Hai, Journeyers!

Kamu tipe orang yang liburan memilih wisata alam, ke mall atau menikmati waktu santai dirumah saja, nih? Kalau aku tipe orang yang sangat suka menikmati wisata alam. Banyak list wisata alam yang sudah masuk ke daftar perjalananku.

Meskipun saat ini pandemi belum berakhir, dan ppkm terus diperpanjang, tak masalah kita traveling online terlebih dahulu saja. Nanti setelah pandemi berakhir, kita bisa langsung merealisasikan perjalanan kita. Kamu setuju gak, Journeyers?




Ada yang menjadi daya tarikku untuk wisata alam kota Padang. Yaitu air terjun Lubuk Hitam. Bulan Maret lalu sempat ditutup karena adanya insiden. Namun saat ini sudah bisa dinikmati kembali keindahan alamnya.

Kamu mau tahu tentang surga tersembunyi di Kota Padang ini? Yuks, disimak, Journeyers!

Lokasi Air Terjun Lubuk Hitam

air-terjun-lubuk-hitam-bungus
Foto: covesia.com

Air terjun Lubuk Hitam berada di kaki Bukit Barisan. Memiliki tiga tingkat yang curam dan indah dan ketinggiannya mencapai 15-30 m. Jika kamu ingin menikmati keindahan alam air terjun ini, kamu bisa menuju ke Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Untuk sebagai patokannya adalah Kantor Polsek Bungus, yang berada di samping jalan utama yaitu Padang-Painan.

Dan untuk menuju lokasi ini, kamu juga akan melewati Pantai Caroline. Jika dari pusat Kota Padang, lokasinya sekitar 21 Km arah ke Selatan Kota Padang. Untuk menuju lokasi kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum. Dari pusat Kota Padang, terdapat angkutan umum yang jurusan Padang-Bungus Teluk Kabung.

Jika kamu tak nyaman untuk naik angkutan umum, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil.


Baca juga:

Penasaran akan Keindahan Curug Love? Ini Keseruannya!

Pesona Curug Leuwi Lieuk, Kembaran Green Canyon Pangandaran

Menapaki kaki di Surga Tersembunyi Bogor, Curug Cikuluwung! Kuy!


Trekking Menuju Lokasi Air Terjun

air-terjun-lubuak-hitam-bungus
Foto: instagram.com/farizadli

Sebelum kamu berangkat menuju lokasi suatu wisata. Kamu harus pastikan terlebih dahulu trekking menuju lokasi wisata tersebut. Karena untuk wisata alam, tak sedikit memiliki trekking yang cukup ekstrim dan berbahaya. Seperti halnya trekking menuju Air Terjun Lubuk Hitam.

Dari lokasi yang disebutkan sebelumnya, lokasi air terjun berada jauh dari Kota Padang. Untuk mencapai gerbang masuk lokasi, posisinya berada tak jauh dari kantor Polsek Bungus. Lalu disana, kamu bisa memarkirkan kendaraan. Dari lokasi parkir menuju air terjun akan memakan waktu lebih kurang 10-15 menit.

Untuk menuju ke Air terjun Lubuk Hitam, kamu harus melewati trekking alam yang masih begitu alami. Jalannya pun belum semulus tempat wisata alam lainnya. Jadi, disini kamu benar-benar akan merasakan sensasi trekking gunung. Dan memiliki ekstra hati-hati, karena lokasinya licin, terjal dan medannya bisa dikatakan berat. Terlebih untuk mencapai puncak air terjun ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat ke Lokasi Wisata

Air terjun Lubuk Hitam memiliki keindahan yang memang banyak diburu pecinta wisata alam. Namun sebelum kamu memutuskan ke lokasi wisata alam ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, Journeyers!

Hal yang pertama adalah kamu pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat, agar saat melakukan trekking menuju air terjun kamu tidak kesulitan. Lalu perlu kamu perhatikan cuaca saat jadwal keberangkatan kamu menuju lokasi. Disarankan jangan mengunjungi lokasi air terjun disaat musim hujan.




Hal ini banyak diketahui masyarakat namun masih banyak yang ngeyel dan tak memperdulikannya. Karena saat musim hujan, bisa saja akan datang air bandang. Dengan lokasi trekking yang sulit, maka jika terjadi hal tersebut, kamu juga akan kesulitan untuk menyelamatkan diri.

Dan yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pakaian dan sepatu yang kamu gunakan. Untuk ke lokasi ini, jangan gunakan sendal atau sepatu yang licin. Karena jalan setapak menuju air terjun terbilang licin, bisa saja kamu tergelincir. Dan gunakan baju yang tertutup, agar tubuhmu tidak tergores-gores oleh tanaman yang ada disekitar saat trekking.

Nah, itulah informasi terkait wisata alam yang merupakan surga tersembunyi di Kota Padang. Kira-kira, diantara Journeyers, ada yang berkeinginan menikmati keindahan Air Terjun Lubuk Hitam ini, gak?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like