Traveling Ke Korea? Gunakan Bahasa Korea Ini!

Hi, Journeyers!

Adakah diantara kamu yang berkeinginan untuk liburan ke luar negeri? Mungkin salah satu destinasi negara yang kamu inginkan adalah Korea Selatan.

Aku pernah menanyakan kepada salah satu orang teman yang mengambil studi S2 di Korea Selatan, tepatnya di Daegu. Informasi yang aku dapat, penting bagi kita untuk mengetahui dasar bahasa Korea itu sendiri.

Karena, negara mereka minim penggunaan bahasa Inggris untuk sehari-hari. Terlebih apabila kita ingin bertraveling di Korea Selatan. Kita akan lebih banyak berkomunikasi dengan masyarakatnya.




Perlu diingat jika kamu ingin traveling ke Korea Selatan. Ini beberapa bahasa Korea saat Traveling yang sering digunakan, Journeyers!

1. Ungkapan kata Permisi

Kamus bahasa korea

Di Korea Selatan, mereka sangat menjunjung tinggi kesopanan dalam bahasa. Oleh sebab itu, kamu juga harus hati-hati dalam penggunaan bahasanya.

Ungkapan permisi yang biasa digunakan adalah jeogiyo atau jamshimanyo. Meski memiliki arti sama, tapi dua bahasa ini biasa digunakan untuk situasi berbeda.

Jeogiyo, biasanya digunakan untuk menarik perhatian orang yang ada di depanmu. Dan jamshimanyo kata permisi yang biasa digunakan apabila kamu ingin menanyakan sesuatu.

2. Jangan lupa untuk kata Tolong

Bahasa korea saat traveling bersama keluarga

Saat kita traveling, jangan sungkan untuk minta tolong apabila kamu membutuhkannya. Terlebih didaerah yang baru kita kunjungi.

Selain bahasa sapaan seperti Annyeong haseyo atau hai, hallo. Atau bahasa ungkapan terimakasih, Kamsahabnida. Kamu juga harus mengetahui bahasa korea minta tolong.

Bahasa Korea saat Traveling untuk minta tolong, kamu bisa gunakan kata Dowajuseyo yang memiliki arti “mohon bantuannya”.


Baca juga:

Menelusuri Curug Nangka Cocok Untuk Bertraveling Hemat

Pulau Pari, Destinasi Traveling Yang Cocok Saat New Normal


3. Apabila saat mengunjungi restoran

Bahasa korea saat di restoran

Saat mengunjungi destinasi traveling, akan sangat disayangkan apabila kamu melewatkan wisata kuliner daerah tersebut.




Nah, istilah bahasa Korea berikut bisa kamu gunakan saat disebuah restoran. Seperti, Menyu Juseyo yang artinya Tolong beri saya menunya.

Jika kamu sudah memutuskan untuk memesan, kamu bisa menggunakan kalimat “Jummun halggeyo” yang artinya Saya ingin memesan.

Bahasa korea saat traveling kuliner

Igeo Eolmayeyo, bisa kamu gunakan saat menanyakan harga. Atau jika kamu ingin mencoba tawar menawar dengan penjualnya, kamu bisa gunakan, Kakka juseyo yang artinya Tolong beri saya diskon atau potongan harga.

Untuk meminta tagihannya, kamu bisa gunakan kata Gyesanseyo Juseyo, yang memiliki arti Tolong beri saya tagihannya.

4. Selalu Ingat Kalimat Untuk Bertanya

Ada pepatah mengatakan, “Malu bertanya sesat dijalan”. Memang benar, terlebih bagi kamu yang baru saja mengunjungi tempat yang tidak pernah kamu datangi.

Jika kamu berkunjung ke negara Korea, kamu bisa menggunakan kalimat ini untuk bertanya lokasi sembari memperlihatkan foto destinasi tujuanmu. “Yeogi ga eodiyeyo?” Yang artinya dimana ini?.

Jika kamu masih belum bisa menggunakan bahasa Korea secara fasih, kamu bisa memastikan terlebih dahulu, apakah lawan bicaramu bisa menggunakan bahasa Inggris atau tidak, dengan kalimat. “Yeongo halsu isseoyo?” Yang artinya Apakah kamu bisa berbahasa Inggris?

Nah, itulah beberapa kalimat bahasa korea saat traveling yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin liburan di Korea Selatan, Journeyers! 




Masih banyak kalimat yang perlu kamu kuasai. Namun kamu bisa mempelajari secara perlahan. Semoga kita bisa mengunjungi destinasi yang kita impikan ya!

 

Salam Hangat,

Ova Forlendy

 

18 comments
11 likes
Prev post: Menelusuri Curug Nangka Cocok Untuk Bertraveling HematNext post: Yuk, Intip Kemeriahan 1st Anniversary Sahabat Hosting!

Comments

  • Wulan Deli

    Oktober 24, 2020 at 12:54 AM
    Reply

    Bener banget harus nyiapin ini. Jadi inget waktu ke Jepun. Megap2 padahal sdh bawa buku komunikasi sehari2 bhs Jepun.

  • fanny_dcatqueen

    Oktober 19, 2020 at 5:57 PM
    Reply

    Bbrp katanya aku familier saking seringnya nonton drakor hahahaha. Tp pas ke Korsel dan Korut trakhir, jujur aja ga ada pake sih sedikitpun :D. Pernah […] Read MoreBbrp katanya aku familier saking seringnya nonton drakor hahahaha. Tp pas ke Korsel dan Korut trakhir, jujur aja ga ada pake sih sedikitpun :D. Pernah sekali, trus lgs diberondong Ama kalimat2 yg aku makin ga ngerti :D. Yo wislah balik LG ke BHS Inggris :p. Tp kalo yg Korut, itu malah guide lokal yg ngajarin bbrp istilah Korut :D. Agak LBH formal sih BHS mereka kalo dibanding Korsel. Jgn prnh ucapin Anyeong haseyo kalo di Korut :p. Dijutekin itu bakalan hahahaha. Jd ada temenku sok sok an nyapa petugas imigrasi Korut pas kita udh masuk imigrasi. Dia ngomong Anyeong haseyo Ama petugasnya. Lgs nyolot, dibilang, "kami ga pake kata2 itu. Tapi Anyeong hasimnika". :D. Okaaaay deh beb, ga lagi2 pake haseyo :D. Read Less

    • Ova Forlendy
      to fanny_dcatqueen

      Oktober 20, 2020 at 4:17 AM
      Reply

      Wahhh, bagi pengalamannya di korsel dan korut dong kk. Aku belum kesampaian kesana, hehe. Aku juga banyak tahu bahasa korea dari drama kak. Baik korsel […] Read MoreWahhh, bagi pengalamannya di korsel dan korut dong kk. Aku belum kesampaian kesana, hehe. Aku juga banyak tahu bahasa korea dari drama kak. Baik korsel dan korut. Tapi kalo korut memang tebih formal dan tegas bahasanya. Read Less

  • Niniiing

    Oktober 19, 2020 at 1:25 PM
    Reply

    Hbs baca ini dpt tiket gratis ke koreaaa.. hihi... *ngimpik

    • Ova Forlendy
      to Niniiing

      Oktober 20, 2020 at 4:17 AM
      Reply

      Aaamiiiinnn. Gak apa ngimpi dulu Mba, mana tahu dikabulkan. Aku juga berharap begitu wkwkwk

  • Tempatulas

    Oktober 19, 2020 at 12:14 PM
    Reply

    Berarti, untuk belajarnya justru dari kalimat sehari-hari, ya. Sekalian praktek pas lagi di jalan. Selama ini, belajarnya cuma dari drakor aja. Jadi pengen mampir ke […] Read MoreBerarti, untuk belajarnya justru dari kalimat sehari-hari, ya. Sekalian praktek pas lagi di jalan. Selama ini, belajarnya cuma dari drakor aja. Jadi pengen mampir ke korea Read Less

    • Ova Forlendy
      to Tempatulas

      Oktober 20, 2020 at 4:19 AM
      Reply

      Iya kak, sebenarnya bahasa korea itu sendiri ada tiga tingkatan kalo gak salah. Namum jika kita sering nonton drakor, kita bisa membedakannya.

  • Sabda Awal

    Oktober 19, 2020 at 11:45 AM
    Reply

    Belum ada kepikiran ke korea, tp jadi refrensi nih. Yg saya hapal cuma terimakasih n halo aja hehe karena familiar sama kata2 ini. Btw, kalau komen […] Read MoreBelum ada kepikiran ke korea, tp jadi refrensi nih. Yg saya hapal cuma terimakasih n halo aja hehe karena familiar sama kata2 ini. Btw, kalau komen via browser pc susah ya, karena kolom name, email n web nya ga bisa diklik, jd saya komen pake hp nih. Salam kenaaal Read Less

    • Ova Forlendy
      to Sabda Awal

      Oktober 20, 2020 at 4:20 AM
      Reply

      Iya kak, semoga bisa menambah kosakatanya. Oh jadi gak bisa komen via pc ya kak. Terimakasih untuk infonya kak, nanti aku cba cek kembali. Salam […] Read MoreIya kak, semoga bisa menambah kosakatanya. Oh jadi gak bisa komen via pc ya kak. Terimakasih untuk infonya kak, nanti aku cba cek kembali. Salam kenal kembali ya kak Read Less

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *