Pentingnya Mengetahui Web Hosting Untuk Pemula

Hi, Journeyers!

Seiring berjalannya waktu, kita terbiasa menyesuaikan diri dengan yang ada disekitar kita. Sebelumnya aku tak pernah terpikir untuk memasuki dunia blogger. Hingga pada akhirnya, seorang teman mengenalkan dan menambah wawasanku mengenai dunia blogger.

Tentunya bukan hal mudah untuk pertama kali untuk terjun didunia yang belum pernah kita jamah. Yang sebelumnya lebih suka ke maintanance computer hardware, terbiasa pegang obeng, sekarang lebih suka tekan-tekan tombol keyboard untuk kisah traveling-ku.

Setelah aku masuk dunia per-website-an ini, aku sadar banyak hal perlu diketahui, tak hanya menulis saja, tapi penting juga mengetahui web hosting yang cocok untuk pemula seperti aku.

Menemukan layanan web hosting yang murah dan terjangkau sesuai selera kita tidaklah mudah. Seperti halnya jodoh, cocok atau tidak, nyaman atau tidak, dapat dipercaya atau tidak. Upsss! Banyak hal yang harus dipertimbangkan, Journeyers!

Tapi memang seperti itu nyatanya.




Nah, loh, bingungkan? Apaan itu Web Hosting?

  • Mengenal Hosting, Website dan Domain

Hosting itu pada sebuah bangunan rumah, diibaratkan sepetak tanah. Sedangkan website diibaratkan bangunan rumah itu sendiri. Jadi mereka adalah satu kesatuan.

Secara pengertian, Hosting merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk penyimpanan data website agar dapat diakses oleh pengguna internet.

Karena hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan, oleh sebab itu web hosting memiliki kapasitas dan ukuran. Semakin besar ukurannya, maka semakin besar juga kapasitas memori yang bisa kamu gunakan.

Nah, ada lagi nih istilah, Domain!

Saat kita akan membuat sebuah website, tentunya akan ditanyakan oleh web developer-nya, “Mau nama domainnya apa?”.

Kalo diibaratkan seperti bangunan sebuah rumah tadi, Domain merupakan alamat dari rumah tersebut. Sebagai contoh nama domain yaitu Ovajourney.com, Takaitu.id, Malicaahmad.my.id, dan lainnya.

Mungkin, Journeyers sedikit bingung, kenapa ekstensi di belakangnya berbeda-beda? Itu adalah ekstensi domain, yang mana terdapat ribuan ekstensi domain saat ini diseluruh dunia. Semuanya tetap memiliki fungsi utama yaitu sebagai alamat.

Itu sedikit gambaran mengenai Hosting, Website dan Domain.

  • Web Hosting Yang Cocok Untuk Pemula

Saat memilih web hosting yang cocok untuk pemula. Perlu diketahui juga berbagai macam jenis-jenis hosting itu sendiri.

Jenis-jenis Hosting yang sering digunakan, diantaranya:

  1. Shared Hosting
  2. VPS (Virtual Private Server) Hosting
  3. Cloud Hosting
  4. Dedicated Server Hosting

Dari berbagai jenis-jenis Hosting ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dan yang paling banyak digunakan saat ini adalah untuk jenis Cloud Hosting. Kenapa demikian?

Penggunaan Cloud Hosting memiliki keunggulan, diantaranya:

  • Sedikit bahkan tidak ada downtime.

Jadi, apabila satu server mengalami downtime. Maka bisa dipindahkan ke server lainnya dengan cepat. Dan data-data website kamu tidak hanya tersimpan dalam satu server saja, melainkan banyak server yang kapan saja tetap online.

  • Jika server error, tidak akan mempengaruhi situs website kamu.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir website kamu akan error juga. Karena akan secara cepat bisa dipindahkan ke server lainnya.

Selain tidak ada downtime, tentunya poin ini sangat cocok bagi pengguna jenis hosting ini, terlebih untuk pebisnis. Akan sangat rugi jikalau sistem error, website kamu juga terpengaruh oleh hal itu.

  • Kamu bisa sepenuhnya mengelola Website kamu sendiri.

Ini sangat penting menurutku, karena siapa lagi yang akan mengelola rumah kita sendiri sesuai yang kita inginkan, eh website kita maksudnya. Kamu bisa mengelola website kamu sesuai yang kamu inginkan.

Web hosting yang bagus

Foto: pixabay.com

  • Bayar sesuai dengan yang kamu gunakan.

Nah, ini penting kita pertimbangkan, karena kita akan memilih web hosting yang berkualitas dan tidak munafik mencari web hosting yang murah juga.

Saat ini pun sudah banyak terdapat Web Hosting Company. Sehingga kita mesti harus teliti dan memastikan tidak salah untuk memilih layanan dari Web Hosting Company tersebut.


Baca juga:

Sahabat Hosting, Meraih Penghargaan IWA 2019


Dalam memilih Web Hosting Company yang ingin kamu gunakan, terdapat beberapa tips yang perlu kamu ketahui juga, Journeyers! Simak poin-poin berikut:

  • Memiliki kualitas server terbaik dan memiliki kemudahan akses di berbagai tempat

Ada beberapa teman saat membahas tentang Web Hosting Company, hal yang mereka tanyakan adalah servernya dimana? Aksesnya jangkauannya bagaimana? Karena server yang digunakan akan mempengaruhi kualitas dari Web Hosting Company tersebut.

  • Pilihlah Web Hosting sesuai kebutuhan kamu.

Untuk pertimbangan berikutnya adalah pilih web hosting sesuai kebutuhan kamu. Kenapa? Karena hal ini menghindari agar hosting yang kamu miliki dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Dan akan berbeda kapasitas serta ukuran web hosting berdasarkan tujuan penggunanya. Jika kamu hanya membutuhkan untuk sekedar menulis kisah perjalanan kamu, atau menulis artikel tidak akan membutuhkan space yang besar.




Beda halnya jika kamu membutuhkannya untuk website perusahaan, jualan online, website sekolah daln lainnya, ini akan membutuhkan space yang besar.

  • Menyediakan jaminan keamanan data

Jaminan keamanan data ini memberikan kita akan kepercayaan bahwa data kita akan tetap terjaga secara aman dan menghindari kehilangan data saat terjadinya error sistem.

Meskipun ada pepatah, tak ada yang bida menjamin keamanan data kamu dalam dunia IT. Setidaknya jaminan keamanan data ini cukup mengurangi kekhawatiran kita sebagai pengguna.

  • Perhatikan harga Hosting diawal pembelian dengan harga perpanjangan.

Kita boleh tergiur dengan harga promo saat pembelian hosting. Karena tak jarang Web Hosting Company memberikan promo diskon untuk pembelian hosting diawal. Namun jangan kaget saat kamu hendak memperpanjang hosting kamu justru harganya jauh lebih mahal.

Ini penting untuk kita perhatikan, agar kita tetap nyaman dengan harga standar dan sesuai budjet kita, ya , Journeyers!

Jadi, pastikan harga awal pembelian hosting akan sama atau tidak lebih mahal saat perpanjangan.

  • Layanan Customer Care 24 jam

Kenapa hal ini penting? Karena jikalau sewaktu-waktu kamu terkendala dengan website hosting kamu, kamu bisa tertolong secara sigap dengan adanya layanan 24 jam dari Customer Care dari Web Hosting Company tersebut.




Dari hasil pengamatanku mengenai poin-poin penting saat pemilihan web hosting bagi pemula yang bagus dan berkualitas, untuk Web Hosting Company lokal dan berkualitas kamu bisa cek  Sahabat Hosting Indonesia. 

Website sahabat hosting

Sahabathosting.com berbasis Cloud Hosting

Sahabat Hosting Indonesia merupakan salah satu web hosting company yang melayani untum pembelian hosting, domain dan pembuatan website yang berbasis Cloud Hosting. 

Sekarang kamu lebih paham bukan bahwa jadi seorang Blogger tak hanya bisa menulis saja, Journeyers 🙂

Mari kita sama-sama belajar, ya.

Salam hangat,

Ova Forlendy

 

0 comments
6 likes
Prev post: Sahabat Hosting, Meraih Penghargaan IWA 2019Next post: Pulau Pari, Destinasi Traveling Yang Cocok Saat New Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *