New Normal? Ini 5 Jalur Pendakian Gunung Yang Dibuka!!!

Hai, Journeyers!

Siapa nih yang sudah rindu untuk menjejaki kaki lagi di gunung? Pasca COVID-19 menyerang, jalur pendakian pun juga ditutup. Namun sejak berlakunya New Normal, beberapa gunung pun sudah ada yang membuka jalur pendakian.

Jalur gunung yang sudah dibuka sejak New Normal ini menjadi kabar baik bagi pecinta mendaki gunung. Dan sejak info jalur pendakian dibuka, gunung-gunung ini pun langsung diburu dan dipadati oleh para pendaki.




Ada beberapa gunung yang sudah resmi dibuka, namun disini aku akan bahas lima Gunung yang banyak diminati oleh para pendaki.

Yuk, kita simak, gunung apa saja yang sudah membuka jalur pendakiannya, Journeyers!

  • Gunung Papandayan, Garut

Kabar gembira bagi pencinta gunung, nih, Journeyers! Untuk kamu yang sudah merindukan untuk mendaki gunung, Gunung Papandayan, sudah membuka kembali jalur pendakian.

jejak pendaki

Papandayan Mountain, Garut

Gunung yang berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 2665 mdpl. Gunung ini memiliki pesona eksotis dan cocok untuk pemula. Meskipun Gunung Papandayan sudah membuka jalur pendakian, tapi tentunya harus ada ketentuan yang kita patuhi.

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan menerapkan standar protokol kesehatan untuk antisipasi COVID-19.  Dan ada adaptasi baru untuk waktu operasionalnya, Journeyers! Untuk jadwal senin sampai minggu , hiking diizinkan dari jam 07.00 WIB s/d 16.00 WIB. Sedangkan untuk pendaki yang ingin camping, bermalam di Gunung Papandayan, wajib memiliki surat keterangan sehat.

jalur pendakian gunung gede

Foto: instagram.com/pendaki_gunung

  • Gunung Cikuray, Garut

Berikutnya, gunung yang sudah membuka jalur pendakian adalah Gunung Cikuray. Sama dengan Gunung Papandayang, Gunung ini juga berada di Kabupaten Garut, tepatnya terletak di perbatasan Kecamatan Cikajang, Dayeuh Manggung dan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Memiliki ketinggian 2.821 mdpl.

Jalur pendakian Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat telah dibuka mulai Senin, 8 Juni 2020. Dan jalur yang dibuka untuk umum adalah jalur via Pemancar, Cilawu dan Pamalayan, Bayongbong, sedangkan untuk jalur Tapak Gerot, Cigedug masih tutup.




Kamu sudah bisa melakukan pendakian ke Gunung Cikuray di masa COVID-19 dengan mematuhi SOP yang sudah ditetapkan, ya, Journeyers!

Foto: instagram.com/gunungcikuray02

  • Gunung Marapi, Sumatera Barat

Gunung Marapi memiliki ketinggian 2.891 mdpl yang berada diantara Kabupaten Agam, Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar. Tidak hanya pemandangan yang eksotis dari ketinggian, namun dari atas gunung ini kamu dapat menikmati pemandangan kota Bukittinggi dan Danau Singkarak, Solok.

Jalur Pendakian Gunung Marapi Sumbar

Foto: instagram.com/sony_rinaldy

Jalur pendakian Gunung Marapi yang telah dibuka sejak tanggal 6 Juni 2020 adalah jalur via Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar. Tak beda dengan dua gunung sebelumnya, untuk pendakian di Gunung Marapi, kamu juga harus mematuhi standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.


Baca juga:

Pendakian Pertama Yang Istimewa!!!


  • Gunung Singgalang, Sumatera Barat

Keindahan alam di atas gunung bisa kamu nikmati dengan pendakian di Gunung Singgalang, Sumatera Barat dengan ketinggian 2877 mdpl. Gunung yang terkenal keindahannya yang dilengkapi dengan keindahan telaga dewi yang dahulunya merupakan bekas kawah gunung ini.

Pendakian gunung singgalang

Foto: instagram.com/eksploresumaterabarat

Jalur pendakian Gunung Singgalang resmi dibuka sejak tanggal 12 Juni 2020 adalah jalur via Jorong Tanjuang Nagari Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar.

Untuk pendakian Gunung Singgalang juga memiliki aturan ketetapan untuk mematuhi standar protokol kesehatan, ya, Journeyers!

gunung singgalang Sumbar

Foto: instagram.com/posko_gn.singgalang_official

  • Gunung Talang, Sumatera Barat

Gunung Talang merupakan gunung berapi yang terletak terletak di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, dengan ketinggian 2.597 mdpl. Dan posisinya pun sekitar 40 km dari Kota Padang, Ibukota Sumatera Barat.

Pesona tiga danau yang dapat kamu nikmati dari atas Gunung Talang selalu menjadi daya tarik bagi para pendaki. Tiga danau tersebut adalah danau atas, danau bawah, dan danau Singkarak. Kamu juga bisa menikmati keindahan hutan mati nan eksotis. Pendakian gunung Talang sangat cocok untuk pemula karena memakan waktu lebih kurang hanya 4 jam.

Foto: instagram.com/dhea_tm

Terdapat tiga jalur pendakian dari Gunung Talang yaitu jalur Air Batumbuk, Batu Bajanjang atau Bukit Sileh. Namun jalur Air Batumbuk lebih populer daripada melalui Batu Bajanjang atau Bukit Sileh.

Jalur pendakian Gunung Talang dibuka secara resmi sejak tanggal 12 Juni 2020.




Selain dari lima gunung yang aku bahas diatas, masih terdapat gunung lain yang juga berada di Sumatera Barat yang resmi dibuka sejak New Normal, yaitu Gunung Tandikek di Padang Pariaman, Gunung Sago di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Gunung Talamau di Pasaman Barat.

Setiap gunung memiliki keindahan dan keunikan masing-masing yang selalu menjadi daya tarik pendaki. Namun, di masa pandemi COVID-19 ini tetap harus dijaga kesehatan dan mematuhi ketentuan SOP dari setiap jalur pendakian.

Pepatah mengatakan, “Bukanlah gunung yang kamu taklukan, namun dirimu sendiri”. Ingat selalu standar protokol kesehatan, tidak hanya menyelamatkan dirimu namun juga menyelamatkan orang sekitarmu.

Sekian info yang aku dapatkan mengenai jalur pendakian yang aku dapatkan, Journeyers! 

Kamu butuh liburan, Indonesia ataupun bumi butuh kesembuhan. Mari kita berdoa semoga pandemi ini segera berakhir dan kita dapat beraktivitas seperti biasa tanpa ada kekhawatirkan lagi. 🙂

Salam Hangat~

Ova Forlendy

0 comments
7 likes
Prev post: Aido Health, Aplikasi Kesehatan Terpercaya Untuk Kesehatan Keluarga!Next post: Ketahui 7 Tips Sebelum Mendaki Gunung Saat New Normal!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *