarah dan lebih aman.




  • Gunakan Teknik Sharing ala Backpacker

Untuk lebih menghematkan biaya perjalananmu, maka gunakan teknik sharing. Cara traveling hemat ini banyak digunakan sebagai tips backpacker bagi pemula. Dari share room, share coasts dan share logistic. Jadi, cari teman yang mau berbagi dengan kamu.

Untuk share room, bisa digunakan jika kamu berpergian dengan rombongan. Sehingga kamu bisa menghematkan biaya untuk penginapan. Tapi, kamu bisa juga kepoin beberapa lokasi destinasi yang memiliki penginapan gratis atau rumah singgah gratis di sekitar lokasi.

Biasanya rumah singgah pun menggunakan teknik share room. Kamu juga bisa menggunakan cara menghubungi kenalan kamu yang ada di lokasi tujuan kamu, guna untuk mendapatkan tempat tinggal sementara selama disana, hehe.

backpacker tips and tricks

Untuk share coast, ini bisa kamu gunakan saat menggunakan kendaraan di lokasi destinasi. Biasanya untuk lebih menghematkan biaya, aku bersama temanku akan lebih memilih menyewa motor. Karena ini lebih menghemat waktu dan biaya, kita bebas untuk kemana saja, tanpa memikirkan kendaraan umum menuju lokasi.

Jika kamu tidak tahu rutenya, sekarang kamu bisa gunakan google maps, meski keakuratannya belum 100%, tapi aman untuk digunakan.

Nah, bagaimana dengan lokasi yang minim signal? Mari kita kembali ke masa internet belum semudah sekarang, gunakan teknik lama, “Malu bertanya, sesat di jalan”. Yaps, kita bisa bertanya pada orang di sekitar kita, Guys!

Dan share logistic, kamu bisa berbagi dengan temanmu untuk masalah logistik. Makanan, obatan, minuman, kamu bisa berbagi tugas untuk penanggungjawab membawa keperluan tersebut. Jadi, ini akan meringankan bawaan kita.


Baca juga:

Gak Suka Solo Traveling? Kuy, Ketahui Beberapa Komunitas Yang Bisa Kita Ikuti, Journeyers!


  • Ajak Teman Yang Sesuai Dan Nyaman Dengan Kamu

Untuk melakukan perjalanan, terkadang kita juga mesti harus memilih teman yang nyaman bagi kita. Jika kamu mengajak teman yang tak sesuai dengan kamu, yang ada kamu tidak menikmati perjalanan karena tidak nyaman.

Bagaimana dengan bertemu dengan orang baru? Bagiku tak masalah jika perjalananku gabung dengan rombongan lain. Karena perjalanan itu tidak hanya keindahan alam yang ingin kita nikmati, namun juga bertemu dengan orang-orang baru akan memperluas jaringan kita juga dalam bertraveling berikutnya.

Namun, aku pribadi tetap memilih setidaknya ada satu teman yang dekat atau aku nyaman dengan dia saat dalam perjalanan. Pikirku gak terlalu neko, setidaknya ada satu teman yang bisa ngjaga kita selama perjalanan. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi selama di perjalanan. Tapi, tetap positive thinking dan jangan lupa berdoa, ya!

  • Pesan Jauh-Jauh Hari Untuk Tiket Transportasi dan Penginapan Agar Lebih Murah

Jika kamu sudah memantapkan lokasi dan tujuan perjalanan kamu, maka segera untuk pesan tiket atau penginapan jika dibutuhkan. Karena, pemesanan yang dilakukan dalam waktu dekat dengan jadwal kita biasa harganya lebih mahal. Setidaknya kamu pesan 1 bulan sebelum keberangkatan.

Jadi, untuk backpackeran, kita memang harus mempersiapakannya segala sesuatu dengan matang dan tersusun. Jika semua terjadwal secara koordinasi yang baik, tentunya traveling hemat dapat terwujudkan, Journeyers!

tips backpacker ke jogja

  • Oleh-oleh Bukanlah Prioritas

Sebenarnya, oleh-oleh bukanlah suatu keharusan dari setiap perjalanan. Namun, tradisi ini masih saja berlanjut hingga kini. Aku tak selalu membawa oleh-oleh, adapun jika aku membelinya, biasanya aku hanya memikirkan untuk orang terdekat ku saja. Apalagi buat kita yang backpackeran tipikal orang yang gak mau ribet.




Untuk berpergian saja, kita membawa barang seperlunya saja. Jadi, oleh-oleh bukanlah suatu prioritas dari setiap perjalanan kita. Mau traveling hemat atau backpacker yang santuy, oleh-oleh hanya untuk pelengkap terakhir jika memang harus ada. Heheh

Journeyers, mungkin ini beberapa tips yang biasa aku gunakan saat bertraveling. Jika ada tambahan, kamu juga bisa menambahnya di kolom komentar. Agar kita bisa saling berbagi tips dan informasi juga, ya!

Sekian dari aku, Ova Forlendy!

 

=Big hug=

#ovajourney

5 comments
18 likes
Prev post: Keindahan Alam Kawah Ijen, Banyuwangi!!!Next post: Menapaki kaki di Surga Tersembunyi Bogor, Curug Cikuluwung! Kuy!

Related posts

Comments

  • Nanik K

    April 1, 2020 at 10:44 PM
    Reply

    Wuihh seru ya, semoga rimbongan si virus ini segera ada oatnya dan segera berlalu, jadi kita bisa travelling lg, ya mbak. Btw saya baru tahu tips […] Read MoreWuihh seru ya, semoga rimbongan si virus ini segera ada oatnya dan segera berlalu, jadi kita bisa travelling lg, ya mbak. Btw saya baru tahu tips teknik sharing itu, seru ya bs berbagi ala tim backpaker gitu. Sip mbak, semiga journey2 yg lain segera teralisasi stlh rombongan si virus ini berlalu. Read Less

  • Nanik K

    April 1, 2020 at 10:43 PM
    Reply

    Wuihh seru ya, semoga rimbongan si virus ini segera ada oatnya dan segera berlalu, jadi kita bisa travelling lg, ya mbak. Btw saya baru tahu tips […] Read MoreWuihh seru ya, semoga rimbongan si virus ini segera ada oatnya dan segera berlalu, jadi kita bisa travelling lg, ya mbak. Btw saya baru tahu tips teknik sharing itu, seru ya bs berbagi ala tim backpaker gitu. Sip mbak, semiga journey2 yg lain segera teralisasi stlh rombingan si virus ini berlalu. Read Less

    • Ova Forlendy
      to Nanik K

      April 15, 2020 at 3:13 PM
      Reply

      Aamiinnn, Iya semoga mereka (bacanya: Virus) segera mudik juga, biar gak lama² disini ya Mba. Hihi

  • Amel

    April 1, 2020 at 10:31 AM
    Reply

    Wah terimakasih tipsnya ya mbak. Berguna banget buat yang mau wisata backpacker-an

    • Ova Forlendy
      to Amel

      April 15, 2020 at 3:14 PM
      Reply

      Iyaaa, persiapkan aja dlu ya Mba, nanti saat covid 19 pergi, langsung cuuss goo. Heheh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *